Saturday, July 8, 2017

15 Manfaat Minyak Kayu Putih Yang Belum Anda Ketahui


Anda pasti sudah mengetahui minyak kayu putih, minyak kayu putih yang biasa digunakan oleh mengolesu dada maupun punggung anak-anak dan juga biasanya dugunakan untuk kerokan, ternyata memiliki banyak manfaat selain dari yang saya sebutkan tadi. Berikut manfaat minyak kayu putih yang sebaiknya Anda ketahui.

15 Manfaat Minyak Kayu Putih Yang Belum Anda Ketahui

1. Sebagai Obat Luka
Anda perlu tahu bahwa ternyata minyak putih berguna untuk menyembuhkan dan juga mempercepat proses pengeringan luka. Hal tersebut dikarenakan kandungan antimikroba serta antiseptik di dalam minyak kayu putih dapat melindungi luka dari kuman yang muncul, sehingga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pada luka, seperti goresan ataupun luka bakar bahkan, proses pengeringan yang diakibatkan dari kandungan minyak kayu putih tersebut juga akan lebih cepat. Anda dapat menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih yang dicampur dengan air bersih, kemudian gunakanlah untuk mencuci luka

2. Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Noda Pada Wajah
Menghilangkan bekas noda jerawat memang bukan perkara yang mudah, bahkan butuh waktu yang cukup lama supaya  bekas noda jerawat tersebut memudar dan benar-benar lenyap. Tapi Abda tidak perlu khawatir apabila hal  ini menimpa Abda, karena Anda  dapat menggunakan campuran antara minyak kayu putih dengan gel lidah buaya, lalu oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Sifat inflamasi yang tinggi dari minyak kayu putih, sangat cocok untuk merawat kulit yang berjerawat dan mampu menyamarkan bekas noda jerawat pada wajah.

3. Mengatasi Kulit Berminyak 
Masalah kulit berminyak, sering di alami saat masa pubertas, biasanya terjadi karena kadar hormon sedang tidak seimbang dari tubuh sehingga mengakibatkan sekresi pada kelenjar minyak yang berlebihan, bahkan bila dibiarkan dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Tidak hanya mengganggu, kondisi  ini juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Apabila kondisi seperti menimpa Anda, Anda dapat  menggunakan manfaat minyak kayu putih sebagai solusinya. Minyak kayu putih mempunyai sifat astringent yang kuat, sehingga dapat mengurangi kadar minyak yang  berlebihan pada wajah. Anda hanya cukup mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air bersih, lalu oleskan pada wajah yang berminyak menggunakan kapas.

4. Sebagai Distress Pernapasan
Apabila Anda sedang mengalami masalah pada saluran pernapasan yang biasanya dikarebakab oleh batuk,  infeksi pneumonia, flu, bronkitis maupun sleep apnea (COPD), Abda dapat menggunakan minyak putih sebagai alat bantu agar meringankan rasa sesak pada dada serta hidung yang tersumbat. Minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk mengencerkan dahak dan mengeluarkan lendir dari paru-paru, sehingga saluran pernapasan akan terasa lebih ringan dan rasa sesak akan berkurang. Anda dapat mencobanya dengan meneteskan setidaknya 20 tetes minyak kayu putih pada baskom yang berisi air mendidih, Lalu hirup uap dari air campuran minyak kayu putih tersebut.

5. Menghilangkan Ketombe
Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kayu putih sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencampurkan minyak kayu putih dengan minyak kelapa, Lalu oleskan secara merata pada bagian kulit kepala lalu pijat lembut hingga dua puluh menit. Lakukan hal ini secara rutin, dan lihatlah hasilnya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, minyak kayu putih juga dapat meningkatkan elastisitas rambut sehingga rambut kamu akan terhindar dari rambut patah maupun rambut rontok.

6. Mencegah Kaki dari Gangguan Jamur Kaki
Terlalu lama menggunakan sepatu, ditambah lagi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, tidak jarang membuat kaki berkeringat bahkan membuat bau yang tidak sedap, tidak hanya itu, kemungkinan kaki menjadi berjamur sangat besar. Apabila sudah seperti ini Abda dapat memanfaatkan kandungan antijamur pada minyak kayu putih agar mencegah timbulnya jamur-jamur yang ada pada kaki, Anda hanya cukup menyiapkab air hangat yang telah di campur dengan beberapa tetes minyak kayu putih, lalu rendam kaki Anda dalam air tersebut, usahakan melakukab hal tersebut setelah pulang beraktifitas atau bekerja. Selain dapat melemaskan otot-otot kaki yang tegang, rendaman air yang di campur minyak kayu putih juga bermanfaat untuk menghilangkan jamur-jamur yang ada pada kaki.

