Saturday, August 19, 2017

5 Dampak Negatif Terlalu Sering Menatap Layar Gadget

Setiap hari ada banyak orang yang hampir tidak pernah meninggalkan gadet atau dengan kata lain sering menggunakan gadget untuk kebutuhan sehari-hari. Semakin maju teknologi, dan pesatnya kemajuan gadget ternyata mempunyai dampak buruk untuk kesehatan mata kita. Bahaya menatap layar gadget pada mata ialah membuat mata mengalami beberapa gangguan.

5 Dampak Negatif Terlalu Sering Menatap Layar Gadget

Gangguan mata tersebut telah banyak ditemukan, terutama pada pekerja kantoran yang setiap hari harus menatap layar komputer hingga berjam-jam. Seseorang sering mengeluh sakit pada mata mereka, mata menjadi bengkak, mata merah, mata kering, lelah dan seperti berpasir.

Banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata, orang tersebut akan bekerja menatap gadget walaupun mata mereka sudah memerah dan tidak nyaman. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka gangguan mata seperti blepharitis bisa terjadi,

1. Blepharitis 

Blepharitis merupakan gangguan pada mata, yakni tepi atau ujung kelopak mata yang merah dan bengkak.

2. Mata Minus

Mata yang minus bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun anak-anak juga rentan terkena mata minus apabila terlalu lama menatap layar gadget. Gejala awal yang biasanya dialami oleh anak yang terlalu lama menatap layar gadget ialah mata anak menjadi lelah dan pandangan menjadi kabur hingga berujung pada mata menjadi minus. Penggunaan gadget yang terlalu lama pada orang dewasa saja dapat membuat pandangan kabur, apalagi bila pada anak. Maka tidak heran apabila banyak ditemukan anak yang mengalami mata minus akibat terlalu sering memainkan gadget.

3. Sakit kepala

Layar dengan kontras yang tinggi bisa mengakibatkan sakit kepala, karena membaca tulisan gelap yang berlatarelakang sangat terang dapat membuat kejang otot pada mata. Apabila kepala mulai terasa pusing, cobalah untuk mengatur kontras pada gadget Anda.

4. Mata tegang

Menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan gadget membuat otot mata menjadi tegang dan mengakibatkab sakit kepala, apabila pekerjaan yang berkutat dengan komputer bisa mengatasinya dengan cara berisitirahat beberapa kali dalam satu jam.

5. Mata Kering

Ketika kita melihat sesuatu dalam jarak, maka mata akan berkedip beberapa kali. Namun jika kita melihat hal-hal yang dekat dengan mata maka akan membuat mata jarang berkedip, sehingga air mata pun akan lebih cepat mengering.


Agar daoat mengatasinya mata minus tersebut sangat mudah, anda hanya perlu membatasi penggunaan gadget supaya tidak terlalu lama menatap gadget tersebut. Sedangkan untuk para pekerja yang mengharuskan menggunaan gadget, anda dapat sesekali mengistirahatkan mata sejenak dari gadget tersebut. Untuk anak, pastikan anak tersebut mendapatkan pengawasan terhadap penggunaan gadget dari orangtua, membatasi penggunaan gadget ialah solusi terbaik supaya mata anak tetap sehat. Cara terbaik supaya penggunaan gadget tidak merusak mata Anda ialah ketika menggunakan gadget usahakan  posisi tubuh tegak dan jarak pandang yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Biasa kan untuk selalu berkedip saat menatap layar gadget dan pastikan ruangan yang digunakan ada dalam pencahayaan yang rendah.

Simak juga:


EmoticonEmoticon