Tuesday, August 8, 2017

10 Cara Membersihkan Telingan Dengan Baik Dan Benar

Kotoran telinga yang berlebih terkadang susah untuk dibersihkan. Cairan kotor tersebut bergerombol di telinga kita karena trauma atau bahkan  penyumbatan didalam saluran telinga. Salah satu cara untuk mengeluarkan kotoran telinga tersebut ialah dengan obat rumahan.

Menurut para ahli, ketika seseorang kekurangan asam lemak seng, Omega 3, dan juga magnesium dapat menghasilkan kotoran di telinga yang berlebih. Jika Anda mengabaikannya maka akan menjadi menumpuk jauh didalam saluran telinga dari waktu ke waktu. Anda juga bisa kehilangan pendengaran hanya karena kotoran telinga yang menumpuk.

10 Cara Membersihkan Telingan Dengan Baik Dan Benar

Penyebab mengerasnya kotoran telinga

  • Sering membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan cotton bud, justru mengakibatkan kotoran telinga terdorong masuk lebih ke dalam telinga.
  • Menyempitnya saluran telinga disebabkan penyakit kulit, tulang dan juga infeksi.
  • Penggunaan alat bantu dengar. 
  • Penggunaan penyumbat telinga 
  • Kesalahan bila membersihkan telinga dengan menggunakan peniti, penjepit rambut, dan juga sapu tangan yang di pelintir ujungnya.
  • Kotoran telinga yang  terlalu kering.

Berikut ini car membersihkan telinga dengan mudah 

1. Cuka dan alkohol
Campur cuka dan alkohol lalu teteskan pada telinga sebanyak dua tetes, dan ambillah kapas bersih dan lembut, pijat telinga pada bagian dalam. Ulangi proses tersebut hingga  kotoran telinga yang berlebih dapat terangkat. 

2. Air garam
Air garam merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kotoran pada telinga. Maka buatlah larutan garam dengan menggunakan air suam-suam kuku. miringkan kepala ke samping lalu teteskan air secara  perlahan-lahan ke dalam telinga. Kemudian kembalikan kepala ke posisi normal dan gunakan kapas bola pada telinga yang telah diberi air garam tersebut. Ulangi proses ini untuk telinga yang satunya.

3. Minyak zaitun
Minyak zaitu ialah cara yang paling aman dan dapat mengeluarkan kotoran telinga. Caranya anda hanya perlu untuk mencelupkan sepotong kapas bersih ke dalam minyak zaitu yang hangat. Peraslah kelebihan minyak tersebut dan tempatkan kapas yang sudah di peras pada telinga Anda. Setelah 15 menit, keluarkan kapas. Ulangi hingga kotoran telinga berkurang.

4. Baby oil
Baby oil bersifat lembut dan juga tidak ada efek samping untuk setiap jenis kulit yang memakainya. Lakukanlah proses membersihkan kotoran telinga sama seperti cara membersuhkan telinga dengan minyak zaitun.

5. Bawang putih
Haluskan bawang putih, kemudian masukkan bawang putih tersebut ke sendok lalu panaskan sendok yang betisi bawang putih halus tersebut di atas lilin. maka akan keluar minyak dari bawang putih tersebut.inyak tersebutlah yang digunakan untuk membersuhkan telinga anda, teteskan beberapa tetes minyak yang ada pada telinga anda.

6. Cuka Apel
Cara menggunakan cuka apel untuk membersihkan kotoran pada telinga ialah anda hanya perlu memiringkan kepala ke samping, kemudian  teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel tersrbut. Gulung bola kapas di telinga, dan biarkan hingga satu jam, setelah itu ambil kapas tersebut dan lihatlah kotoran yang menempel pada kapas.

7. Dengan Gliserin
Ini merupakan cara yang  mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menuangkan 2 atau 3 tetes gliserin pada telinga. Lalu bersihkan telinga dengan cotton bud, hati-hati ketika memasukkan cutton bud, jangan terlalu dalam karena dikhawatirkan akan merupsak gendang telinga anda.

8. Minyak kelapa
Tuangkan minyak kelapa ke sendok, kemudian panaskan sendok tersebut dengan lilin. Setelah sudah hangat, celupkanlah pada kapas bola. kurangi kelebihan minyak tersebut, kemudian letakkan kapas yang berukuran kecil di telinga. Tunggu hingga suhu hangat dari minyak kelapa merontokkan kotoran pada telinga anda.

9. Hidrogen peroksida
Cara penggunannya ialah hanya dengan mencampurkan peroksida dengan air (komposisi sama) tuangk cairan tersebut ke kapas, lalu peras kapas dan masukkan cairan ke telinga anda.

10. Air hangat
Setelah Anda mandi, cucilah telinga anda dengan air yang hangat. Hindarilah menggunakan  air dingin ataupun panas karena dapat mengakibatkan terkena penyakit vertigo

Simak juga;


EmoticonEmoticon