Wednesday, July 19, 2017

10 Cara Mengatasi Bau Mulut Yang Mengganggu

Bau mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Siapap saja dapat berpeluang mengalami gangguan bau mulut, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Walaupun di anggap sepele, bau mulu yang tidak ditangani dengan baik akan memberikan efek yang buruk. Mulai dari minder atau kehilangan rasa percaya diri, tidak di sukai orang lain, bahkan menjadi indikasi adanya penyakit serius.

Bau mulut ialah hal yang sepele, namun bila disepelekan akan dapat menghancurkan reputasi Anda. Tak peduli apakah Anda berwajah tampan/cantik, jika mulut Anda bau, Anda pasti akan kehilangan daya tarik, bahkan dicap jorok oleh orang-orang di sekitar Anda.

10 Cara Mengatasi Bau Mulut Yang Mengganggu

Cara mendeteksi bau mulut

Jilatlah telapak tangan Anda, lalu diamkan sampai air liur yang ada pada telapak tangan mengering, kemudian cobalah untuk mencium telapak tangan tersebut, apabila telapak tangan menimbulkan bau yang tidak sedap itu berarti mulut Anda mengalami masalah bau mulut. Namun, bila tidak, mulut Anda dalam keadaan normal.

Penyebab Bau Mulut

Air liur yang ada pada mulut berfungsi supaya membersihkan bakteri dan kotoran yang ada di mulut, penurunan kadar air liur akan mengakibatkan penumpukan bakteri yang ada disekitar mulut (gigi, gusi, dan juga lidah). Penumpukan bakteri tersebut yang menjadi penyebab bau mulut. Sehingga mulut akan mengeluarkan bau yang tisak sedap dan baunya menyengat.
  • Tidak menjaga kebersihan mulut
Mulut merupakan pintu masyk bagi segala jenis bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bila kebersihan mulut tidak terjaga,, maka akan mengajibatkan berbagai masalah kesehatan misalnya sakit gigi, gigi berlubang, sariawan, bau mulut dll.
  • Sariawan
Bau mulut yang tidak sedap juga dapat diakibatkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada area mulut seperti sariawan.
  • Luka Pencabutan Gigi
Ternyata ketika seseorang tidak pintar-pintar menjaga kebersihan mulut, bakteri yang ada di mulut bisa mengakibatkan infeksi pada luka. Sehingga mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menyengat
  • Banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan Merokok
Alkohol merupakan minuman yang dapat mengakibtakan bau mulut.
  • Penyakit yang berhubungan dengan perut dan usus
bau pada mulut juga dapat diakibatkan oleh penyakit yang berkaitan dengan perut dan usus, misalnya infeksi bakteri pada usus kecil dan lapisan perut, serta penyakit asam lambung.
  • Gigi berlubang
Gigi yang berlubang akan menampung kotoran dan bakteri. bila dibiarkan begitu saja,  kotoran dan sisa makanan akan berada di dalam gigi berlubang dalam jangka waktu yang cukup lama.  kotoran dan sisa makanan tersebut akan mengalami pembusukan dan menjadi sarang bakteri. Dan bakteri-bakteri tersebut akan mengakibatkan mulut mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap.
  • Menambal atau Mencabut Gigi yang Berlubang 
Jika gigi Anda sudah terlanjur mengalami gangguan kesehatan gigi seperti gigi berlubang, Anda dapat megunjungi dokter spesialis gigi untuk melakukan penambalan atau pencabutan gigi berlubang.
  • Gangguan Kesehatan pada Gusi
Bau mulut juga bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan pada gusi.
Gangguan kesehatan yang terjadi pada area gusi umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan plak pada gigi. Plak itulah yang mengandung bakteri yang bisa menghasilkan racun. Lalu racun-racun tersebut akan menyebabkan peradangan pada gusi.
Bila kondisi seperti ini terus menerus dibiarkan atau diabaikan tentu akan membahayakan gusi dan tulang rahang.

Cara mengatasinya 

1. Cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang 
Salah satu cara mengatasi karena bau mulut akibat gigi berlubang ialah dengan rajin menggosok gigi (pagi, siang, dan sebelum tidur). selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, rutin menggosok gigi juga akan membuat terhindar dari bau mulut. Usahakan ganti sikat gigi selama 3 bulan sekali.

2. Gunakan Obat Kumur Anti Bakteri
Selain rutin menggosok gigi, Anda dapat membiasakan berkumur setiapkali selesai melakukan menggosok gigi, gunakanlah obat kumur yang mengandung anti bakteri. Namun jangan terlalu sering, karena dapat semakin memperparah bau mulut.

3. Kunyah Permen Karet Tanpa Gula
Menguyah permen karet yang tidak mengandung gula dapat dilakukan untuk mencegah masalah bau mulut. Kareba salah satu penyebab bau mulut ialah akibat adanya penurunan kadat air liur.

4. Minum Cukup Air Putih
Rutin mengkonsumsi air putuh sebanyak 8 gelas setiap hari dapat menyehatkan tubuh, juga bisa membersihkan bakteri dan kotoran yang ada disekitar mulut. air putih tersebut bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang terdapat di organ usus. Apabila mulut dan usus terjaga kebersihannya, Maka Anda akan terhindar dari masalah bau mulut.

5. Jangan Lupa Sarapan
Rutin sarapan juga dapat mencegah bau mulut. Ketika Anda telat atau bahkan lupa sarapan, kadar asam dalam tubuh akan meningkat dan akan menyebabkan asam lambung atau maag. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan bau mulut.

6. Mengonsumsi Buah-buahan
Vitamin C berfungsi untuk membasmi bakteri yang jahat. Dengan mengonsumsi buah-buahan secara tidak langsung akan membuat terhindari dari masalah bau mulut. Karena vitamin C terkandung dalam buah-buahan.

7. Daun Kemangi
Anda dapat menggunakan daun kemangi guna menghilangkan bau mulut.  hanya dengan mengunyah beberapa helai daun kemangi, lalu telanlah daun kemangi tersebut. Lakukan cara tersebut 3 kai dalam sehari agar supaya hasilnya maksimal.

8. Teh Hijau
Teh hijau mempunyai kandungan yang penting untuk tubuh, dan kandungan tersebut disebut katekin. Zat katekin tersebut bersifat antioksidan yang mempunyai  banyak manfaat contohnya dapat mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dll. Teh hijau juga mempunyai sifat anti-bakterial, yang bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya ialah mencegah dan mengatasi bau mulut.

9. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi
Seperti yang kita ketahui bahwa kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan asam lambung. Ini merupakan salah satu alasan kenapa penderita maag kronis disarankan untuk tidak minum  kopi. Sedangkan asam lambung ialah salah satu penyebab bau mulut.
Jadi agar dapat mengatasi bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit yang berkaitan dengan perut dan usus (seperti asam lambung), sebaiknya menghindari penyebab-penyebab tersebut, dan salah satunya ialah kopi.

10. Memeriksa Kesehatan Gigi Secara Teratur
Selain rutin menyikat gigi, Anda juga dapat bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara teratur. Supaya Anda bisa melakukan pencegahan dini,

Itulah sebab-sebab bau mulut dan cara mengobati bau mulut yang sering menggangu dan selalu menurunkan tingkat rasa percaya diri seseorang, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Simak juga; 


EmoticonEmoticon