Monday, December 11, 2017

Apa itu Degenerasi Makula?

Macular degeneration atau degenerasi makula merupakan gangguan mata yang mempengaruhi kemampuan untuk melihat, ini merupakan penyebab utama dari kebutaan. Degenerasi makula mempunyai dua jenis yaitu macular degeneration kering dan macular degeneration basah. Kedua jenis tersebut biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia. Oleh sebab itu disebut dengan macular degeneration akibat penuaan.

degenerasi makula

Tanda dan Gejala Degenerasi Makula

Gejala dan ciri yang muncul tergantung dari jenis degenerasi makula. Terdapat tanda-tanda dan gejala yang berbeda:
  • Macular degeneration kering:
Gangguan penglihatan, rasa kabur saat melihat objek. Ketika penyakit semakin memburuk, titik redup akan muncul diantara penglihatan dan menjadi lebih gelap.
  • Macular degeneration basah:
Gejala yang umum ialah penderita akan melihat penglihatan terdistorsi pada pusat pandangan, seperti, garis yang lurus menjadi bergelombang atau penglihatan pusat terlihat redup, kesulitan penglihatan juga dapat terjadi. Ada beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mempunyai keluhan yang sama, silahkan konsultasikan kepada dokter.

Penyebab Degenerasi Makula

Pebyebab dari penyakit ini tergantung pada jenisnya, degenerasi makula disebabkan oleh:
Macular degeneration kering, Penyebab yang umum ialah karena sel-sel peka cahaya pada titik makula perlahan-lahan menurun kemampuannya
Macular degeneration basah, Terjadi saat pembuluh darah abnormal dibelakang retina mulai tumbuh. Pembuluh darah baru yang rapuh mengakibatkan perdarahan dimakula. Hal itu ialah alasan utama yang mengakibatkan kebutaan.

Faktor risiko

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi macular degeneration ialah;
  • Usia, semakin tua usia seseorang maka akan semakin rentan, terutama yang berusia diatas 60 tahun
  • Riwayat keluarga 
  • Merokok
  • Obesitas
  • Pola makan yang tidak sehat
Tidak ada risiko yang tidak berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala diatas hanya sebagai referensi saja.

Cara Penanganan

Pengobatan sejak dini sangat dianjurkan, Bila seseorang mengidap degenerasi makula tahap awal, maka ia harus mengonsumsi vitamin,zinc, antioksidan, dan berhenti merokok agar pengobatan lebih efektif. Cara tersebut tidak membuat penglihatan dipulihkan seperti semula namun dapat mencegah perkembangan penyakit. Jika macular degeneration kering menyerang dan sudah dalam tahap akhir, maka tidak ada pengobatan yang bisa mencegah kehilangan penglihatan.

Pengobatan macular degeneration basah termasuk operasi laser ataupun fungsi terapi fotodinamik. Keduanya tidak dapat menyembuhkan sepenuhnya akan tetapi bisa memperlambat laju kehilangan penglihatan.

Pengobatan yang terbaru termasuk suntikan zat antibodi monoklonal dan faktor pencegah berkembangnya vasodilatasi endotel langsung ke mata. Akan tetapi cara tersebut akan membuat pasien tidak nyaman dan mata terasa sakit.

Simak juga


EmoticonEmoticon