Thursday, November 23, 2017

7 Cara Alami Menurunkan Trombosit

Trombosit (keping darah) yang berukuran kecil hanya menyusun sebagian kecil dari total volume darah. Fungsi utama dari trombosit ialah mencegah pendarahan dengan cara menggumpalkan darah. Akan tetapi, pada kasus yang langka, sebagian orang mengalami kondisi yang mengakibatkan sumsum tulang menghasilkan terlalu banyak keping darah. Hal tersebut bisa mengakibatkan terbentuknya gumpalan darah yang berukuran besar dan memicu masalah kesehatan, misalnya penyakit stroke, jantung. 

Menurunkan Trombosit

Berikut ini cara mengurangi jumlah trombosit melalui pola makan dan gaya hidup.

1. Mengonsumsi ikan laut

Makanlah hidangan laut yang kaya akan omega-3 agar menghambat produksi trombosit. Asam lemak omega-3 dapat mempengaruhi aktivitas trombosit, mengencerkan darah, serta mengurangi peluang adanya penggumpalan darah. Makanan laut misalnya ikan tuna, remis, salmon, ikan sarden, dan kerang, kaya akan kandungan omega-3.

Usahakan agar memasukkan 2-3 porsi hidangan laut yang ada diatas setiap minggunya supaya memenuhi angka kecukupan gizi omega-3.

Apabila Anda tidak suka mengonsumsi ikan, Anda dapat meningkatkan  asupan omega-3 dengan cara mengonsumsi suplemen minyak ikan sebanyak 3000-4000 mg setiap hari.

2. Makan buah dan sayur

Konsumsilah buah dan sayuran yang mengandung salisilat (senyawa pengencer darah). Buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung salisilat bisa membantu mengencerkan serta mencegah penggumpalan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu mempertahankan jumlah trombosit yang normal.

Sayur-sayuran yang mengandung salisilat diantaranya jamur, mentimun, zukini, alfalfa, dan lobak.
Sedangkan buah-buahan yang mengandung salisilat diantaranya segala jenis buni, jeruk, ceri, dan kismis.

3. Buah delima

Mengonsumsi  buah delima agar mendapatkan efek antitrombositnya. Buah delima mengandung senyawa polifenol yang bermanfaat untuk antitrombosit, yang dapat mengurangi produksi trombosit pada tubuh serta menghambat proses penggumpalan darah oleh trombosit yang sudah terbentuk.
Anda bisa memakan buah delima yang segar secara langsung, meminum sarinya, atau menambahkan ekstraknya kedalam masakan Anda.

4. Mengonsunsi bawang putih

Memakan bawang putih yang masih mentah dapat mengurangi jumlah trombosit dalam darah. Bawang putih yang mentah, baik secara utuh maupun yang dudah dihaluskan, mengandung senyawa allicin yang bisa mempengaruhi kemampuan tubuh kita untuk menghasilkan trombosit, sehingga akan mengurangi jumlah trombosit didalam darah. Tubuh kita akan merespons penurunan kadar trombosit dengan meningkatkan kekebalannya, yang berkhasiat membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan segala macam benda asing misalnya virus atau bakteri.

Kandungan allicin yang ada pada bawang putih akan turun drastis ketika dimasak, maka usahakan untuk memakan dalam kondisi mentah. Konsumsi bawang putih mentah juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan pada sebagian orang, sehingga pastikan Anda mengonsumsinya dengan makanan.

5. Kayu manis

Tambahkan kayu manis pada masakan agar bisa mengurangi agregasi trombosit. Kayu manis mengandung senyawa sinamaldehid yang diketahui mengurangi agregasi trombosit, sehingga dapat mencegah adanya penggumpalan darah.
Tambahkanlah bubuk kayu manis pada kue atau tumis sayuran. Anda juga dapat menyeduh satu batang kayu manis kedalam teh

6. Kopi

Meminum kopi agar memperoleh efek antitrombosit yang ada di dalamnya. Kopi bisa mengurangi jumlah trombosit didalam darah serta mencegah agregasinya.
Efek antitrombosit pada kopi tidak berasal dari kafeina, melainkan dari asam fenolat. Sehingga Anda masih bisa memperoleh khasiat antitrombosit dengan mengonsumsi kopi tanpa kafeina.

7. Tidak merokok

Berhentilah merokok supaya mencegah penggumpalan darah. Merokok dapat  meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah karena sejumlah senyawa yang berbahaya terkandung didalamnya. Dengan merokok akan mengentalkan darah serta memicu agregasi trombosit.
Berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke sering terjadi karena penggumpalan darah. Berhenti merokok merupakan  salah satu langkah terbaik yang dapat Anda lakukan guna mencegah pembentukan penggumpalan darah.


Simak juga;

Penyebab Bokong GelapDan Cara Menanganinya

Bahaya Bokong KarenaDuduk Terlalu Lama



EmoticonEmoticon