Tuesday, September 19, 2017

Berbagai Manfaat Dari Tanaman Kitolod

kitolod ialah salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dijumpai dan tumbuh liar di tempat yang lembab misalnya selokan, pematang sawah, pinggir sungai, dan sekitar danau. Tanaman ini mengandung lobelin dan isotomin. Daun tanaman kitolod mengandung alkaloid,  saponin,  polifenol serta saponin. tanaman Kitolod bisa ditemukan pada dataran rendah sekitar 1000 mdpl. Dan tahukah anda bahwa tanaman kitolodv yang terabaikan telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit misalnya sakit gigi, iritasi mata,  asma, bahkan kanker.

Berbagai Manfaat Dari Tanaman Kitolod

Manfaat tanaman kitolod

Setiap daun dan bunga kitolod mempunyai manfaat tersendiri, akan tetapi perlu anda ingat  bahwa tanaman kitolod yang  digunakan sebagai obat haruslah bersih serta terbebas dari penyakit, dan jangan gunakan tanaman kitolod yang berasal dari tempat  kotor dan banyak sampahnya misalnya saja selokan. selain itu Anda juga perlu mengingat bahwa pangkal batang kitolod mengandung racun dan harus dihindari. Berikut manfaat tanaman kitolod 

1. Sakit gigi

Sakit gigi bisa disembuhkan dengan tanaman kitolod terutama pada daunnya. Caranya pun cukup mudah hanya dengan menumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus kemudian letakkan ke dalam gigi yang berlubang. Cara tersebut hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit, sedangkan untuk penyembuhannya anda dapat melakukan pencabutan ataupun penambalan gigi ke dokter gigi. 

2. Antibiotik luka

Daun kitolod bisa berperan sebagai antibiotic alami untuk luka ringan misalnya saja lecet ataupun robek. Cara penggunaannya pun sama seperti kasus sakit gigi, daun kitolod di tumbuk kemudian dibalurkan ke area luka dan sekitarnya. namun cara tersebut tidak dianjurkan untuk luka yang berat misalnya luka robek yang dalam karena apabila daun tersebut tertinggal dalam luka untuk jangka waktu yang lama, bisa mengakibatkan infeksi.

3. Obat mata

Salah satu fungsi yang paling umum dari bunga kitolod ialah sebagai obat mata yang sedang mengalami iritasi, penggunaan tanaman kitolod sebagai obat mata sudah terbukti dan aman secara ilmiah. Cara menggunakannya pun cukup mudah hanya dengan mengambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunga. kemudian rendam bunga kitolod dalam air bersih hingga beberapa menit, kemudian teteskan air dari ujung tangkai bunga ke mata  sebanyak 2-3 tetes. Biasanya mata akan terasa perih dan sepat, ulangilah cara  ini sebanyak 3 kali dalam satu hari.

4. Katarak

Katarak ialah penyakit yang membutuhkan operasi medis agar dapat disembuhkan dan juga dihilangkan. Akan tetapi siapa yang menyangka bahwa tanaman kitolod bisa menyembuhkan katarak, anda hanya perlu mengambil satu daun kitolod, patahkan tulang daunnya lalu tekan hingga mengeluarkan air kemudian campur air tersebut dengan 5 sendok makan air bersih. Teteskanlah ke mata yang mengalami katarak.

5. Kanker

Daun kitolod dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Caranya hanya dengan merebus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel dibatangnya (hindarilah pangkal batang) dengan 5 gelas air bersih, biarkan hingga menguap dan hanya menyisakan 1 gelas air saja lalu minum 1 kali dalam sehari. Karena rasanya yang tidak enak, maka anda boleh tidak harus menghabiskannya dan anda dapat meminumnya sedikit demi sedikit.

6. Asma dan radang tenggorokan

Daun kitolod sering digunakan untuk menyembuhkan asma, radang tenggorokan serta bronchitis secara tradisional. Caranya hanya dengan merebus 2-3 daun kitolod yang sudah bersih, lalu airnya disaring dan diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Simak juga;


EmoticonEmoticon