Friday, July 14, 2017

6 Bahaya Penggunaan Headset Terlalu Lama

Kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone ataupun headset sudah menjadi kebiasaan yang sangat sering kita jumpai, atau mungkin Anda sendiri yang sering menggunakan earphone tersebut? Tahukah Anda bahwa hal itu berbahaya bagi tubuh? Kenapa bisa begitu? Bila seseorang  terlalu sering menggunakan earphone atau headphone dengan volume yang tinggi akan mengakibatkan telinga menjadi cidera. Efek buruk akan datang bila menggunakan earphone selama 5 jam dalam satu minggu. Akibatya ialah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan besar hal itu terjadi pada usia muda.

6 Bahaya Penggunaan Headset Terlalu Lama

Saat ini mungkin dampaknya belum kelihatan, namun cepat atau lambat akan terasa. Mendengarkan pemutar musik personal secara reguler dengan volume yang tinggi saat usia muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, suatu saat kemampuan mendengar bisa menghilang. 

Berikut ini adalah bahaya menggunakan headset terlalu lama :

1. Dapat membuat telinga mendengung
Bahaya dari menggunakan headset yang telalu lama ialah bisa mengakibatkan  telinga menjadi mendengung. Telinga yang mendengung akan mengakibatkan kita merasa tidak nyaman dengan pendengaran. Hal tersebut hampir sama seperti saat kita melakukan perjalanan jauh atau ketika naik pesawat. terasa seperti terjadi perubahan tekanan udara di sekitar kita. Agar dapat mengatasi hal ini, Anda cukup menahan nafas sambil memencet hidung. Kemudian tiup sambil tetap memencet hidung. Maka telinga yang terasa mendengung akan segera pulih kembali.

2. Telinga mengalami kelelahan
Beberapa orang pecinta audio menyebut hal ini dengan istilah ear fatigue. kelelahan telinga adalah kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus-menerus. Kelelahan pada telinga dapat mengakibatkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan telinga menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.

3. Menyebabkan tuli sesaat
Terlalu lama menggunakan headset juga akan mengakibatkan  terjadinya “tuli sesaat”. Bila terlalu sering dilakukan dengan volume yang sangat tinggi,  hal tersebut akan mengakibatkan tuli secara permanen. jadi dimohon agar penggunaan headset dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Dapat menyebabkan kuman masuk melalui telinga
Masalah lainnya yang berbahaya dai penggunaan headset yang telalu lama ialah kuman. Headset ialah salah satu alat yang mempunyai kandungan kuman yang tinggi. Hal ini dikarenakan headset ialah salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa adanya perlindungan dan juga jarang sekali mengalami pembersihan.

Hal ini mengakibatkan headset sebagai salah satu sarang dari tempat tinggal kuman dan bakteri. Ketila memakai hedset yang  terlalu lama, itu berarti kuman dan bakteri akan bebas masuk kedalam tubuh melalui telinga. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.

5. Tidak awas dengan keadaan lingkungan sekitar
Menggunakan headset terlalu lama dapat menjadikan orang tersebut kurang awas dengan keadaan dan lingkungan yang ada disekitarnya. Penggunaan headset ini menyebabkan perhatian kita akan terfokus pada suara yang keluar dari headset. Hal tersebut akan mengakibatlan diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan dunia sekitar kita. Dengan memakai headset, kita cenderung menjauh dari lingkungan sosial dan tidak ingin bersosialisasi dengan lingkungan.

6. Memperbesar risiko kecelakaan
Ini adalah dampak terburuk dari penggunaan headset yang terlalu lama. Seperti yang telah saya jelaskan tadi, penggunaan headset yang terlalu lama akan menyebabkan seseorang menjadi kurang awas dan cenderung mengabaikan dunia sekitarnyav. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan penyebab kematian mendadak.

Mengerikan sekali bulan? Yuk kurangin pakai headset, demi menjaga kesehatan telinga kita di masa depan, toh hal itu juga tidak akan merugikan Anda bukan?

Simak juga;


EmoticonEmoticon