Tuesday, July 11, 2017

Inilah12 Manfaat Yang Terkandung Dari Susu Sapi

Masih ingatkah nda dengan slogan 4 sehat 5 sempurna? Anda pasti mengetahui bahwa susu menjadi satu-satunya nutrisi penyempurna bagi kebutuhan gizi tubuh manusia. Tidak memandang umur dan golongan, mengkonsumsi susu sangat dibutuhkan mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang tua hingga lansia Susu mempunyai  kandungan gizi yang luar biasa, terdapat  protein, lemak, vitamin A, vitamin D, zat besi, mineral kalsioum, tiamin, zinc dan juga kandungan karbohidrat.

Inilah12 Manfaat Yang Terkandung Dari Susu Sapi

Ada banyak jenis susu yang bisa d ikonsumsi seperti susu sapi, susu kambing, susu onta, dan susu kedelau untuk yang tidak suka susu hewani karena alergi atau karena alasan lain, dan Air Susu Ibu (ASI) sebagai makanan utama bayi mulai usia 0-24 bulan. Semua jenis susu di atas mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Kali ini saya akan membeberkan 

Manfaat mengkonsumsi susu sapi, berikut manfaatnya 

1. Susu sapi baik untuk kesehatan tulang
Susu sapi sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tulang, hal itu karena susu sapi mempunyai kandungan kalsium, magnesium, fosfor dan protein yang sangat esensial.

2. Susu sapi mengandung sembilan gizi penting
Susu sapi mempunyai sembilan kandungan gizi yang penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan yang ada di dalamnya ialah  protein, vitamin A, vitamin B 2, vitamin B 12, vitamin D, Kaslium, Fosfor, Niasin, dan Kalium, lengkap sekali ya.

3. Minum susu sapi memberi gizi alami yang seimbang
Susu sapi mengandung zat gizi yang terbilang lengkap seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak serta mineral yang bisa mencukupi kebutuhan gizi tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi susu sapi kesehatan Anda akan semakin terjaga.

4. Susu sapi mampu menurunkan tekanan darah
Hanya dengan mengkonsumsi 3 porsi susu sapi ataupun produk olahan susu sapi, disertai dengan mengkobsumsi buah-buahan sehat bisa mengurangi tekanan darah pada anak-anak dan juga dewasa.

5. Susu sapi mampu mengurangi risiko penyakit jantung
Sebuah penelitian di salah satu universitas di Inggris, Cardiff University memaparkan bahwa meminum susu sapi setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga akan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

6. Susu sapi bermanfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2
Salah satu penelitian mengemukakan bahwa pria yang rutin meminum susu sapi rendah lemak memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang sangat kecil dibandingkan dengan pria yang tidak suka minum susu sapi. Penelitian yang lain juga menemukan bahwa dari 37.000 wanita dewasa yang rutin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko sangat kecil terkena diabetes tipe 2.

7. Susu sapi baik untuk kesehatan gigi
Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu sapi dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Kandungan protein membantu melindungi email gigi.

8. Susu sapi menurunkan risiko kanker payudara
Sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan di Norwegia mengemukakan bahwa ari 45.000 responden wanita terungkap, bahwa wanita yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi susu sapi dari kecil dan terus berlanjut hingga dewasa lebih tahan terlindung dari penyakit kanker payudara.

9. Susu sapi menjaga kecantikan wanita
Wanita yang rutin mengkonsumsi susu sapi, tulang dan gigi mereka menjadi lebih terjaga kesehatannya, lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Kandungan protein pada susu sapi membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Sedangkan kandungan vitamin A, biotin, vitamin B6 dan kalium secara bersama-sama menjaga rambut tetap berkilau dan juga lembut.

10. Susu sapi dapat menetralisir racun dalam makanan
Susu sapi dapat berfungsi sebagai toksin atau penetralisir racun dalam makanan seperti logam, cadmium serta timah yang diserap oleh tubuh. Wajar bila ada larangan minum obat dengan susu. Walaupun tidak sepenuhnya benar, ada beberapa kandungan obat yabg akan kehilangan khasiat dan menjadi netral ketika di minum dengan minum susu seperti Tetrazykline (seperti Doxycyclin dan Minocyclin) dan beberapa Fluorchinolone (terutama Ciprofloxacin dan Norfloxacin). Solusi terbaik saat meminum obat adalah dengan air putih saja.

11. Susu sapi membuat tidur makin berkualitas
Susu sapi mempunyai kandungan zat yang dapat merangsang hormon melatonin. Melatonin merupakan hormon yang merangsang datangnya rasa mengantuk. Karena rangsangan inilah, orang yang minum susu sapi menjadi mudah tidur dan pulas.

12. Susu sapi mencegah pertumbuhan kanker usus besar
Kandungan asam linoleat terkonjugasi (bagian dari komponen lemak alami) dan kalsiumnya, mampu menghambat serta mencegah kanker usus besar. Setidaknya dengan mengkobsumsi susu sapi satu gelas per hari mampu  mengurangi risiko terkena kanker usus besar hingga 15%.

Sangat banyak sekali bukan manfaat dari susu sapi, yuk minum susu sapi agar terhindar dari penyakit serta menjadikan kita kuat dan sehat.

Sumber: samishare.com

Simak juga; 


EmoticonEmoticon