Monday, December 11, 2017

Cara Mengobati Mata Belekan

Mata belekan ialah suatu kondisi dimana mata mengeluarkan lendir atau mukus yang berlebih karena adanya infeksi atau radang pada mata. Umumnya belekan disebabkan oleh lendir yang sifatnya kental dan banyak keluar saat malam hari sehingga si penderita akan kesulitan membuka mata pada pagi harinya.

belekan

Cara Mengatasi Mata Belekan

Obat mata belekan tergantung dari penyebab mata belekan itu sendiri. Ada bermacam-macam penyebab mata belekan.
Kompres Mata Kompres mata ialah cara paling mudah yang dapat Anda dilakukan. Gunakanlah air hangat yang bersih dan jangan lupa kain bersih. Letakkan kain basah hangat yang telah diperas pada mata belekan. cara ini ampuh untuk mengurangi bengkak dan dapat ‘mengencerkan’ belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Akan tetapi secara umum cara ini dapat dipakai untuk mengatasi semua jenis belekan. Tapi perlu Anda ingat kompres mata tidak membunuh kuman namun hanya menghilangkan gejalanya saja.

Jangan Gunakan Obat Tetes Mata Terlalu Sering Memakai obat tetes mata bisa menyembuhkan mata belekan atau mata merah. Akan tetapi ada beberapa obat tertentu yang tidak boleh digunakan terlalu sering tanpa tujuan yang jelas. Pemakaian obat tetes mata yang boleh dipakai secara terus menerus hanya yang mengandung air mata buatan saja. Hindarilah membeli obat mata yang mengandung antibiotik, ‘pemutih mata merah’ dan kortikosteroid tanpa adanya resep dari dokter. Jangan memakai obat tersebut dalam jangka waktu yang lama apalagi tanpa resep dari dokter. Hal itu bisa menyebabkan mata radang dalam jangka panjang dan bahkan menimbulkan kebutaan jika dipakai dalam waktu yang lama tanpa adanya tujuan yang jelas.

Jangan Menggaruk Mata Menyentuh dan menggaruk mata yang belekan sangat tidak disarankan. Apabila Anda menyentuh mata, maka kemungkinan kuman yang berasal dari satu mata akan berpindah ke mata lainnya. Menyentuh dan menggosok mata yang belekan juga dapat memperparah proses infeksi pada mata .Apabila Anda ingin membersihkan mata Anda dari belek, maka lakukan dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke air panas. kemudian tempelkan pada mata  sambil digosok dengan lembut, setelah itu cuci kain hingga bersih.

Hindari Hal-hal yang Menimbulkan Alergi Pada Mata Salah satu penyebab mata belekan ialah reaksi alergi pada mata Anda. Umumnya, belekan muncul pada penyakit mata yang alergi tidak sekental dan warnanya tidak sekuning atau sehijau mata belekan yang disebabkan oleh infeksi kuman. Obat mata belekan karena alergi yang paling baik ialah dengan menghindari zat atau hal yang membuat mata alergi. Hal yang membuat mata alergi bisa berasal dari mana saja, contohnya debu, sabun, alat atau zat dari make up, bedak, dan lainnya. Perhatikan kapan mata menjadi gatal dan berair agar membantu menemukan penyebab alergi pada mata.

Berobat ke Dokter Penyebab mata belekan banyak yang dikarenakan infeksi kuman terutama bakteri. Agar dapat mengatasinya, diperlukan tetes mata yang mengandung antibiotik. Akan tetapi Anda perlu memeriksakan diri ke dokter supaya dokter bisa mendiagnosis apakah masalah pada mata  disebabkan oleh infeksi atau bukan. Dan jangan membeli obat tetes mata dengan antibiotik sendiri.

Lepas Lensa Kontak Pemakaian lensa kontak saat mata belekan tidak memberikan efek yang baik. Lensa kontak yang ditempelkan dikornea mata akan menghalangi kornea mendapatkan udara dan oksigen.  Ketika mata belekan, terjadi radang pada mata, keadaan tersebut dapat memperburuk kornea jika mata kekurangan oksigen. Keadaan ini dapat menimbulkan radang pada kornea yang lebih berbahaya dari mata belekan biasa.

Simak juga;


EmoticonEmoticon