Friday, November 17, 2017

13 Cara Alami Menaikkan Trombosit Dalam Tubuh

13Cara Alami Menaikkan Trombosit Dalam Tubuh - Trombosit atau keping darah ialah sel-sel yang berbentuk oval kecil yang dibuat pada sumsum tulang. Trombosit mempunyai fungsi untuk membantu dalam proses pembekuan. Saat pembuluh darah kita pecah, trombosit akan berkumpul pada area luka dan membantu menutup kebocoran.

Trombosit terlihat seperti oval atau runcing. Trombosit hanya bisa dilihat melalui mikroskopis dengan ukuran rata-rata empat ratus seperseribu inci (1 hingga 3,5 um). Trombosit bertahan hidup hanya sekitar 9 hari didalam aliran darah dan secara konstan akan digantikan oleh sel-sel yang baru.
Fungsi dari Trombosit

Menaikkan Trombosit

Peran trombosit ialah menyumbat pembuluh darah yang rusak agar mencegah kehilangan darah. Dalam kondisi yang normal, trombosit akan bergerak melalui pembuluh darah dalam keadaan tidak aktif. Trombosit tidak aktif mempunyai bentuk yang khas seperti piring. Saat berada didalam pembuluh darah, trombosit menjadi aktif oleh kehadiran molekul-molekul  tertentu dalam darah. Molekul-molekul tersebut disekresikan oleh sel endotel pembuluh darah. Trombosit aktif berubah bentuk dan menjadi lebih bulat memanjang, seperti jari membentang dari sel. Trombosit menjadi lengket dan mengikuti satu dengan yang lainnya pada permukaan pembuluh darah guna memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

Cara Menaikkan Trombosit secara Alami

Berikut ini merupakan cara menaikkan trombosit secara alami

1. Cara Menaikkan Trombosit dengan Buah pepaya 
Buah pepaya merupakan buah terbaik yang dapat meningkatkan jumlah keping darah. Bahkan dengan mengonsumsi daun pepaya yang direbus juga bisa meningkatkan kadar trombosit secara alami.

2. Cara Menaikkan Trombosit dengan Bawang putih 
Mengonsumsi bawang putih ternyata mampu menambah keping darah dalam tubuh. Oleh sebab itu jangan membuang bawang putih yang biasanya ada dalam masakan.

3. Cara Menaikkan Trombosit dengan Susu
Susu ialah salah satu sumber yang tinggi kalsium. Mengonsumsi susu ialah salah satu solusi sebagai cara untuk menaikkan trombosit. Kandungan kalsium yang bekerja dengan vitamin K dan fibrinogen protein susu. Agar dapat meningkatkan jumlah trombosit serta meningkatkan kemampuan darah agar membentuk bekuan. bahkan kekurangan kalsium bisa mengakibatkan tubuh memakan banyak waktu untuk membentuk bekuan darah, terutama saat mengalami perdarahan yang berlebih. Anda juga bisa mengkonsumsi keju, yogurt dan produk susu organik agar menjaga kadar kalsium yang paling optimal.

4. Cara Menaikkan Trombosit dengan Beras merah cina atau angkak 
Angkak juga dikenal dengan beras merah cina, dipercaya dapat mendongkrak kadar trombosit didalam darah.

5.Cara Menaikkan Trombosit dengan Jus kurma 
Jus kurma yang sekarang banyak dijual dengan berbagai merek. Usahakan Anda membeli jus kurma yang sudah terkenal atau yang sudah dipercaya agar memastikan keasliannya. Kurma tinggi akan zat besi dan nutrisi lainnya yang berkhasiat untuk menambah trombosit Anda secara alami.

6. Cara Menaikkan Trombosit dengan Buah delima
Buah yang berwarna merah ini kaya akan zat besi yang dapat membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit. Buah delima yang tinggi vitaminini juga  dapat membantu melawan penyakit demam berdarah.

7. Cara Menaikkan Trombosit dengan Buah jambu biji 
Jambu biji merupakan buah yang sering digunakan masyarakat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Agar dapat memermudah mengonsumsinya, iasanya buah jambu biji dibuat jus,

8. Cara Menaikkan Trombosit dengan Sayuran hijau 
Sayuran hijau mengandung vitamin K dan baik dikonsumsi saat jumlah trombosit menurun. Selain kangkung, bayam, dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah.

9. Cara Menaikkan Trombosit dengan Aprikot
Aprikot merupakan salah satu buah yang tinggi zat besi. Mengonsumsi satu buah aprikot setiap harinya merupakan cara alami untuk menaikkan trombosit secara efektif dan juga mudah.

10. Cara Menaikkan Trombosit dengan Hati
Hati ayam ataupun sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah trombosit. Akan tetapi, pastikan telah memasaknya dengan benar karena  proses pemasakan yang salah dapat merusak kesehatan tubuh.

11. Cara Menaikkan Trombosit dengan Kismis
salah satu cara untuk menaikkan trombosit dengan memakan buah-buahan yang kering seperti kismis, yang mengandung 30% zat besi.

12. Cara Menaikkan Trombosit dengan Gandum utuh 
Mengkonsumsi gandum utuh sebagai asupan karbohidrat ketika tubuh memerlukan menaikkan trombosit. Karena gandum kaya akan serat, mineral, nutrisi, vitamin yang bagus untuk meningkatkan jumlah trombosit  dalam tubuh.

13. Cara Menaikkan Trombosit dengan Minum air hangat
Air dingin bisa  memperlambat saluran pencernaan, yang bisa mempengaruhi cara tubuh menyerap nutrisi. Sel-sel darah terbuat dari air dan juga protein, apabila Anda minum lebih banyak air, Anda pun  akan menghasilkan lebih banyak sel darah termasuk meningkatkan trombosit.

Simak juga;


EmoticonEmoticon