Wednesday, July 19, 2017

18 Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa air hangat mempunyai banyak khasiat atau manfaat yang jarang diketahui oleh orang-orang. Yang dimaksud air hangat disini ialah yang tidak berwarna, berbau dan tidak berasa. Air murni dan hangat lebih bagus untuk kesehatan dibanding dengan air yang sudah dicampur dengan gula. Air yang sehat ialah air hangat, murni, jernih dan sudah melalui proses pemasakan sehingga bakteri dan kuman yang ada di dalam sudah mati.

Daripada mencampurkan air hangat dengan gula atau semacamnya lebih baik hangat dicampurkan dengan perasan lemon segar, karena dapat menyehatkan tubuh. 

18 Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Berikut manfaat mengkonsumsi air hangat

1. Meredam Rasa Gatal Di Tenggorokan
Saat batuk, tentu akan merasakan bahwa tenggorokan terasa sangat gatal dan serak. Hal tersebut dikarenakan didalam tenggorokan terdapat virus batuk yang mengakibatkan rasa gatal. Dengan minum segelas air hangat dapat meredakan gatal pada tenggorokan. Rasa hangat dari air ini bisa menetralisir virus batuk yang ada dalam tenggorokan.

2. Menurunkan berat badan
Air hangat dapat bermanfaat supaya membuat metabolisme yang ada di dalam tubuh menjadi sehat. mengkonsumsi air hangat dapat membuat berat badan ideal. Sedangkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka campurkan air hangat  dengan beberapa perasan lemon segar dapat menurunkan berat badan bahkan bisa mencapai beberapa kilogram. Caranya sangat mudah, yaitu;
Ketika pagi hari, sebelum Anda memakan atau minum maka minumlah segelas air hangat. Dan jangan lupa untuk mencampurkan perasan lemon. Gunakanlah saringan teh supaya biji lemon tersebut tidak ikut masuk kedalam air. Dan jangan makan terlebih dahulu selama 15 menit supaya air hangat yang dicampur perasan lemon bereaksi. Cara kerja dari air hangat dengan perasan lemon ini ialah perasan air lemon akan memecah jaringan lemak yang menumpuk didalam tubuh yang ada pada beberapa bagian organ. Terutama dibagian lengan, paha dan perut.

3. Detok Alami
Air hangat dapat bermanfaat untuk proses detox alami. Detox ialah cara yang tepat supaya mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh. Racun banyak tersimpan di bagian usus, penyebabnya karena  usus adalah organ pencernaan yang dilalui oleh makanan yang sudah dicerna. Racun ataupun toksin tubuh banyak yang dihasilkan dari makanan. Makanan yang tidak sehat misalnya makanan berlemak, berminyak, tinggi pengawet,  kolesterol tinggi, pewarna dan pemanis buatan akan dicerna dan dialirkan ke usus.

Makanan yang tidak sehat tidak dapat diserap tubuh, sehingga racun dapat menempel pada usus. Detok ini berguna supaya mengeluarkan racun, terutama racun yang ada di usus, melalui keringat, urin dan feses. Apabila toksin tersebut tidak dikeluarkan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit terparah akibat toksin yang menumpuk diusus ialah kanker usus.

Cara melakukan detox menggunakan air hangat ialah dengan minum air hangat ketika bangun tidur, setelah minum usahakan tubuh menjadi berkeringat, atau Anda juga dapat minum air hangat sebelum tidur, usahakan supaya tubuh berkeringat. Apabila air hangat belum dapat membuat berkeringat, maka tambahkan sedikit air panas. Saat tubuh berkeringat, hal tersebut menandakan bahwa suhu tubuh sedang meningkat. Ketika suhu tubuh meningkat, racun akan dikeluarkan melalui keringat, dan sisanya dikeluarkan melalui urin dan feses. Lakukan hal tersebut secara teratur supaya toksin dapat terbuang semua. Apabila tidak ada toksin dalam usus, maka bisa terhindar dari risiko kanker usus. Terutama kanker usus besar dan kolorektal. Hasil yang maksimal dapat ditambahkan dengan perasan lemon dan madu.

