Tuesday, June 20, 2017

Bahaya Makan Dan Minum Sambil Berdiri!

Apakah Anda pernah mendengar larangan tidak boleh makan dan minum sambil berdiri? Atau bahkan tidak boleh makan dan minum sambil berjalan? Lalu apa alasannya, dan mengapa demikian? Berikut adalah alasan seseorang tidak boleh makan dan minum sambil berdiri dan berjalan.

makan dan minum sambil berdiri

Saat air masuk ke dalam tubuh dengan posisi duduk maka air tersebut akan di saring oleh sfringer. Sfringer merupakan struktur maskuler  berotot yang dapat menutup  dan membuka agar air kemih  dapat lewat. Sfringer tersebut hanya bekerja saat seseorang sedang duduk, saat seseorang makan dan minum dengan posisi berdiri, maka minuman dan makanan tersebut akan langsung masuk ke dalam tanpa adanya penyaringan sfringer terlebih dahulu. 

Saat seseorang meminum sesuatu, minuman tersebut akan langsung di salurkan ke "pos-pos" penyaringan yang ada di ginjal. Saat seseorang meminum sambil berdiri maka air yang diminum akan secara otomatis masuk tanpa di saring terlebih dahulu. Dan air tersebut akan langsung menuju pada kamdung kemih, ini hanya salah satu bahayanya meminum dengan posisi tubuh berdiri. 

Bahaya Makan Dan Minum Sambil Berdiri!

Saat air langsung menuju kandung kemih tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu. Maka akan terjadi pengendapan pada saluran ureter, karena adanya kotoran-kotoran yang ada pada saluran ureter ini merupakan awal adanya penyakit, penyakit yang biasanya muncul ialah kristal ginjal, seperti yang kita tau, kristal ginjal merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita.

Otot dalam keadaan tegang
Saat dalam kondisi berdiri, tubuh dalam keadaan tegang. Setiap organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak.Ini mengakibatkan seseorang tidak dapat mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.
Ketenangan tersebut hanya dapat di hasilkan saat seseorang dalam posisi duduk. Karena syaraf berada dalam kondisi yang tenang dan tentunya tidak tegang, sehingga sitem pencernaan akan siap untuk menerima makanan dan minuman.

Berakibat pada syaraf
Saat seseorang makan atau minum dalam keadaan berdiri atau bahkan berjalan maka dapat berdampak pada refleksi saraf. yang diakibatkan oleh reaksi saraf otak kesepuluh (saraf kelana) yang berada pada lapisan endotel yang mengelilingi usus.  Apabila refleksi ini terjadi secara tiba-tiba dan keras maka dapat mengakibatkan tidak berfungsinya saraf yang parah. 

Asam Lambung Naik
Apabila seseorang makan dalam keadaan posisi sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung tersebut akan naik ke esofagus dan mengakibatkan sel-sel kerongkongan teriritasi. Hal tersebut disebabkan pH asam lambung yang sangat asam (pH nya 1-2,5), Hal tersebut ditandai dengan adanya  gejala panas terbakar yang menyesak di dada heartburn.
Apabila seseorang tetap membiasakan makan dan minum dengan posisi berdiri dalam kurun waktu jangka panjang, maka iritasi sel-sel kerongkongan akan berakumulasi mengakibatkan kanker saluran esofagus

Makan dan minum dalam keadaan duduk itu lebih sehat,  dan lebih sopan. Hal itu  dikarenakan apa yang kita minum atau makan oleh seseorang, maka akan berjalan di dinding usus secara perlahan dan lembut. Apabila seseorang  minum sambil berdiri, akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus dan menabraknya dengan keras.

Apabila  hal itu terjadi berulang  kali, dalam jangka waktu yang lama,  maka dapat megakibatkan melar dan  jatuhnya usus sehingga  mengakibatkan disfungsi  pencernaan. Lambung dapat mengembang enam kali lipat ketika diisi sampai benar-benar penuh. Semakin banyak makanan yang tertampung di dalam lambung, maka lambung akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan asam lambung lebih banyak.
 
Namun, apabila lambung terlalu penuh, kelebihan asam lambung akan mengalir naik ke esofagus. Begitupula ketika kita tidur atau berbaring  setelah makan. Kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan, sama bahayanya dengan makan dan minum dalam keadaan  berdiri, karena iritasi sel kerongkongan yang mengundang kanker esofahus dalam kurun waktu jangka panjang.

Simak juga






EmoticonEmoticon