Friday, July 28, 2017

6 Manfaat Makan Menggunakan Tangan

Apakah Anda tipe orang yang sering makan dengan menggunakan tangan atau sendok? Ternyata, makan dengan menggunakan tangan banyak manfaatnya lho, bila dibandingkan dengan menggunakan sendok. setiap jari merupakan perpanjangan dari lima elemen. Anak pada usia balita akan mengisap ibu jari mereka karena hal tersebut merupakan cara alami agar membantu pencernaan.
Apabila Anda mengalami gangguan pencernaan, maka cobalah untuk makan dengan menggunakan tangan Anda karena ujung jari mempunyai sensasi saraf dalam tubuh.

6 Manfaat Makan Menggunakan Tangan

Berikut ini merupakan manfaat dengan makan menggunakan tangan, 

1. Melindungi mulut
Tangan bisa bertindak sebagai sensor suhu yang efektif. Saat Anda menyentuh makanan yang panas, hal tersebut dapat mencegah mulut dari sensasi terbakar dari makanan yang panas tersebut.

2. Memperbaiki pencernaan 
Ketika anda menyentuh makanan dengan tangan, otak akan memberi sinyal perut jika anda akan makan. Kebiasaan ini akan membantu pencernaan menjadi lebih baik karena akan fokus pada makanan dan sadar memegang seberapa besar jumlah makanannya.

3. Mengurangi risiko diabetes
Dalam jurnal Clinical Nutrition memaparkan bahwa makan cepat berisiko tinggi akan mengalami diiabetes tipe 2. Jika diperhatikan, seberapa seringkah Anda makan menggunakan alat makan? Anda bisa mencoba menggunakan tangan ketika makan, dan lihat kecepatan yang bisa dikurangi, dengan begitu anda dapat mengurangi dampak yang diakibatkan makan dengan cepat.
4. Mencegah makanan berlebih ketika  di restoran
Sebuah studi memaparkan bahwa apabila wanita berusia paruh baya yang makan di luar rumah lebih menggunakan tangan untuk makan, Dan ternyata 3 kali lipat lebih perhatian terhadap makanannya. Cara ini dapat mengurangi masalah asam, dan disisi lainn mereka dapat menikmati makanan tersebut tanpa adanya rasa cemas akan bertambahnya berat badan.

5. Cara agar untuk ramping
Sebuah penelitian di Selandia Baru mengungkapkan bahwa wanita yang makan aaat lapar saja mempunyai berat badan ideal daripada wanita yang makan tidak memakai aturan, dan  ketika seseorang makan menggunakan tangan sambil membaca Koran ataupun menonton televisi kemungkinan jarang lapar dan hanya sedikit memakan cemilan.

6. Bacteria
Ada jenis bakteri tertentu  didalam tubuh kita yang dapat membantu terhindar dari bakteri berbahaya di sekitar kita, Saat kita memakan makanan menggunakan tangan, keanekaragaman bakteri akan terjaga. Namun, ada baiknya Anda mencuci tangan sebelum makan agar memastikan tidak ada bakteri patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Simak juga;


EmoticonEmoticon