4. Pencernaan Menjadi Lancar
Air hangat dapat mengakibatkan pencernaan menjadi lancar. Setelah anda mengkonsumsi sesuatu maka usahakan untuk tidak mengkonsumsi air es, sebaiknya mengkonsumsi air hangat. Alasannya adalah :
  • Air es dapat menggumpalkan minyak dan lemak di dalam tubuh. Minyak dan lemak yang telah tergumpal bisa mengakibatkan tumor bahkan kanker.
  • Air es tidak dapat menyerap kandungan makanan yang telah di makan, alhasil makanan dengan gizi apapun bila diimbangi dengan air es maka tidak dapat terserap oleh tubuh.
  • Air es dapat menciptakan timbunan lemak di dalam usus. Timbunan lemak yang ada pada usus dapat menganggu pencernaan.
Apabila setelah Anda mengkonsumsi makanan Anda mengganti segelas air es dengan segelas air hangat, maka anda dapat terhindar dari semua hal yang ada diatas. Hal itu karena 
  • Air hangat dapat membuat makanan terserap secara sempurna.
  • Air hangat mampu melarutkan minyak dan juga lemak bersama dengan peredaran darah didalam tubuh manusia, bukan menggumpalkannya ataupun menimbunnya.
  • Sisa makanan yang telah dicerna oleh tubuh dijadikan kedalam partikel-partikel kecil, sehingga memudahkan usus untuk membuangnya melalui feses.
5. Melancarkan Peredaran Darah
Air hangat berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Air panas dapat melebarkan pembuluh darah . Bila pembuluh darah melebar, maka aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

6. Menenangkan Dan Menghilangkan Stress
Air hangat juga mwmpunyai manfaat untuk psikis untuk seseorang. Bila anda sedang merasa stress. Sebaiknya saat pagi hari anda menikmati segelas air hangat sambil menghirup udara pagi dalam-dalam. Hal tersebut dapat menenangkan jiwa dan pikiran anda. Efeknya Anda akan merasa lebih tenang.

7. Membangkitkan Semangat
Saat pagi hari beberapa orang merasa malas untuk melakukan aktivitas. Misalnya membersihkan halaman rumah, membersihkan lantai rumah dan lain sebagainya. Apalagi dengan cuaca pagi hari yang dingin menambah rasa malas untuk beranjak dari tempat tidur. Agar membangkitkan semangat pagi, sebaiknya anda minum segelas air putih hangat terlebih dahulu. Rasa malaspun akan hilang dan digantikan dengan semangat yang ada di dalam diri anda.

8. Menghilangkan Kantuk
Manfaat minum air hangat sangat penting dirasakan pada pagi hari, karena masih  mengantuk. Mengantuk  bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya tidur yang tidak berkualitas, tidur terlalu larut malam ataupun bangun terlalu pagi. Agar mengatasi rasa kantuk tersebut maka minumlah air hangat. Usahakan hingga badan anda berkeringat. Dan rasakan setelah anda berkeringat karena segelas air hangat. Kantuk pun  hilang.

9. Meredakan Kaki Kram
Untuk anda yang merasakan kram di telapak kaki, sebaiknya anda mengatasinya dengan menggunakan air hangat. Minumlah air hangat yang dicampurkan dengan sedikit madu. Atau juga bisa merendam kaki di air hangat yang telah dicampur dengan garam hingga 15 menit, pijat-pijatlah telapak kaki secara lembut. Kram pun akan segera hilang dari telapak kaki anda. Yang harus diwaspadai dari kram ialah sebagai berikut :
  • Kram kaki disertai dengan kram di telapak tangan.
  • Kram yang muncul di waktu-waktu tertentu saja, misalnya saat malam hari dan menjelang pagi.
  • Jika kram tersebut berulang-ulang dan di waktu yang sama (malam hari dan menjelang pagi hari),  maka segera periksa kondisi kesehatan anda. Kram tersebut dapat menjadi indikasi diabetes, asam urat ataupun kolesterol.
10.Menciptakan Sistem Syaraf Sehat
Syaraf yang sehat dapat diciptakan dengan segelas air hangat. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi air hangat dapat melancarkan peredaran darah, peredaran darah yang lancar dapat menunjang aktivitas syaraf menjadi lancar. Aktivitas syaraf dan kinerja syaraf yang tidak terganggu dapat membuat sistem syaraf menjadi sehat.

