Wednesday, July 12, 2017

Bahaya Memakai Pembalut Terlalu Lama

Saat wanita sedang menstruasi terkadang mereka lupa atau bahkan malas untuk mengganti pembalut. Ditambah lagi saat mereka beraktifitas di luar rumah, alasan yang paling sering diungkapkan ialah mereka tidak nyaman apabila mengganti pembalut di tempat umum. Tahulah Anda bahwa terlalu lama memakai pembalut yang sama bisa berdampak buruk pada kesehatan miss V!

Bahaya Memakai Pembalut Terlalu Lama

Mengapa pembalut harus di ganti secara berkala? Karena media yang disenangi oleh bakteri, kuman, dan virus itu darah. Jadi bila didiamkan begitu saja, akibatnya  bisa jadi sarang bertumbuhnya bakteri dan virus.

Apabila seseorang terkena bakteri, dan virus ataupun kuman, hal itu akan lebih mudah terkena penyakit. apalagi saat sedang banyak-banyaknya darah yang keluar, maka akan terasa lembab pada area miss V, yang kemudian menimbulkan rasa gatal. Bila didiamkan begitu saja dapat  terkena keputihan, bahkan kanker leher rahim atau yang biasa disebut kanker serviks.

Pembalut yang tidak diganti terdapat mikroorganisme yang biasa tumbuh yakni Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks. Human Papilloma Virus/HPV ialah virus yang menginfeksi area kulit serta organ kelamin.

Lalu Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Pembalut?

Waktu yang tepat untuk mengganti pembalut ialah ketika sudah merasa tidak nyaman dan lembab. Saat sedang banyak,  bisa menggantinya 3 hingga 4 jam sekali, atau minimal mengganti dua kali dalam satu hari.

Bolekah Menggunakan Pembalut Berwarna Selain Putih ?

Untuk warna selain putih pada pembalut masih di perbolehkan tetapi hanya sebagai penanda pembalutnya, tidak untuk bahan utama meupun bagian yang kontak dengan langsung ke daerah intim wanita.

Sebenarnya pewarna pada pembalut tidak diperkebankan, hanya saja masih ada oknum yang nakal dan malah menghias pembalut menjadi berwarna-warni. Hal ini berbahaya! jadi sebaiknya hindari jika menemukan pembalut  seperti ini. Walaupun terkadang merepotkan untuk tetap menjaga miss V, namun, lebih baik menjaga kesehatan daripada kuman dan virus bersarang.

Simak juga '


EmoticonEmoticon