Friday, July 14, 2017

12 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur


Tidur ialah aktifitas yang rutin dilakukan oleh semua orang, Beberapa orang melakukan tidur saat siang hari agar dapat menyegarkan kembali tenaga ketika sedang istirahat dari aktifitasnya, namun, mayoritas orang lakukan ialah tidur pada malam hari. Tidur malam merupakan sebuah aktifitas untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian penuh beraktifitas. 

12 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Terkadang dari beberapa orang lebih memilih untuk tidur hingga larut malam, bahkan ada juga yang tidak tidur hingga matahari terbit. Hal ini bukanlah tindakan yang benar, jam biologis tubuh akan terganggu bila jam tidur berkurang. karena tidur merupakan aktifitas primer yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan tidur akan mengakibatkan berkurangnya konsentrasi dan pikun atau mudah lupa. Kekurangan tidur itu berarti tubuh kita kekurangan waktu untuk rstirahat yang dapat membuat tubuh terkena gangguan kesehatan yang  berbahaya, seperti stroke, obesitas, hipertensi,diabetes dll. Waktu yang disarankan untuk tidur ialah sekitar 7 hingga 8 jam untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak serfa remaja disarankan tidur kurang lebih 10 jam. 

Beberapa orang memiih mematikan lampu saat tidur malam, mereka menganggap mematikan lampu saat malam hari lebih nyaman untuk tidur. Selain terasa nyaman, tidur juga akan lebih nyenyak. Dan beberapa orang lagi memilih untuk menyalakan lampu saat tidur. karena mereka merasa takut jika harus mematikan lampu dan keadaan ruangan menjadi gelap gulita. 

Dan tahukah Anda, bahwa tidur dengan lampu yang dimatikan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan lho, berikut manfaat tidur lampu

1. Menurunkan risiko depresi
Tidur dengan mematikan lampu akan memberikan perasaan nyaman dan juga rileks ketika tidur, dengan begitu tubuh dan pikiran akan benar-benar berada dalam kondisi sepenuhnya tidur (istirahat) yang berkualitas.
Menurut hasil penelitian Ohio State University Medical Centre, mengemukakan bahwa tidur dalam keadaan lampu yang menyala akan berakibat buruk pada perubahan struktur otak, serta mengakibatkan depresi.

2. Tidur menjadi semakin berkualitas
Tidur yang berkualitas ialah selama seseorang  tidur, organ otak benar-benar dalam keadaan beristirahat. Sinar cahaya saat tidur menjadikan kualitas tidur menjadi kurang baik, karena sinar tersebut masih berperan sebagai perangsang stimulator kerja otak. Secara ilmiah, cahaya yang ada diruangan tidur akan menembus hingga pada bagian mata, walaupun tubuh sudah dalam keadaan terlelap sekalipun, namun sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya akan direspon oleh otak. Sehingga, walaupun mata terpejam, namun bila masih ada cahaya yang bersinar mengakibatkan otak akan  bekerja untuk merespon.  Dengan tidur yang berkualitas saat malam hari, sangatlah besar manfaatnya, yakni untuk memaksimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh, supaya menetralisir toksin-toksin yang merusak tubuh.
Hal itu juga berkaitan dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Sehingga, tidur dengan keadaan gelap & tidur di awal waktu membuat proses detoksifikasi hati bisa berjalan  optimal.

3. Tidur lebih nyenyak
Sebuah penelitian dari American Medical Association (AMA), memaparkan hasil penelitiannya, bahwa lampu dapat mempengaruhi ritme tidur alami pada tubuh. Ketika seseorang tidak punya waktu yang cukup dalam gelap, menyebabkan tubuh tidak maksimal dalam memproduksi hormon melatonin, hormon ini berfungsi agar membuat kita mengantuk di malam hari. hormon melatonin dapat mempengaruhi seberapa nyenyak tidur dan pada pukul berapa bisa bangun.
Penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association, menemukan bahwa penggunaan barang elektronik, seperti komputer, laptop, dan telepon genggam bisa memberikan efek gangguan saat tidur, terutama pada  anak dan remaja. Hal tersebut dikarenakan layar elektronik memancarkan banyak cahaya biru, yang menyebabkan menurunnya produksi hormone melatonin pada malam hari.

