Saturday, July 15, 2017

5 Bahaya Es Batu Dari Air Mentah Dan Tips Mengetahui Es Dari Air Matang Atau Mentah


Disaat terik matahari pasti akan lebih menyegarkan bila mengkonsumsi minum-minuman yang segar, seperti es campur, es buah,es kelapa muda, es teh, es jeruk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, ada baiknya Anda mewaspadai es tersebut, es yang dimasukkan ke dalam minuman merupakan es yang berasal dari air yang sudah di masak atau matang atau air mentah? Bila ternyata es yang Anda minum dari air mentah, maka ada baiknya Anda menhindari es air mentah tersebut, karena bila Anda mengkonsumsinya akibatnya akan buruk bagi kesehatan Anda. 

5 Bahaya Es Batu Dari Air Mentah Dan Tips Mengetahui Es Dari Air Matang Atau Mentah

Jika sumber air es batu tidak higienis atau air sungai maka dapat dipastikan mengandung bakteri yang berbahaya seperti adanya bakteri E Coli yang dapat memicu diare atau muntaber, tidak hanya  itu namun masih banyak lagi bakteri-bakteri yang mengintai kesehatan. Didalam proses pembekuan air yang menjadi es balok biasanya tidak dapat membunuh bakteri-bakteri tersebut, sehingga ketika es yang mengandung bakteri tersebut larut kedalam minuman yang di minum maka itu berarti sama saja menuangkan air mentah atau air sungai ke ldalam minuman apalagi bila di konsumsi oleh anak-anak yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah sehingga dapat memicu adanya penyakit. 

Bila es batu berasal dari es balok yang dijual oleh pedagang-pedagang es, yang harus di waspadai ialah pembuatan es batu tersebut, Anda sendiri tidak tahu kan bagaimana cara membuatnya, apalagi yang digunakan adalah air yang tidak higienis, misalnya penggunaan air sungai,  banyak pabrikan es batu beralasan air PAM membutuhkan biaya yang besar, dan biasanya untuk agar menjadikan air tersebut menjadi jernih maka produsen menggunakan kaporit. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan dampak buruk bila dikonsumsi.

Anda juga tidak dapat menyalahkan produsen es batu air mentah, karena mereka membuat es balok bukan untuk diminum, namun untuk keperluan mengawetkan seperti dalam distribusi ikan, daging maupun sayuran. namun yang menjadi masalah ialah para pedagang yang menjual minuman yang mencampurnya dengan es balok yang terbuat dari air mentah.

Akibatmwngkonsumsi es batu dari air mentah

1. Perut Membuncit
Beberapa orang tidak mempermasalahkan perut membuncit. Namun dalam kesehatan, keadaan ini cukup mengkhawatirkan. Jika Anda mengonsumsi es batu terutama setelah makan,  itu membuat usus dalam perut menyempit, dan menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk. Alhasil perut bisa membuncit.

2. Sakit Gigi
Penyebab gigi ngilu ialah setelah makan langsung minum es, termasuk didalamnya ada es batu. Tidak cuma ngilu saja, es batu yang keras dapat mengikis enamel (lapisan luar dari gigi) sehingga mengakibatkan masalah terutama yang memiliki gigi sensitif.

3. Membuat Pusing 
Jika Anda minum es saat matahari sedang terik-teriknya atau cuaca yang sangat panas. Biasanya pengen cepet-cepet minum es. Apalagi setelah melakukan berolahraga. setelah berolahraga, akan terjadi proses pembakaran lemak didalam tubuh dan otot yang masih dalam kondisi tegang. Saat mengonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena suhu tubuh dan suhu es tidak selaras. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung, yang dapat mengakibatkan proses pemompaan darah terganggu, sehingga kepala menjadi sering pusing.

4. Tubuh Menjadi Lemah 
Banyak penyebab tubuh menjadi lemah atau kurang bertenaga. kurangnya kadar zat besi didalam tubuh dapat membuat  kurang bertenaga. hal itu diakibatkan oleh konsumsi es batu, apalagi kalau es batunya dikunyah. Dari penelitian para dokter, kebiasaan ini mengakubatkan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah, yang kemudian mengindikasi kurangnya kadar zat besi. Despite of berat badan  menjadi menurun, dan dampaknya adalah bisa anemia, tubuh menjadi lemah, lemas, tidak bersemangat, dan kurang bertenaga.

5. Selera Makan Hilang
Telah d iuji secara klinis, sering memakan es batu dalam jumlah yang besar akan cenderung menghilangkan selera makan, dan hal ini tidak baik karena dapat memperburuk kesehatan tubuh.

Tips mengetahui es batu air matang atau mentah

Bila es batu dari air matang maka maka warnanya terlihat bening seperti kristal, sedangkan bila es batu terbuat dari air mentah maka berwarna lebih putih karena terlihat banyaknya gas yang terperangkap di dalam es batu tersebut. 

Alangkah baiknya bila Anda mengkonsumsi minuman tanpa adanya es batu karena dengan mengkonsumsi air putih saja tanpa es batu sangat baik untuk kesehatan Anda. Jangan hanya karena keinginan kamu sesaat mengkonsumsi es batu malah menjadikan kesehatanmu memburuk,

Simak juga ;


EmoticonEmoticon