Sunday, August 20, 2017

Apa Itu Kista Ovarium? Kenali Gejalanya Disini

Kista ovarium ialah salah satu masalah kesehatan yang biasanya terjadi pada wanita. Setiap wanita dapat mempunyai penyakit ini, khususnya pada wanita yang masih mengalami menstruasi setiap bulan. kista ovarium dapat menghilang dengan sendirinya tanpa wanita tersebut tahu bahwa ia mempunyai kista ovarium. Tetapu, kista ovarium yang sudah besar bisa menunjukkan beberapa gejala. Hal inilah yang perlu diwaspadai.
Lalu apakah  kista ovarium itu?
Pada setiap wanita mempunyai dua ovarium yang hampir setiap bulannya akan melepaskan sel telur secara bergantian. Namun terkadang kista (kantung kecil yang berisi cairan) dapat berkembang pada salah satu ovarium. Mungkin Anda pernah mengalaminya tanpa  diketahui. Banyak wanita mempunyai kista setidaknya satu kali dalam masa hidupnya. Namun, biasanya ini tidak menyakitkan dan juga tidak berbahaya. Bahkan, kista ovarium tersebut dapat hilang dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan.
Akan tetapu yang perlu anda waspadai ialah saat kista tersebut tidak hilang, bahkan semakin membesar, dan pecah. Kista inilah yang biasanya bisa menimbulkan gejala kista ovarium dan membuat yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Ada dua jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui, yaitu:
Kista ovarium fungsional. Kista ini berkembang dikarenakan bagian dari siklus datang bulan atau menstruasi. Jenis kista fungsional tidak berbahaya dan mudah hilang dengan sendirinya. Dan kista fungsional ini ialah jenis kista yang paling umum.
Kista ovarium patologis. Kista yang berkembang karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya kista ini akan menimbulkan gejala dan juga membutuhkan perawatan khusus untuk menanganinya. Kista jenis ini bisa jinak ataupun ganas (kanker).

Gejala gejala kista ovarium
Biasanya kista ovarium yang kecil tidak mengakibatkan gejala apapun dan akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi kista ovarium yang sudah besar, pecah, dan tidak kunjung hilang bisa mengakibatkan Anda merasa tidak nyaman dan akan menimbulkan beberapa gejala, seperti:
Perut terasa tertekan
Merasa perut kembung ataupun bengkak pada perut
Kesulitan  BAB (buang air besar) atau merasa sakit ketika buang air besar
Lebih sering buang air kecil dikarenakan tekanan pada kandung kemih atau mengalami kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih
Merasa  kenyang setelah makan walaupun hanya sedikit
Nyeri pada perut di bagian bawah (nyeri panggul), yang bisa datang dan pergi kapan saja, dan dapat menyebar ke punggung bawah dan juga paha
Nyeri pada panggul sebelum dan sesudah menstruasi
Menstruasi tidak teratur, bahkan terasa menyakitkan, lebih berat, atau juga lebih ringan dari biasanya
Sakit dan merasa tidak nyaman pada bagian bawah perut ketika berhubungan seksual
Mual, dan muntah, ataupun nyeri pada payudara, seperti yang dirasakan ketika hamil

Kapan sebaiknya pergi ke dokter?
Apabila Anda mengalami gejala-gejala kista ovarium yanv ada di atas, maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Akan tetapi, terkadang kista ovarium juga memerlukab perhatian darurat, yang berarti Anda harus segera pergi ke dokter pada saat ini. Segera pergi  ke dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala yang ada di bawah ini;
Sakit perut yang tidak tertahankan secara tiba-tiba
Nyeri disertai dengan demam dan juga muntah
Pusing, terasa lemas dan seperti ingin pingsan
Napas lebih cepat
Gejala-gejala itu mungkin menunjukkan bahwa kista ovarium Anda telah mengakibatkab perubahan pada ovarium. Sehingga, harus secepat mungkin mendapat penanganan dokter.


EmoticonEmoticon