Tuesday, September 5, 2017

4 Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Secara Tradisional

Mengatasi batuk apalagi pada bayi tidak boleh di lakukan asal-asalan. Walaupun kelihatannya sepele, namun perlu anda ingat bahwa daya tahan tubuh pada bayi masih sangat lemah. Cara pengobatannya pun tidak boleh disamakan dengan orang yang sudah dewasa, sangat tidak dianjurkan untuk mencoba-coba obat orang dewasa kepada bayi walaupun dalam dosis yang kecil. Banyak  jenis obat batuk yang tersedia dan memang ditujukan untuk bayi serta anak-anak. Namun Anda juga perlu memperhatikan bahwa mengatasi batuk bayi yang masih berusia 1 bulan berbeda dengan mengatasi batuk pada balita yang usianya sudah lebih dari 1 tahun. Oleh sebab itu tidak direkomdasikan untuk memberikan bayi maupun anak balita obat batuk yang sembarangan, usahakan selalu membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu, dan akan lebih baik apabila dikonsultasikan kepada dokter

4 Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Secara Tradisional

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan ketika bayi mengalami sakit batuk. Mulai dari obat-obatan, obat herbal serta obat tradisional. dahulu obat batuk tradisional sering digunakan untuk mengobati batuk pada bayi ataupun pada anak balita. Walaupun sama-sama obat, obat tradisional dipercayai lebih kecil risikonya untuk anak, dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut ini ialah beberapa tips serta obat alami untuk meredakan batuk pada bayi anda.

1. Kunyit

Cara mengatasi batuk pada bayi salah satunya ialah dengan menggunakan kunyit. Kunyit biasa digunakan oleh yang orang sudah dewasa, kunyit juga dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita. Caranya pun cukup mudah, untuk Anda yang mempunyai bayi ataupun balita yang masih menyusu, anda hanya perlu mengoleskan bubuk kunyit pada payudara sang ibu sebelum bayi menyusu. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu hanya dengan mencampurkan bubuk kunyit dalam susu. Berikan ramuan kunyit tersebut kepada anak yang sakit batuk sebanyak dua kali dalam sehari. Kunyit dapat mengurangi inflamasi serta memperkuat daya tahan pada bayi.

2. Minyak Tradisional

Ramuan tradisional yang dapat  mengatasi batuk pada bayi ialah minyak tradisional. Minyak tersebut  banyak variasinya di Indonesia misalnya minyak kayu putih, minyak peppermint, atau minyak rosemary, minyak-minyak tersebut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan balita. Walaupun tidak dengan cara dikonsumsi, namun cara ini dinilai cukup efektif membantu mengatasi batuk pada bayi yang berusia 5 bulan, 1 tahun ataupun pada balita (tidak ada batasan usia). Namun jangan mengoleskan minyak tradisional tersebut dekat dengan wajah bayi,  cukup dibagian dada, sebaiknya  oleskan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. 

3. Jeruk Nipis dan Madu

Cara ini ditujukan untuk nayi yang sudah berusia diatas satu tahun, Anda dapat mencoba menangani dengan minuman hangat dari campuran jeruk nipis dan madu. Campuran kedua bahan terdebut dengan air hangat,  ini dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan dan dapat merangsang keluarnya air liur yang bisa meredakan batuk bayi. Untuk bayi usia 1-5 tahun resepnya ialah setengah sendok teh madu dengan sedikit jeruk nipis campurkan pada air yang masih hangat. meminumkan ramuan tersebut pada bayi saat sebelum tidur. Bisa diminumkan beberapa kali dalam sehari sesuai dengan kebutuhan.

4. Bawang Putih

Anda dapat menggunakan  bawang putih untuk menangani batuk pada, bayi. Caranya hanya dengan mengeringkan bawang putih, atau bisa juga dengan dipanggang. Setelah bawang putih kering dan dingin, masukkan ke dalam kantong kain, kemudian letakkan di tempat tidur bayi, namun  jangan terlalu dekat usahakan kantomg kain yg berisi bawang putih kering tersebut berada diluar jangkauan bayi. Untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan, anda juga dapat mengusapkan kantong kain pada dada, namun jangan dilakukan secara langsung, terlebih dahulu cek temperatur dan pegang dengan tangan anda.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tips yang dapat meredakan batuk pada bayi. Beri minum air hangat secara teratur agar tetap terhidrasi. Dan juga beri bubur sayuran dan,  bubur ayam, keduanya bisa membantu mengembalikan imunitas bayi Anda. 

Walaupun ramuan-ramuan tersebut efeknya relatif lebih lama jika dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia ataupun obat dari dokter, namun efek sampingnya lebih kecil dan lebih aman untuk bayi. Selain bahannya mudah didapat dan alami, daya tahan tubuh bayi pun masih belum terlalu kuat untuk banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Simak juga


EmoticonEmoticon