Tuesday, July 11, 2017

WOW, Inilah 15 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Tahukah Anda bahwa musik yang setiap hari selalu kita dengar, mempunyai  kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa dapat membuat seseorang menjadi sedih, riang, bahkan dapat membuat seseorang terharu dan tidak jarang hingga menetekan air mata. Begitu besarnya pengaruh beberapa bait syair yang dimainkan dengan alunan kord-kord sederhana dari sebuah lagu.

WOW, Inilah 15 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mendengarkan lagu dapat memberikan efek yang nyata pada berbagai bagian otak yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek, seperti memori dan visual. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik dapat mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh serta  pikiran,,dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik.

Manfaat Yang Kita Dapat Dari Mendengarkan Musik 

1. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan juga kecerdasan
Pendidikan musik yang di berikan kepada anak-anak usia dini dipercayai dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual serta verbal anak. Dengan memainkan alat musik merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

2. Meningkatkan suasana hati
Mendengarkan musik dapat membuat otak Anda melepaskan dopamine, dopamine merupakan suatu bahan kimia yang berfungsi untuk membangkitkan mood Anda secara cepat.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Musik akan menenangkan pikiran dan jiwa, sehingga membantu untuk tidur nyenyak. Disamping itu , musik dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga menyembuhkan insomnia.

4. Menyehatkan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja pada jantung. Musik dengan tempo tinggi bisa meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik dengan irama  slow akan menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien yang mengidap penyakit jantung dapat memilih musik yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

5. Mengontrol tekanan darah
Mendengarkan musik slow secara teratur mampu membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah studi mengemukakan bahwa dengan mendengarkan musik klasik setiap harinya, terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi secara signifikan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mendengarkan jenis musik tertentu mengakibatkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, dengan mendengarkan musik tempo yang tinggi selama 50 menit mampu meningkatkan kadar antibodi didalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

7. Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
Mendengarkan musik pada lansia bisa membantu dalam mempertahankan kesehatan otak dan mencegah penuaan otak atau biasa di sebut kepikunan.

8. Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin
Janin yang selalu diperdengarkan dengan musik sejak dalam masa kandungan, mempunyai perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu juga, bayi tersebut  akan mempunyai kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

9. Mengembalikan ingatan yang hilang
Musik mampu membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Hal ini dikarenakan bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori diotak.

10. Mengendalikan nafsu makan
Mengkonsumsi makanan dengan didampingi musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Apabila tips ini Anda coba secara rutin, maka Anda akan mengalami penurunan berat badan.

11. Membuat pasien rileks sebelum operasi
Pasien sering merasa takut dan stress, saat  hendak dioperasi. Dengan mendengarkan musik, pasien bisa bersantai serta memenangkan pikiran.

12. Mengendalikan mood saat mengemudi
Mengemudi sambil mendengarkan musik ialah hal yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal tersebut karena musik  dapat membuat pengemudi merasa gembira dan terhindar dari stres karena kondisi jalanan.

13. Meningkatkan olahraga
Mendengarkan musik sambil berolahraga dapat meningkatkan daya tahan, mood serta mengalihkan perhatian dari segala bentuk ketidaknyamanan dan kelelahan.

14. Mempercepat proses pemulihan setelah olahraga
Mendengarkan musik yang slow akan membuat pikiran kita rileks dan meringankan otot-otot dan rasa sakit, sehingga proses pemulihan setelah olahraga akan berlangsung lebih cepat.l

15. Meredakan nyeri
Musik mempunyai sifat sebagai pengatur nyeri. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis dan rasa sakit setelah operasi. Bahkan, terapi musik kini telah digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi.

Itulah beberapa manfaat dari musik, sangat berguna sekali bukan, hal yang biasa kita dengar ternyata sabgat banyak manfaat yang ada di dalamnya, yuk dengerin musik.

Sumber :magwuzz.com

Simak juga; 


EmoticonEmoticon