Tuesday, April 18, 2023

Cara Mengatasi Sakit Punggung Beserta Tips dan Terapinya

Sakit nyeri punggung ialah masalah kesehatan umum yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gerakan menghentak hingga kondisi medis. Karena rasanya yang nyeri kerap kali menyiksa, oleh sebab itu nyeri punggung perlu diatasi secara tepat.

Banyak orang yang berfikir bahwa sakit punggung cuma dialami oleh lansia saja? Padahal tidak sedikit orang-orang di usia podukif bahkan anak-anak merasakan sakit punggung ini. tapi kenapa bisa hal itu terjadi?

Penyebabnya cukup beragam, mulai dari cedera hingga gerakan yang salah. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit punggung hingga menimbulkan beragam gejala, khususnya nyeri punggung .

Tahukah Anda bahwa punggung yang tidak tegak atau bongkok akan menjadikan orang tersebut terlihat tidak percaya diri, ia akan merasa dikucilkan dan tidak berdaya dengan apa yang ada dalam dirinya. Jadi sekarang Anda sudah paham betul kan kenapa punggung harus tegak dan sehat?

Setidaknya sakit punggung hampir dialami banyak orang, minimal sekali dalam seumur hidup. Rasa sakit yang menyerang  dapat terjadi di bagian punggung mana saja. Tapi, area yang paling umum yang terserang ialah punggung bagian bawah. hal itu diaebabkan karena punggung bagian bawah menopang sebagian besar berat badan kita.

Lantas, bagaimana dengan penyebab sakit punggung? Seseorang bisa mengalami sakit punggung setelah mengangkat benda bergerak atau gerakan menghentak secara tiba-tiba. duduk dalam satu posisi untuk waktu yang lama, cedera, atau kecelakaan juga dapat mengakibatkan sakit punggung

Nyeri punggung yang parah bagian bawah sering disebabkan oleh cedera tiba-tiba. Tepatnya pada otot dan ligamen yang menopang punggung. Selain itu, ada pula beberapa penyebab sakit pungung lainnya yang mesti diwaspadai.

✔️Kompresi fraktur ke tulang belakang karena  osteoporosis.
✔️Kanker yang melibatkan tulang belakang.
✔️Fraktur medula spinalis.
Kejang otot (otot tegang).
✔️Disk tulang punggung yang pecah .
Linu panggul
✔️Stenosis tulang belakang (penyempitan kanal tulang belakang).
✔️Lekukan tulang belakang (seperti skoliosis atau kyphosis), yang mungkin diturunkan dan tampak pada saat anak-anak atau remaja.
✔️Sakit punggung bagian bawah juga mungkin disebabkan oleh: Aneurisma aorta perut yang bocor.
✔️Kondisi radang sendi, seperti osteoartritis, radang sendi psoriatik.
Infeksi tulang belakang (osteomielitis, diskitis, dan abses).
✔️Infeksi ginjal atau batu ginjal.
✔️Masalah yang berkaitan dengan kehamilan.
✔️Kondisi medis yang memengaruhi organ reproduksi wanita, termasuk endometriosis, kista ovarium, kanker ovarium, dan  fibroid rahim.
✔️Nyeri di sekitar punggung panggul atau sendi sacroiliac.

Bagaimana dengan penyebab nyeri punggung yang kronis? Kondisi ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak melakukan kegiatan yang membebani punggung, atau mengangkat beban dengan posisi yang salah. Tidak hanya itu saja, gerakan secara tiba-tiba yang menghentak juga dapat memicu terjadinya nyeri punggung kronis.

Hal yang perlu digarisbawahi ialah banyak pengidap sakit punggung kronis juga mengidap radang sendi. Tidak hanya itu, biasanya mereka juga memiliki keausan ekstra pada tulang belakang yang mungkin disebabkan oleh: penggunaan otot punggung yang terlalu berat dan berlebih dalam bekerja atau berolahraga. Cedera atau patah tulang. Operasi.


Tips Mengatasi Sakit Punggung
Setidaknya ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung. Berikut beberapa hal yang dapat  dipertimbangkan.

Kosumsi Obat Pereda Nyeri
Sama seperti penyakit lainnya yang berkaitan dengan nyeri atau sakit punggung, obat-obatan pereda nyeri bisa menjadi solusinya. Misalnya parasetamol.

Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter. Perlu diperhatikan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Misalnya, gangguan fungsi ginjal, sakit maag, hingga alergi.

Pertimbangkan Terapi Fisik
Cara mengatasi sakit punggung juga dapat  melalui terapi fisik. seorang terapi fisik akan mengajarkan peregangan agar mengatasi sakit punggung. Disamping itu, mereka juga akan mengajarkan beberapa latihan yang dapat memperbaiki keseimbangan tubuh yang mungin menjadi penyebab sakit punggung.

Hal yang perlu Anda ingat, ahli terapi fisik mungkin juga akan menyertai teknik perawatan lain, seperti terapi ultrasonik atau stimulasi listrik. Tapi, terapi-terapi ini dilakukan bergantung pada penyebab dan keparahan nyeri punggung yang Anda alami. 
jika Anda kesulitan untuk menemui ahli terapi gunakan alat terapi ini untuk sakit pinggang bagian bawah yang diakibatkan karena cidera atau keliru mengangkat beban berat. 

Tetap Aktif Bergerak
Umumnya orang yang mengidap sakit punggung inginnya beristirahat atau  berbaring hingga sakit mereka mereda. Padahal, tetap aktif, atau melakukan aktivitas yang ringan dapat  mempercepat waktu penyembuhan. Contohnya, olahraga ringan seperti bejalan kaki justru membantu pemulihan nyeri punggung. Namun, hindarilah aktivitas berat, apalagi yang bisa membebani kerja punggung.

Perhatikan Posisi Tidur
Posisi tudur juga dapat membantu Anda untuk mengatasi sakit punggung. Posisi tidur tertentu bisa mengurangi tekanan pada punggung. Misalnya, jika pengidap sakit pungung terbiasa tidur terlentang, cobalah tluntuk meneempatkan bantal di bawah lutut.

Gunakan Alat Bantu Terapi Magnet
Tidak bisa menyembuhkan penyakit, namun alat ini dapat  lmelancar peredaran darah dan efek hangat magnetik dapat merelaksasi otot dan mengurangi rasa sakit.

agar dapat terhindar dari sakit punggung dan posture tubuh menjdi tegak Anda dapat gunakan penyangga punggung Elektrik Smart back corrector agar tidak bongkok atau bungkuk karena alat canggih tersebut dapat dipakai untuk anak-anak hingga dewasa. Lebih canggihnya lagi alat ini akan bergetar saat posture tubuh Anda condong 25 derajat ke depan. alat ini juga biasa dipakai untuk posture perbaikan tubuh


EmoticonEmoticon