Saturday, August 19, 2017

11 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa buaah blewah yang biasanya ditemukan hidangan untuk campuran minuman berbuka puasa, ternyata memiliki nutrisi dan gizi baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang dagingnya berwarna orange dan bentuk luarnya yang hampir serupa dengan labu, memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis.

11 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Nutrisi & Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Buah blewah memiliki beragam nutrisi, gizi, dan buah ini disebut-sebut  baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan gizi serta nutrisi yang afa pada buah ini antara lain sumber serat, zat beta karoten, zat antioksidan, magnesium, potasium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik guna menjaga kekebalan tubuh.
Berikut ini ialah manfaat dari  buah blewah yang baik untuk tubuh

1. Melancarkan pencernaan

Buah blewah ialah buah yang sangat menghidrasi tubuh dikarenakan kandungan airnya yang berlimpah. Blewah juga baik untuk pencernaan  karena dapat bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, bahkan membantu usus agar mencerna makanan dengan baik. Selain itu, blewah juga bisa membantu zat karbohidrat yang sulit untuk dicerna, yang dapat memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) serta gangguan pencernaan lainnya.

2. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Pada 100 gram blewah, hanya mengandung 60 kalori. Sedangkan kandungan air dan juga nutrisi blewah baik untuk menurunkan berat badan. Karena blewah mempunyai kepadatan tekstur daging serta mengandung nutrisi penting lainnya.
Apabila Anda ingin melakukan diet yang rendah kalori, maka blewah dapat menjadi pilihan yang tepat apabila diukur dengan jumlah kalori yang rendah. Tetapi manfaat kesehatannya tinggi secara keseluruhan. Karena biasanya seseorang yang sedang menjalankan diet rendah kalori, terkadang mengalami kekurangan nutrisi, mengakibatkan siklus pencernaan menjadi buruk, kekebalan tubuh menjadi rendah, dan tubuh pun akan menjadi mudah lemah.
Dengan mengkonsumsi blewah diharapkan bisa membantu menyeimbangkan risiko-risiko tersebut serta memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan juga mineral dalam proses menurunkan berat badan.

3. Bagus untuk kesehatan kulit

Umumnya buah-buahan yang berwarna orange misalnya wortel, ubi jalar, labu serta blewah, ialah kaya akan karotenoid atau pigmen organik pada tumbuhan yang tinggi dan dapat mengurangi risiko kanker kulit.

4. Mencegah kanker

Buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak misalnya flavonoid, beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Zat antioksidan tersebut berperan untuk melindungi sel tubuh dan struktur tubuh lainnya dari adanya kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa  blewah berkhasiat mencegah penyakit kanker yang ada di seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

5. Dapat Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam darah, maka mengkonsumsi blewah dapat menjadi salah satu solusi untuk Anda. Vitamin C yang tinggi dalam buah blewah ini dapat menurunkan kolesterol buruk dalam darah sehingga dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C tersebut juga bermanfaat supaya mencegah pembekuan darah dan bisa menguatkan dinding kapiler.

6. Mengatasi Insomnia

Bagi anda yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur, maka buah yang satu ini dapat menjadi alternatif solusi insomnia anda. Buah blewah mempunyai sifat sedatif yang sangat bermanfaat untuk penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama dengan obat tidur. Jadi bagi anda yang mengalami insomnia, sebaiknya mengkonsumsi blewah agar dapat menangkal insomnia tersebut.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah blewah mengandung vitamin yang tinggi, dengan mengonsumsi buah belwah, maka mata akan tetap sehat. Selain itu juga, manfaat vitamin A ini juga berfungsi untuk mencegah adanya efek radikal bebas karena udara yang tercemar.

8. Menyehatkan Janin

Buah blewah mengandung asam folat, yang diperlukan oleh janin yang sehat. Kandungan asam folat yang tinggi pada blewah, dapat membantu agar menjaga serta memproduksi sel-sel baru yang sangat penting untu ibu hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan jabang bayi atau janin.

9. Mencegah Asam urat

Blewah juga mempunyai indeks glikemik yang rendah (GI), glukosa dan fruktosa yang terkandung dalam buah ini  merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes maupun obesitas. Selain itu juga bisa mencegah adanya asam urat.

10. Mengatasi Maag

Mengonsumsi blewah secara teratur bisa mengatasi tidak nafsu makan dan maag. Apalagi bila disajikan berupa jus, maka sakit maag akan lebih mudah teratasi karena akan lebih mudah untuk dicerna.

11. Mencegah Penyakit Jantung

Buah blewah yang mempunyai vitamin C yang tinggi ini, dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Bahkan bisa menjaga kesehatan paru-paru serta pembuluh darah. RDA (Recommended Dietary Allowance) menyarankan supaya mengkonsumsi betakaroten, sekitar 5-6 mg perhari agar menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut bisa dirasakan dengan cara mengonsumsi buah blewah tersebutsecara teratur sehingga jantung pun akan tetap sehat.

Simak juga


EmoticonEmoticon