Thursday, January 4, 2018

Bruntusan, Penyebab Bruntusan Pada Kulit

Bruntusan adalah salah satu jenis jerawat yang berukuran  kecil-kecil, berwarba merah namun ada banyak dan letaknya berdekatan satu dengan yang lain. Area wajah yang sering terdapat bruntusan biasanya di dahi, walaupun tidak menutup kemungkinan ada di bagian wajah yang lain. Bruntusan pada wajah akan membuat seseorang kurang percaya diri.

sumber gambar http://suryaberita.blogspot.com

Penyebab Bruntusan

Berikut ini penyebab munculnya bruntusan pada kulit wajah
1. Perubahan hormon Yang sering menjadi penyebab bruntusan adalah perubahan atau ketidakseimbangan hormon. Bukan hanya remaja, namun orang dewasa juga dapat mengalami bruntusan. Pada remaja biasanya dipengaruhi oleh faktor pubertas, sedangkan pada wanita dewasa bisa disebabkan karena pengobatan tertentu,menjelang menstruasi,  penggunaan alat kontrasepsi, dan kehamilan. Hal tersebut biasanya menjadi pemicu bruntusan kulit wajah.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit Wajah Penyebab bruntusan karena tidak menjaga kebersihan kulit pada wajah. Hal inilah yang menyebabkan penumpukan kotoran, bakteri dan kuman menempel pada kulit wajah sehingga pori- pori pun menjadi tersumbat dan akhirnya muncul bruntusan. Akan tetapi anda tidak perlu terlalu sering mencuci muka karena terlalu sering mencuci muka dengan facial wash bisa menghilangkan produksi minyak alami dari jaringan kulit hal itu akan menyebabkan kulit kering, perih, tipis, perih, dan akhirnya muncul bruntusan. Anda cukup mencuci wajah 2-3 kali dalam sehari, atau pagi, sore dan malam hari sebelum Anda tidur.
3. Alergi Alergi bisa muncul dari sesuatu yang Anda konsumsi atau karena kulit tidak cocok dengan produk kosmetik tertentu. Hal tersebut terjadi karena kulit tidak dapat menerima beberapa zat yang terkandung didalamnya, misalnya pewarna, zat pengawet, pewangi, alkohol dan zat pemutih wajah. Oleh sebab itu sebaiknya Anda berhati-hatilah mengenai asupan makanan yang Abda pilih dan cermat memilih kosmetik yang tidak mengandung bahan yang berbahaya.

4. Perubahan Cuaca/ Pergantian musim Pergantian musim terkadang memiliki efek buruk untuk kulit, karena kulit bisa menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami bermasalah. Hal tersebut terkait dengan perubahan temperatur, kelembapan, panas terik dan lainnya yang berhubungan dengan pergantian musim dan mengakibatkan kelembaban kulit wajah menjadi tidak seimbang karena tidak terhidrasi dengan baik. Bruntusan juga bisa terjadi karena kulit kering karena mengalami dehidrasi. pergantian musim tidak bisa dihindari, maka sebaiknya Anda harus mengantisipasinya dengan baik.


EmoticonEmoticon