Friday, July 7, 2017

Penyebab, Gejala, Dan 10 Cara Mengobati Asam Lambung

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dalam bahasa ilmiahnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ialah kondisi yang di tandai dengan rasa  nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada karena naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus dikenal sebagai kerongkongan, bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Penyakit asam lambung ini merupakab penyakut yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Penyebab, Gejala, Dan 10 Cara Mengobati Asam Lambung

Penyebab Naiknya Asam Lambung 

Penyakit asam lambung atau GERD, umumnya dikarenakab oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES ialah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES ini berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan dan minuman turun menuju lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup agar mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik lagi ke esofagus.

Apabila LES menjadi longgar dan tidak dapat menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan mengakibatkab penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, hiatus hernia, kelebihan berat badan,  keadaan hamil, gastroparesis, atau makan-makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala asam lambung yang dirasakan ialah sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri pada ulu hati. Alhasil, Anda akan merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan.
Mulut dan kerongkongan akan terasa tidak enak. Anda  akan mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan makanan. Perawatan serius akan dibutuhkan apabila gejala asam lambung muncul secara terus-menerus.

Berikut beberapa gejala, ciri dan tanda penyakit asam lambung,  dianataranya 

  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Bau mulut
  • Kesulitan menelan
  • Sakit tenggorokan
  • Bersendewa terus-menerus
  • Tinja berdarah atau berwarna hitam
  • Rasa asam dan pahit pada mulut.
  • Seakan-akan merasa ada benjolan di kerongkongan ketika menelan.
  • Heartburn biasanya akan terasa lebih parah saat Anda selesai makan.
  • Sakit yang terjadi disekitar ulu hati, dapat berlangsung selama 2 jam.
  • Laringitis: peradangan pada laring atau pita suara yang mengakibatkab tenggorokan sakit dan alhasil  suara menjadi parau.  
  • Batuk terus-menerus, terutama saat malam hari, terkadang terjadi. Hal  ini dikarenakan asam direfluks  iritasi tenggorokan (trakea).
  • Heartburn atau rasa terbakar dan sakit di tengah dada, di belakang tulang dada. Hal tersebut sering dimulai pada perut bagian atas dan menyebar hingga ke leher atau tenggorokan.

Tips Dan Cara Nengatasi Asam Lambung

Bahan bahan yang mudah di dapat, akan saya jelaskan sebagai berikut. 
1. Kunyit
Kunyit merupakan bumbu dapur yang sering kali dipakai untuk pengobatan penyakit. jenis kunyit ada dua, yaitu   kunyit putih dan kuning.  manfaat dan kandungan pada kunyit sangat baik untuk kesehatan. Terutama dalam tips cara mengatasi asam lambung. Caranya ialah  pertama tama yang harus di lakukan adalah dengan membersihkan kemudian  tumbuk,  lalu peras dan di rebus airnya. Diamkan sampai mendidih yang telah di tambahi air. Minumlah secara teratur, hingga penyakit yang di alami hilang.

2. Mengunyah Permen Karet
Ketika kita mengunyah permen karet, maka produksi air liur akan menjadi lebih banyak. Air liur tersebut  akan masuk ke lambung dan mampu menetraklisir asam yang di prouksi lambung secara berlebihan. Ternyata permen karet tidak bisa diremehkan,

3. Lidah Buaya 
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin yang banyak untuk menyembuhkan penyakit dan masalah kecantikan. Tanaman ini  berwarna hijau dan tumbuh menjulang ke atas. Caranya mengobati asan lambung dengan lidah buaya ialah ambillah satu potong lidah buaya. kemudiab kupas dan ambil dagingnya saja. Bersihkan dan rebus daging lidah buaya. minumlah selagi masih hangat dan lakukan dengan sebaik mungkin, agar penyakit yang dialami dapat segera sembuh.

4. Jahe
Ambillah jahe yang dapat   di kupas dan di parut. Tambahkan air dan peraslah. Masaklah dan tunggu hingga mendidih. minumlah dengan rutin, agar penyakit yang di alami dapat segera sembuh.  minuman ini sama sekali tidak berbahaya. Karena jahe memiliki sifat anti inflamsi, maka baik digunakan untuk menyingkirkan kuman dan bakteri yang bersarang di dalam dan luar tubuh.

5. Pisang
Cara mengatasi asam lambung ternyata bisa menggunakan buah pisang,  caranya hanya tinggal di minum yang telah di buat jus atau juga dapat di makan langsung. Tergantung dari Anda menginginkan yang mana. dan tenang saja pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping sedikitpun.

6. Minum Susu Segar
Susu segar adalah jenis susu yang diolah dari susu murni tanpa campuran apapun. Susu ialah makanan yang mengandung kalsium tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu susu juga bisa membuat perut menjadi lebih nyaman, dan meningkatkan pH dalam saluran pencernaan serta mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan.

7. Makan Buah Apel
Apel memiliki rasa yang manis dan asam, yang ternyata berkhasiat untuk menurunkan produksi asam lambung. Apel dapat membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Bagi orang yang menderita penyakit asam lambung di sarankan untuk mengkonsumsi buah apel sebanyak 2 buah perharinya.

8. Minum Teh Hangat
Teh menjadi salah satu ramuan alami yang dapat menangani masalah penyakit asam lambung. Mengkonsumsi teh hitam, teh hijau maupun teh yang dicampur dengan daun melati. Teh mengandung senyawa khusus yang dapat membantu menenangkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang cepat. Namun  jangan minum teh panas karena bisa meningkatkan produksi asam lambung. Jadi, lebih baik jika minum teh yang hangat.

9. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B
Makanan yang mengandung vit B ternyata dapat membantu menurunkan produksi asam lambung yang berlebih. Vitamin B terutama golongan vit B2 dan vit B6 dapat menekan produksi asam lambung. Cara ini juga sangat di sarankan untuk ibu hamil agar dapat menghilangkan gangguan asam lambung yang biasanya muncul selama masa kehamilan. Beberapa jenis makanan yang baik untuk di konsumsi ialah seperti hati, berbagai jenis kacang-kacangan,  ikan salmon, bayam, ikan tuna dan ikan sarden.

10. Baking soda 
Baking soda mempunyai  sifat basa. Seperti yang kita ketahu,i bahwa zat basa mampu menetralisir asam. Sehingga baking soda mampu untuk menetralisir asam lambung. Caranya hanya dengan menggunakan baking soda sebabyak 1 sendok teh lalu campurkan dengan segelas air, kemudian  minum larutan ini.

Berikut beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari untuk penderita asam lambung :
Hindari minuman dingin setelah konsumsi makan yang mengandung karbohidrat

  • Makanan yang terlalu pedas dan asam
  • Makanan yang banyak mengandung minyak
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang mengandung alkohol
  •  Makanan berkarbonasi (soda) 
  • Jangan makan berlebihan dalam waktu singkat
  • Apabila sedang diet, maka konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang untuk tubuh dan hindari diet yang tidak sehat.
Simak juga 


EmoticonEmoticon