Friday, July 21, 2017

6 Dampak Buruk Membunyikan Persendian Hingga Berbunyi Kreekk

Jika Anda merasa pegal-pegal pada badan Anda, apakah yang biasanya Anda lakukan? Apa anda sering membunyikan pada bagian persendian?Terutama pada bagian jari - jari tangan, jari-jari kaki, leher, atau bahkan punggung? Ada baiknya mulai saat ini kebiasaan itu dikurangi sedikit demi sedikit. Memang rasanya lumayan melegakan jika sudah beraktivitas seharian penuh, badan terasa pegal-pegal, kemudian menggerakan anggota badan hingga bisa berbunyi "kreeekkk".

6 Dampak Buruk Membunyikan Persendian Hingga Berbunyi Kreekk

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut bila terus menerus dilakukan,  maka biaa menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari. Disamping itu, ada banyak bahaya yang akan mengintai tubuh, dibalik kegiatan membunyikan persendian tulang, berikut diantaranya ; 

1. Bergesernya Bantalan Sendi Tulang Belakang
Menurut dokter Benedictus seorang spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Dengan membunyikan persendian tulang punggung akan mengakibatkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Hal tersebut akan menyebabkan pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang.

2. Pelemahan Kekuatan Tangan
Persendian akan membesar disertai melemahnya kekuatan tangan. Dengan besaran pelemahan kurang lebih seperempat dari kekuatan tangan yang seharusnya. Membunyikan  jari tangan dan persendian tulang lainnya akan terasa saat seseorang sudah berusia yang tidak muda lagi.

3. Rapuhnya Tulang Rawan
Menurut Ketua German Rheumatologists Association, Edmund Edelma, Suara "kreeek" yang berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Membunyikan bagain ruas pada jari bisa merangsang keluarnya cairan sinovial, cairan ini akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan. Kebiasaan ini bila dilakukan secara terus-menerus tidak akan baik untuk kesehatan, karena menyalahi aturan persendian normalnya, serta dapat merapuhkan bahkan menghancurkan tulang-tulang rawan yang ada di dalamnya.

4. Hilangnya Kontrol Persendian 
Dengan membunyikan persendian dapat mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Agar dapat bergerak ruas jari membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Bila hal ini gagal dilakukan oleh otak, maka persendian anda akan susah untuk  digerakan dan akan terlihat seperti robot yang kak

5. Persendian menjadi Aus
Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus atau berlebihan misalnya 5 menit sekali mwmbunyikan, maka dapat berpotensi mengakibatkan  persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, bila kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan osteoarthritis (OA) atau peradangan pada sendi yang kronis di kemudian hari.

6. Bisa menimbulkan penyakit sendi
Jika seseorang sering membunyikan sendi jari-jari dan tulang leher dengan cara meregangkan keduanya hingga menimbulkan bunyi, Hal tersebut seharusnya dicegah walaupun sudah menjadi kebiasaan, Karena hal tersebut menyalahi aturan persendian pada umumnya. dampaknya juga tidak baik, yakni dapat merusak bagian tulang rawan pada jari-jari tangan dan juga leher. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, Maka dalam jangka panjang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit sendi yang cukup serius.

Itulah dampak buruk membunyikan persendian, mulai dari jari, punggung hingga leher. Maka mulailah untuk menghindari hal tersebut agar kesehatan persendian anda tetap kuat dan sehat di kemudian hari.

Simak juga;


EmoticonEmoticon