Friday, November 17, 2017

Mengenal Apa Itu Trombosit? Penyebab Trombosit Menurun

MengenalApa Itu Trombosit? Penyebab Trombosit Menurun - Trombosit merupakan fragmen sel kecil yang ditemukan didalam darah. Trombosit berasal dari sumsum tulang yang merupakan potongan dari sel yang lebih besar. Trombosit tidak halus atau bulat, akan tetapi berbentuk lebih seperti kertas yang sudah robek menjadi potongan-potongan kecil. Trombosit menghabiskan banyak waktu untuk berlayar melalui aliran darah bersama sel darah merah dan sel darah putih.
Fungsi utama dari trombosit ialah menghentikan pendarahan jika terjadi cedera pada tubuh. Sebuah penghalang disebut bekuan darah harus dibentuk untuk menutup luka. pembuluh darah yang rusak harus diblokir sehingga tidak kehilangan darah secara berlebih. 

Ketika kebanyakan trombosit dikenal dengan kemampuan darah untuk menggumpal saat seseorang luka ataupun memar.  trombosit akan memberikan hormon yang diperlukan dan protein untuk koagulasi. Kolagen dilepaskan ketika lapisan pembuluh darah tersebut rusak. Trombosit mengenali kolagen dan mulai bekerja pada koagulasi darah dengan membentuk seperti  penyumbat, sehingga kerusakan pembuluh darah dapat dicegah.

Apa Itu Trombosit?

Saat jumlah trombosit lebih tinggi dari normal dikenal dengan trombositosis, trombositposis bisa menimbulkan risiko yang serius. Terlalu banyak pembekuan darah bisa mengakibatkan pembentukan bekuan darah yang bisa mengakibatkan penyakit stroke. Sedangkan jika trombosit lebih rendah dari jumlah normal bisa mengakibatkan perdarahan yang luas.
Akan tetapi, pada beberapa kasus, menginduksi jumlah trombosit rendah yang diinginkan, misalnya bila seseorang mempunyai kerentanan terhadap penyakit stroke atau memiliki perbaikan jantung yang luas. Jumlah trombosit bisa diturunkan dengan asupan harian aspirin.

Penyebab Trombosit Turun

Kandungan trombositpenia biasanya kurang dari 150.000 darah per microliter. Hal tersebut tentu berbahaya untuk kesehatan tubuh. berikut ini merupakan penyebab terjadinya penurunan trombosit dalam tubuh.

1. Infeksi virus
Virus yang seperti cacar air, rubella, HIV AIDS dan gondok . Virus tersebut bisa menjadikan jumlah trombosit turun.

2. Kanker
Limfoma dan kanker darah bisa merusak sel dari sumsum tulang. Dan ternyata pengobatan kanker  juga bisa menghancurkan sel stem yang ada dalam sumsum tulang belakang.

3. Trombosit Tertahan Di Limpa
Pada kondisi yang normal, sepertiga dari total trombosit akan tertampung pada bagian dalam limpa. Akan tetapi, pembengkakan limpa bisa mengakibatkan semakin banyak trombosit yang tertahan didalamnya.

4. Anemia Aplastik
Anemia Aplastik merupakan penyakit yang mengganggu bagian sel darah merah, anemia aplastik ialah penyakti yang cukup langka.

5. Penggunaan Obat-obatan
Obat yang menjadi penyebab menurunnya jumlah trombosit didalam tubuh ialah obat diuretic.

6. Bahan Kimia yang Beracun
Paparan bahan kimia seperti pestisida. benzene, arsenik ternyata bisa memperlambat produksi trombosit dalam tubuh.

7. Tubuh Menghancurkan Trombosit
Saat trombosit sudah diproduksi didalam tubuh dengan normal, akan tetapi, bisa saja tubuh  menghancurkan trombosit tersebut, hal tersebut akan membuat trombosit dalam darah menjadi berkurang. Berikut ini adalah hal yang membuat tubuh menghacurkan trombosit.
  • infeksi 
  • obat-obatan
  • kehamilan
  • penyakit autoimun
Terkait


EmoticonEmoticon