Wednesday, July 26, 2017

7 Kebiasaan Buruk Yang Dilakukan Di Kamar Mandi

Bagi sebagian orang, kamar mandi telah menjadi salah satu tempat paling favorit setelah kamar tidur.katena di dalam kamar mandi seseorang dapat dengan leluasa melakukan kegiatan yang membuat tubuh menjadi  lebih segar. Mulai dari membersihkan badan, hingga BAB ( buang air besar). 
Namun, perlu diketahui bahwa, kamar mandi adalah salah satu tempat yang membuat seseorang rentan terkena penyakit. Inilah beberapa kesalahan yang dilakukan orang-orang pada umumnya saat berada di dalam kamar mandi.

7 Kebiasaan Buruk Yang Dilakukan Di Kamar Mandi


1. Mencuci alat kelamin
Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mencuci alat kelamin yang baik dan benar.  Disarankan untuk membasuh alat vital, terutama perempuan, yaitu dari arah depan ke belakang. Bila dilakukan darir arah belakang ke arah depan, akan membawa bakteri dari rektum ke arah uretra sehingga akan memicu kemungkinan infeksi saluran kemih.

2. Terlalu lama ketika buang air
Terlalu lama buang air tidak baik untuk kesehatan anda karena jika terlalu lama duduk di kamar mandi dapat menyebabkan terserang penyakit wasir. Penyakit tersebut menyaakitkan, sebab terjadi pembengkakan pada vena, dan pendarahan pada sekitar anus. Sebaiknya anda banyak mengkonsumsi makanan yang berserat, dan perbanyak minum air putih.

3. Pembersih kewanitaan
Jangan mudah termakan oleh iming-iming iklan di televisi mengenai pembersih kewanitaan yang mengatakan dapat memberi berbagai manfaat untuk organ intim. Karena iklan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penggunaan berlebihan malah akan membahayakan diri Anda karena cairan pembersih kewanitaan dapat mengganggu ph normal, sehingga mengakibatkan gatal-gatal, iritasi, dan juga bintik merah pada kulit. Cukup hanya dengan cuci dengan sabun lembut dan air bersih.

4. Menggunakan alat pengering
Hembusan angin dari alat pengering membawa 27 kali lebih banyak mikroba. Maka sebaiknya gunakanlah handuk bersih untuk mengeringkan tangan setelah di kamar mandi.

5. Meletakkan sikat gigi dekat toilet
Meletakkan sikat gigi kedalam cangkir dekat dengan toilet merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang, bahkan dalam keadaan kepala sikat yang terlindungi oleh helm plastik. Setidaknya Anda harus meletakkan sikat gigi jauh dari toilet, lebih dari 1,2 meter. Apabila selama ini Anda  meletakkan sikat gigi dekat dengan toilet, maka segera buang sikat gigi dan ganti yang baru. Letakkan jauh dari toilet.

6. Pakaian jatuh ke lantai kamar mandi
Banyak orang berpikir bila pakaian jatuh ke lantai kamar mandi yang kering bukanlah menjadi masalah. Namun, sesungguhnya salah satu penelitian mengungkapkan bahwa tempat yang paling jorok di dalam kamar mandi ialah lantainya. Apabila pakaian Anda jatuh ke lantai kamar mandi, walaupun lantai tersebut tidak basah, sebenarnya pakaian itu sudah dikerubuti oleh bakteri. Maka jangan berpikir untuk memakainya lagi,  segera mencuci dan pakai pakaian lain.

7. Menggunakan telepon genggam di kamar mandi
Walaupun kelihatannya tidak jorok karena kamar mandi terlihat bersih, namun sesungguhnya kebiasaan menggunakan telepon genggam benar-benar tidak baik. Sebuah penelitian di Inggris tahun 2011 memaparkan bahwa satu dari enam telepon genggam mengandung zat dan bakteri yang berasal dari feses ataupun kotoran. Jangan sampai telepon genggam Anda menjadi salah satunya.
mungkin anda berpikir selama telepon genggam tidak menyentuh permukaan kamar mandi, maka telepon genggam Anda akan aman. Bukan berati telepon genggam anda bersih dari bakteri dan kuman, karena bakteri dan kuman dapat berada di udara, terutama saat Anda menyiram toilet setelah BAB ( buang air besar). Dari udara, bakteri tersebut dapat berakhir di mana saja, termasuk di telepon genggam Anda.

Simak juga; 


EmoticonEmoticon