Monday, July 10, 2017

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Mata Lelah

Menghabiskan waktu menatap layar komputer atau gaya hidup yang stres dapat mengakibatkan mata menjadi  lelah. Sangat disarankan untuk mengistirahatkan mata walaupun hanya sejenak agar menjadi lebih ringan.

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Mata Lelah

Gaya hidup stres ialah alasan penyebab mata menjadi lelah. Kondisi mata lelah di tandai dengan bengkak pada sekitar mata, bersamaan dengan berat pada mata dan juga kepala. Seseorang yang mengalami mata lelah merasa kelopak mata mereka terasa berat, bahkan hal tersebut dapat terjadi walaupun mereka tidak mengantuk. 

Penyebab Mata Lelah

1. Terlalu lama di depan komputer
Menatap terus menerus layar monitor komputer bisa mengakibatkan ketegangan pada mata, dan akhirnya mata akan menjadi lelah.

2. Istirahat yang tidak cukup
Stres di tempat kerja maupun dirumah serta lingkungan tidur yang bising dapat mengakibatkan kurang tidur pada malam hari. Kurang tidur ini akan mengakibatkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam di sekitar mata juga akan terlihat apabila seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Kegiatan membaca
Membaca buku tanpa adanya beristirahat akan mengakibatkan mata lelah. Membaca berlebihan terus-menerus dalam pencahayaan yang redup juga akan mengakibatkan  ketegangan pada mata Anda.

4. Fisiologi
Genetika juga bisa menjadi alasan mata lelah, Penyebab Mata Bengkak atau perubahan warna pada mata. Faktor usia juga mengakubatkan  pengenduran otot-otot mata.

5. Pola makan
Penurunan asupan air bisa mengakibatkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12, vitamin D, vitamin K dari makanan juga mengakibatkan mata menjadi lelah.
Tidak hanya itu saja, penyebab mata lelah lainnya ialah polusi lingkungan, merokoka,  pasokan oksigen yang tidak memadai ke kornea, alergi, dan konjungtivitis.

     -Gejala mata lelah
     -Sakit mata 
     -Penglihatan kabur 
     -Mata terasa terbakar
     -Iritasi pada mata 
     -Mata berair
     -Mata terasa berat
     -Mata merah
     -Mata kering
     -Gatal pada mata
     -Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya

Cara megobati mata lelah

Walaupun mata lelah kondisi tidak menjadikan fatal, namun  hal tersebut ialah stres bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan yang tidak boleh di abaikan dan harus diobati. Apabila tidak ditangani, hal tersebut akan  menjadi lebih buruk dan mengakibatkab penglihatan menjadi kabur. Berikut ini merupakan beberapa cara mengobati mata lelah.
  • Setiap anda berada di tempat kerja, luangkan waktu untuk bersantai. Berpalinglah dari layar komputer dan memutar mata anda dikedua arah. Cobalah Anda berkedip lebih sering. dan lihatlah disekitar ruangan atau Anda dapat menutup mata selama satu menit. Dengan melakukan hal tersebut akan membantu mengurangi stres secara keseluruhan pada mata, dan anda tidak akan merasa  lelah setelah bekerja.
  • Mentimun memiliki sifat pendinginan dan juga dapat mengurangi ukuran pembuluh darah, sehingga bisa mengatasi mata yang bengkak. Iris mentimun lalu letakkan irisan mentimun pada kelopak mata Anda. Usahakan berbaring di kursi dan bersantai. Setelah irisan mentimun terasa tidak segar lagi atau suhunya sama dengan suhu tubuh Anda, gantilah dengan potongan mentimun yang baru atau segar. Cara ini akan mengurangi bengkak pada mata 
  • Gunakan air mawar untuk menangani mata yang lelah.  Celupkan kapas ke dalam larutan air mawar, kemudian taruh diatas mata, hal ini dapat membantu meringankan ketegangan pada mata.
  • Kafein yang ada pada teh dapat membantu menenangkan mata yang lelah. Buatlah secangkir teh panas, lalu usahakan uap yang ada pada teh tersebut mencapai mata anda. Hal ini dapat mengurangi bengkak dan juga membuat anda merasa lebih segar.
  • Anda juga dapat memasukkan kapas ke dalam air susu yang dingin lalu letakkan di atas mata  yang lelah sambil terpejam.
  • Apabila mata Anda merasa sangat lelah saat Anda berada di tempat kerja, maka pergilah ke kamar kecil dan mencuci muka dengan air dingin. Air dingin bisa membantu meringankan rasa lelah pada mata Anda.
  • Menempatkan sendok dingin di mata. Salah satu pengobatan mata lelah yang sederhana untuk ialah dengan meletakkan dua sendok (yang sebelumnya diletakkan di lemari es)  ke mata Anda. 
  • Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari dapat membantu merilekskan mata dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.
  • Menggunakan kantong teh dingin, Seduh dua kantong teh dalam rebusan air di panci kecil, setelah mendidih matikan api, lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan pada mata dan buatlah kondisi yang rileks.
Simak juga; 


EmoticonEmoticon