Thursday, September 14, 2017

Inilah 5 Penyebab Tidur Mendengkur atau Ngorok Dan Cara Mengatasinya

Apakah saat anda tidur anda sering mendengkur atau mengorok? Atau mungkin pasangan anda yang mendengkur sehingga mengganggu istirahat anda karena suara yang ditimbulkan dari dengkuran tersebut. Tahukah anda bahwa tidur mendengkur atau mengorok bukanlah tidur yang nyenyak.karena suara yang ditimbulkan berasal dari aliran udara ketika bernafas tidak lancar alias terhambat. Tentu saja hal ini menganggu, baik orang yang mengalami atau irang yang ada di sekitar orang yang mendengkur. Lalu apa sebenarnya penyebab tidur mendengkur dan bagaimana cara agar menangani mendengkur.  

Inilah 5 Penyebab Tidur Mendengkur atau Ngorok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tidur Mendengkur

Ada banyak alasan seorang dapat tidur mendengkur, mulai dari yang sederhana atau yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya sehingga harus di tangani oleh dokter, berikut ini merupakan penjelasan mendengkur. 

1.Struktur Mulut

Lancar atau tidaknya aliran udara ketika bernafas merupakan salah satu pengaruh struktur mulut. Seseorang yang memiliki pangkal lidah yang tebal, berisiko tidur mendengkur dikarenakan saluran udara akan menjadi lebih sempit. Begitu pula untuk orang yang kelebihan berat biasanya mempunyai jaringan tambahan di belakang tenggorokan sehingga menghambat aliran udara. Berat ringannya atau keras tidaknya suara mendengkur akan sesuai dengan seberapa berat sumbatan ataupun hambatan yang ada. 

2. Sumbatan Pada Hidung

Seseorang yang mempunyai hidung mampet atau deformitas (kelainan pada bentuk hidung) akan mempunyai peluang tidur ngorok, dikarenakan pada saat tidur orang tersebut akan cendrung bernafas melalui mulut. 

3. Amandel

Biasanya amandel terjadi pada anak-anak, yakni saat  ada pembesaran amandel ketika terjadinya peradangan atau radang amandel, selain tidur mendengkur bisanya anak akan mengalami demam, malas makan dikarenakan tenggorokan yang sakit, serta sering mengeces karena untuk meneelan air ludah terasa sakit.

4. Minum Alkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi alkohol terlalu banyak sebelum ia tidur, maka orang tersebut akan cendrung mendengkur ketika ia tidur. Hal tersebut terjadi dikarenakan alkohol mengurangi ketegangan pada otot bukal, akibatnya otot-otot yang sama tidak mampu untuk membela diri terhadap penyumbatan saluran napas.

5. Tumor

Adanya tumor ataupun massa jaringan yang  abnormal baik pada hidung atau pada daerah tenggorokan juga bisa menjadi penyebab tidur mendengkur.

Cara Mengatasi Mendengkur

Ada banyak tips dan trik supaya terhindar dari tidur mendengkur, namun juga , disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini merupakan cara mengatasi mendengkur yang dapat Anda lakukan. 
  • Menghindari Alkohol
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Alkohol bekerja sbagai obat penenang untuk otot bukal dan mencegah mereka dari menjaga jalan napas mulut supaya tetap longgar. Apabila anda tidak ingin tidur mendengkur maka sebaiknya anda menghindari minuman beralkohol setidaknya lima jam sebelum anda tidur.
  • Atur Posisi Tidur Anda
Saat seseorang berbaring telentang ketika tidur, maka lidah dan langit-langit lunak cenderung jatuh ke bagian bawah dan belakang, hal tersebut akan menghalangi jalannya napas. Hal inilah yang mengakibatkan suara getaran, membuat seseorang menjadi mendengkur Jadi sebaiknya tidur dengan posisi miring, dan sebisa mungkin buat senyaman mungkin. serta hindari tidur dengan posisi kepala menekuk pada leher.
  • Atasi Hidung Tersumbat
Menjaga hidung supaya selalu tetap lega terbuka akan dapat membantu mengatasi mendengkur,akan tetapi  bila mendengkur tersebut  berasal dari hidung. tips mengatasi hidung tersumbat antara lain: mandi dengan air hangat sebelum tidur, membilas hidung dengan menggunakan air garam, atau anda juga bisa  menggunakan obat flu.
  • Tetap terhidrasi
Setiap kali tubuh mengalami kekurangan cairan (dehidrasi),  maka cairan dari bukal dan juga hidung akan menjadi lebih kental atau lengket, hal itu berkontribusi pada pemblokiran jalan napas dan juga suara mendengkur yang keras. Minumlah banyak cairan agar terhindar dari mendengkur. 
  • Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebih berpengaruh terhadap tidur mendengkur, Oleh sebab itu salah satu solusi mengatasi tidur mendengkur ialah dengan menurunkan berat badan ideal.

simak juga


EmoticonEmoticon