Thursday, July 27, 2017

Apa Itu Biduran? Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Biduran atau juga disebut urtikaria merupakan reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah ataupun putih dan terasa gatal. Bilur ini biaa muncul di satu bagian tubuh atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lain. Ukuran dan bentuk bilur berbeda-beda, mulai dari beberapa millimeter sampai sebesar tangan. Salah satu penyebab biduran ialah alergi.

Selain gatal, ruam pada biduran juga bisa terasa perih. Ruam tersebut akan timbul di seluruh bagian tubuh, termasuk pada wajah, bibir, lidah, teggorokan, dan juga  telinga. Gejala biduran dapat berlangsung hingga beberapa jam atau hari.

Apa Itu Biduran Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Jenis-Jenis Biduran atau Urtikaria

Terdapat berbagai jenis biduran. 
  1. Urtikaria yang terjadi kurang dari enam minggu disebut sebagai biduran akut. 
  2. Urtikaria kronis merupakan biduran yang berlangsung lebih dari enam minggu, atau bersifat kambuhan hingga beberapa bulan atau tahun. Kondisi ini jarang terjadi. Urtikaria kronis biasanya merupakan gejala dari suatu penyakit lain yang diderita, contohnya penyakit lupus atau tiroid.
  3. urtikaria fisik Urtikaria fisik diakibatkan oleh stimulasi fisik secara langsung pada kulit, contohnya stimulasi suhu panas ataupun dingin, sinar matahari, tekanan, keringat atau getaran. 
  4. Urtikaria dermatographism ialah kondisi kulit yang terbentuk setelah menggaruk kulit dengan keras.
Biduran merupakan kondisi yang umum terjadi oleh semua orang untuk segala usia. Namun, biduran ini  lebih sering terjadi pada anak-anak dan para wanita diusia 30-60 tahun. Disamping itu, orang yang mempunyai riwayat alergi juga akan berisiko untuk mengalami biduran.

Penyebab Biduran 

Timbulnya bilur pada kulit dipicu dari tingginya kadar histamin dan senyawa kimia lain yang dilepaskan oleh lapisan di bawah kulit, sehingga mengakibatkan pembengkakan pada jaringan. Histamin dapat mengakibatkan bocornya cairan plasma dari pembuluh darah, alhasil terjadi penumpukan cairan atau angioedema. Kelebihan cairan tersebut juga menyebabkan kulit menjadi bengkak dan terasa gatal. Pelepasan histamin yang mengakibatkan biduran bisa dipicu dari berbagai hal, diantaranya;
  • Paparan udara panas ataupun dingin.
  • Kontak dengan penyebab alergi contohnya gigitan serangga.
  • Obat-obatan tertentu contohnya antibiotik dan antiinflamasi nonsteroid
  • Infeksi contohnya saja influenza
Penyebab pasti biduran belum bisa dipastikan. Namun beberapa faktor juga dapat memperburuk gejala-gejala yang ada, misalnya saja mengkonsumsi minuman beralkohol atau  minuman berkafein, suhu udara yang panas, dan stres.

Cara Mengobati Biduran 

Biduran atau urtikaria biasanya tidak membutuhkan pengobatan secara khusus. Gejala tersebut biasanya akan menghilang dalam kurun waktu beberapa hari. Apabila terasa sangat mengganggu, maka obat antihistamin dapat anda gunakan untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Untuk kasus yang lebih parah, konsumsilah tablet kortikosteroid.

Simak juga; 


EmoticonEmoticon