11. Melegakan Hidung Dan Tenggorokan
Ketika terkena batuk dan pilek, seseorang akan merasakan ketidaknyamanan di dalam hidung dan tenggorokan mereka. Bagi yang batuk berdahak, tenggorokan akan dipenuhi dengan dahak. Alhasil dahak tersebut dapat menyumbat tenggorokan. Batuk yang disertai dengan pilek. Ketika pilek hidung pun akan tersumbat oleh ingus. Saat itulah, anda membutuhkan air hangat. Air hangat dapat melegakan hidung dan tenggorokan dari dahak dan ingus. Air hangat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga dapat melegakan hidung dan tenggorokan.

12. Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi dapat diredakan dengan menggunakan air hangat. Hal tersebut dikarenakan air hangat berfungsi sebagai antibiotik. Nyeri saat sakit gigi juga bisa diredakan menggunakan air hangat. Caranya sangat mudah, minumlah air hangat saat sakit gigi anda kambuh, setelah itu sering-seeinglah berkumur menggunakan air hangat.

13. Membuang Lemak
Air panas sangat efektif untuk membantu membuang lemak supaya dapat segera di proses menjadi air seni atau BAB, sehingga tidak menumpuk di usus. Hasilnya sangat memuaskan, lemak dalam usus akan hancur sebelum mengendap didalam tubuh.

14. Menghilangkan Bau Mulut
Efek minum air hangat selanjutnya ialah dapat menghilangkan dan meredakan bau mulut yang mengganggu. Air hangat efektif membantu mengurangi sisa makanan atau plak yang menempel di mulut yang menjadi salah satu penyebab adanya bau mulut yang mengganggu.

15. Menghilangkan Mual
Saat seseorang hamil muda, orang tersebut akan sering merasa mual ketika menggosok gigi. Agar dapat mengatasi mual tersebut, sebaiknya sebelum Anda menggosok gigi minumlah terlebih dahulu air hangat. Karena air hangat yang dicampurkan teh mint dapat meredakan rasa mual pada ibu hamil. Dan berkumurnya juga harus menggunakan air hangat.

16. Membuat Tidur Berkualitas
tidur yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan  seseorang terkena berbagai macam penyakit. Contohnya diabetes, jantung, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya. Agar membuat tidur anda berkualitas dan lebih nyenyak, sebaiknya Anda minum air hangat dicampur dengan teh beraroma mint sebelum tidur. Lebih bagus lagi bila menggunakan air hangat untuk merendam tubuh. Otot dan tubuh anda akan terasa rileks. Setelah tubuh rileks, anda akan tidur nyenyak tanpa terbangun di malam harinya.

17. Menyehatkan
Air hangat bermanfaat untuk menyehatkan organ tubuh. air hangat dapat bersifat menenangkan dan juga menghilangkan stress. Orang yang tingkat stressnya rendah dapat membuat seseorang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Penyakit yang sering menimpa orang dengan stress tinggi ialah jantung, stroke, darah tinggi bahkan kanker ganas.

18. Menepis Rasa Dingin
Cuaca hujan menimbulkan rasa dingin di kulit tubuh. Dengan minum air hangat dapat meningkatkan suhu pada tubuh. Suhu tubuh yang meningkat dapat bermanfaat untuk menepis serta menghilangkan rasa dingin.

Simak juga; 


EmoticonEmoticon