Tuesday, August 8, 2017

Inilah 14 Manfaat Berjemur Pada Pagi Hari

Sinar matahari ialah salah satu karunia yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia. Matahari menjaga supaya bumi tetap hangat dan mencegah dari kebekuan. Namun, jika tubuh terlalu sering terkeba atau terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker dan katarak. 
Kulit yang terbakar matahari ialah kondisi yang dikarenakan oleh sinar radiasi UVB yang  tinggi dan radiasi UVB juga bisa mengakibatkan kerusakan pada DNA. Walaypun begitu, apabila dimanfaatkan dalam jumlah yang tepat, sianar matahari bisa membuat manusia menjadi lebih sehat.
Inilah 14 Manfaat Berjemur Pada Pagi Hari

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kesehatan dari sinar matahari:

1. Vitamin D 
Sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, lengan, leher,  dan kaki kurang lebih selama 10-15 menit bisa menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) hingga 3.000 IU, tergantung jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.

Vitamin D ini berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium didalam usus dan juga mentransfer kalsium melintasi membran sel, sehingga bisa menguatkan tulang anda. Vitamin D juga bisa memberi perlindungan terhadap jenis kanker misalnya kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, dan diabetes. Selain itu juga, vitamin D bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah sehingga dapat membantu melawan penyakit jantung.

2. Tingkatkan sirkulasi darah 
Sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah pada kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju ke sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka, alhasil kesehatan anda pun akan menjadi lebih baik. Selain itu juga, jantung akan menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi saat beristirahat dan juga mengurangi tekanan darah.

3. Serotonin 
Selain merangsang tubuh supaya membuat vitamin D, sinar matahari dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi bisa menghasilkan suasana hati lebih positif dan cara berpikir tenang dengan mental fokus.

4. Turunkan risiko kanker 
Sintesis vitamin D, yang diakubatkan oleh sinar matahari, bisa menurunkan risiko dari berbagai bentuk penyakit kanker contohnya kanker prostat, kanker usu, kanker payudara, dan juga kanker ovarium. Namun tetaplah untuk berhati-hat karena terlalu lama terkena atau terpapar sinar matahari bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

5. Cegah diabetes 
Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang terpapar sinar matahari dan vitamin D yang cukup bisa mencegah penyakit diabetes tipe 1 pada anak-anak. Ada juga yang meyakini bahwa terpapar sinar matahari dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara merangsang penyimpanan kadar gula di dalam otot dan hati.

6. Memperbaiki kulit 
Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, contohnya eksim jerawat, dan psoriasis. Terpapar sinar matahari dapat menurunkan manifestasi dari tanda peregangan, bekas luka, dan juga ketidaksempurnaan kulit lain.

7. Atasi depresi 
Seseorang yang mengalami gangguan afektif musiman (SAD) bisa mengembangkan gejala depresi (misalnya kehilangan minat kegiatan sehari-hari, merasa tidak mempunyai tenaga dan kemurungan) saat bulan musim dingin atau saat sinar matahari kurang terpancar. Sinar matahari bisa mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin ialah suatu anti-depresan alami yang di miliki oleh tubuh dan berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

8. Detoksifikasi tubuh 
Paparan sinar matahari dapat meingkatkan pengeliminasian racun yang ada dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu jyga, sinar matahari mempu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

9. Perbaiki kualitas tidur 
Dengan Anda terpapar sinar matahari, maka produksi melatonin  meningkat. Melatonin ialah suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh yang berukuran seperti kacang kecil dan ditemukan di dasar otak. Melatonin ini sangat dibutuhkan untuk kualitas tidur yang baik.

10. Menguatkan sistem kekebalan 
Sinar matahari bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh anda, karena saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal atau mencegah infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan juga virus.

11. Perbaiki sistem pencernaan 
Sinar matahari merupakan pengobatan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme anda

12. Untuk pertumbuhan anak
Biasanya anak yang masih bayi sering dikenakan sibar matahari, tentu hal ini dikarenakan sejak zaman nenek moyang dulu  sinar matahari pagi memang baik untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan bayi. Ketika masih bayi,  vitamin yang sangat diperlukan ialah vitamib  E D A K,  Dan Vitamin D tersebut dapat didapat dari sinar matahari ini.

13. Mengurangi kolesterol
Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesteril jahat tersebut yang harus di hilangkan, Dengan anda berjemur pada pagi hari ternyata bisa dengan mudah membunuh serta mengurangi jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh. Alhasil  kolesterol anda akan berkurang dan tubuh akan menjadi sehat. Karena terlalu banyak kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan apalagi untuk jantung anda.

14. Pasokan Vitamin D
Seperti yang telah dijelaskan di atas, vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari pagi yang  membantu pertunbuhan dan menjaga metabolisme tubuh.

Itulah keuntungan dari berjemur sinar matahari pagi, sangat murah, mudah, dan hemat untuk kesehatan, sebarkanlah artikel ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk orang lain.

Simak juga;


EmoticonEmoticon