4. Tubuh akan merasa segar dan fit saat esok harinya 
Salah satu ilmuwan dari Australia melakukan penelitian, dan memaparkan hasilnya bahwa tidur larut setelah semalaman terkena sunar lampu mngakibatkan jam biologis tubuh menjadi kacau, sehingga sulit untuk mengimbangi aktifitas kerja yang di mulai pukul 09:00-17:00'  Bila seseorang mematikan lampu ketika tidur, hal tersebut akan memberi efek positif pada tubuh, tubuh akan  menjadi lebih santai dan rileks, dan tubuh dapat menyesuaikan diri dengan jam biologis tubuh.
Agar kondisi biologis tubuh tetap teratur, dan menghindari perasaan kurang fit pada pagi hari, Anda dapat  mematikan lampu atau meredupkan lampu pada malam hari, serta penting untuk mengatur waktu tidur dengan baik.

5. Mencegah gangguan metabolisme tubuh. 
Tidur dengan lampu yang menyala menyebabkan jam biologis tubuh menjadi  terganggu. Akibatnya, akan memberi risiko tinggi terhadap masalah gangguan tidur, yang dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular serta gangguan metabolisme.

6. Mencegah kerusakan DNA
Tidur dengan keadaan yang gelap dapat menurunkan risiko kerusakan DNA. Karena pada kondisi gelap ini, sel imunnitas pada tubuh akan membaik.
Adanya kerusakan DNA pada tubuh, sangat berisiko terkena penyakit leukemia, terutama pada anak-anak.

7. Menstabilkan Emosi. 
Menurut dari berbagai sumber, memaparkan bahwa tidur dalam keadaan gelap atau tidak menggunakan cahaya lampu,  bermanfaat untuk menstabilkan emosi dan mengontrol dengan baik, jika di bandingkan dengan yang tidur dalam kondisi ruangan yang terang.

8. Menurunkan risiko kanker payudara
Paparan cahaya lampu ketika tidur pada malam hari memiliki efek buruk untuk kaum wanita, hal tersebut dikarenakan dapat meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus besar.
Dengan mematikan lampu saat tidur dapat membantu tubuh secara maksimal memproduksi hormon melatonin, hormon ini yang berguna sebagai kekebalan tubuh, serta sangat ampuh membunuh dan juga menghambat perkembangan sel kanker.

9. Mencegah kelebihan berat badan
Penelitian yang dilakukan oleh Spanyol dan Amerika Serikat memaparkan bahwa menemukan zat melatonin dapat membantu mengontrol berat badan.
Tingkat hormon melatonin biasanya meningkat dalam keadaan gelap pada malam hari, kemudian akan muncul untuk melawan obesitas dengan merangsang produksi lemak beige.

10. Mencegah Kanker
Ketika cahaya dihidupkan saat tidur dimalam hari, hal ini akan memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang di kaitkan dengan pembentukan sel kanker. Bahkan, para ilmuan mengklaim bila seseorang terbangun dimalam hari kemudian menyalakan lampu selama beberapa detik.maka bisa mengakibatkan perubahan biologis, dimana hal tersebut  berisiko munculnya penyakit kanker.
Untuk orang-orang yang bangun pada malam hari, usahakan menghindari menyalakan lampu. Normalnya produksi melatonin terjadi antara jam 21.00-08-00.

11. Meringankan Stres. 
Stres terjadi karena pikiran yang terus dipaksa, masalah ini dapat diringankan dengan tidur diruangan yang gelap atau tidak menggunakan lanpu. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat menstabilkan emosi, sehingga mampu meminimalisir stress yang muncul.

12. Tidur dengan cepat dan mudah.
Saat seseorang tidur dengan lampu yang dimatikan, maka  akan lebih cepat memproses tidur hingga lelap dan nyenyak, di bandingkan tidur dalam keadaan cahaya lampu yang terang.

Simak juga ; 


EmoticonEmoticon