7. Pengganti Hand Sanitizer
pernahkah Anda kehabisan hand sanitizer, namun ingin tetap bersih sebelum makan. Tidak perlu khawatir, jika hand sanitizer Anda habis tapi Anda memiliki minyak kayu putih. silahkan gunakan minyak kayu putih tersebut layaknya hand sabitizer, karena didalam minyak kayu putih mengandung antibakteria yang bermanfaat untuk membunuh bakteri tertentu dalam tubuh, sehingga mencuci tangan menggunakan air campuran minyak kayu putih sebelum makan, sama halnya membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer karena sifatnya yang sama, yakni melawan dan menghilangkan bakteri.

8. Sebagai Bahan Campuran Untuk Memaksimalkan Kinerja Sunscreen
Beraktivitas diluar ruangan akan membuat sering terkena sinar matahari, walaupun sinar matahari tergolong baik dan di butuhkan bagi kehidupan bumi. Namun tidak dapat dihindari apabila terus-terusan terkena paparan sinar ultraviolet yang terkandung juga akan berdampak tidak bagus untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas diluar ruangan. Namun terkadang hasil dari sunscreen sendiri kurang maksimal, bila seperti itu Anda dapat mencampurkan minyak kayu putih pada setiap olesan sunscreen yang Anda gunakan, sehingga kinerja dalam melindungi seluruh kulit dari terik matahari akan lebih optimal.

9. Campuran yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rumah
minyak kayu putih juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk membersihkan dab menjaga kesehatan rumah. Mungkin Anda masih asing mendengar dari manfaat kayu putih ini, namun sifat antimikroba yang di miliki minyak kayu putih dapat mengoptimalkan  pembersih untuk mengatasi berbagai masalah rumah terutama yang berhubungan dengan masalah kuman. Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan air pel dan gunakan untuk mengepel lantai, atau mencampurkan minyak kayu putih dengan pembersih toilet untuk membersihkan toilet Abda, dan bahkab mencampurkan minyak kayu putih dengan pembersih jendela. Selain efektif untuk menjaga kebersihan rumah. campuran minyak kayu putih dengan sabun pembersih juga lebih sehat, karena dapat membunuh kuman dan bakteri di rumahmu.

10. Aromaterapi Saat Stres 
Stres yang berlebih ialah salah satu perusak dari keproduktifan pada seseorang, bahkan bila terus-menerus dibiarkan stres akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apabila sudah seperti itu, Anda dapat mencoba aromaterpai dari minyak kayu putih, hiruplah aroma khas dari minyak kayu putih dan rasakan seluruh stres dan ketegangan yang Anda rasakan, perlahan-lahan akab menghilang. Hal ini dapat terjadi karena di dalam minyak kayu putih mengandung zat analgesik yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran Anda, mengurangi kabut otak, kelesuan, dan meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya itu saja, aromaterapi dari hasil olahan Melaleuca leucadendra ini juga bermabfaat untuk mengusir kecemasan dab mendorong perasaan percaya diri.

11. Meredakan Batuk
Campur beberapa tetes minyak kayu putih dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Hal ibi bisa mengurangi rasa sakit karena batuk dan tenggorokan akan merasa jauh lebih baik.

12. Dapat Membersihkan Layar Handphone
Smartphone Anda kotor karena sering di pakai, entah itu debu ataupun minyakdengan dari sisa-sisa makanan yang menempel, maka ambillah minyak kayu putih dan kapas, tuangkan minyak kayu putih ke atas kapas, lalu bersihkan layar handphone Anda menggunakan kapas tersebut, dan lihat hasilnya.

13. Pencegah Kutu Pada Hewab Peliharaan 
Campur beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air untuk mandi anjing peliharaan Anda, agar dapat melindungi anjing dari kutu dan parasit lainnya

14. Mengobati Sakit Gigi 
Minyak kayu putih juga bermanfaat dalam kasus sakit gigi, karena minyak kayu putih ini ialah bahan umum dalam produk perawatan gigi seperti pasta gigi, obat kumur, dll.

15. Untuk Memijat 
Mencampur minyak kayu putih dengan minyak lainnya untuk pijat memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran. Karena ini dapat membantu menghilangkan kelelahan, nyeri tubuh, dan nyeri otot.

Simak juga ;


EmoticonEmoticon