Wednesday, August 9, 2017

15 Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Apakah anda pernah mencium aroma bau mulut seseorang? Atau mungkin anda sendiri yang mengalami bau mulut tersebut? Salah satu penyebab bau mulut ini ialah karang yang mengerak pada gigi. Karang gigi ini terjadi disebabkan kesehatan mulut tidak dijaga dengan baik, misalnya jarang menyikat gigi serta sering mengkonsumsi makan-makanan tertentu yang mengakibatkan bau mulut.
Karang gigi tersebut akan menjadi plak yang membuat gigi menjadi kuning dan mengakibatkan bau mulut. Jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan, karang gigi  bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulut, gigi dan juga gusi.

15 Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah



Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Berikut ini cara yang mudah dan juga sederhana untuk menghilangkan karang gigi anda dengan menggunakan alat yang mudah di dapat. 

1. Gunakan Pasta Gigi Anti Noda

Dengan menggunakan pasta gigi anti noda sangat berpengaruh untuk menghilangkan plak dan karang gigi. kandungan yang ada pada pasta gigi ini seperti zinc citrate. pyrophosphates, fluoride dan kandungan lainnya yang dapat menghilangkan noda kekuningan, plak, dan karang gigi secara efektif. Selain itu juga.  kandungan-kandungan tersebut bisa mencegah terbentuknya kotoran pada gigi, dan dapat membunuh bakteri sisa makanan.

2. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Flouride

Pasta gigi yang mengandung fluoride bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi. Kandungan fluoride tersebut akan meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi,  tujuannya untuk memperkuat gigi dan mencegah adanya karang gigi. Fluoride akan membuat enamel gigi menjadi kuat, sehingga gigi pun tidak mudah keropos dari makanan yang bersifat korosif.

3. Sikat Gigi Dengan Benar

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karang gigi ialah dengan menyikat gigi secara sempurna. Masih banyak orang-orang yang sekedar menyikat gigi, tanpa memperhatikan bagian yang tersembunyi didalam mulut. Agar dapat menyikat gigi secara sempurna, anda harus melakukan beberapa tahap: Sikatlah semua permukaan gigi bagian luar atas dan bawah gigi, lalu lanjutkan dengan menyikat pada bagian dalam gigi. Sikat pada bagian atas gigi yang digunakan untuk mengunyah makanan dengan teliti, jangan sampai ada kotoran yang masih tertinggal. Lakukan  kurang lebih selama 20 detik.

4. Gunakan Kulit Jeruk

Salah satu cara untuk membersihkan karang gigi ialah dengan mengusap-usapkan kulit jeruk secara langsung pada gigi. Namun, jangan  kumur-kumur dulu ketika sudah dibersihkan. Biarkan hingga semalam selama anda tidur, dan setelah itu barulah anda berkumur. Kandungan pada kulit jeruk tersebut dapat memerangi mikro organisme yang ada pada gigi, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut serta karang gigi.

5. Memakan Makan-Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan yang pedas dapat menjadi salah satu cata paling mudah untuk memerangi karang gigi. Makanan pedas akan meningkatkan sekresi air liur dengan menstimulasi kelenjar pada mulut. Kelenjar tersebut akan mengeluarkan lebih banyak air liur didalam mulut, yang bisa membersihkan gusi dan gigi.

6. Gunakan Pasta Yang Tetbuat Dari Buah Kaya Akan Vitamin C

Anda dapat menggunakan pasta yang terbuat dari buah-buahan yang kaya akan Vitamin C, misalnya tomat dan strawberry. Anda hanya perlu untuk menghancurkan buah-buahan tersebut, kemudian sikat gigi anda menggunakan cairan tersebut. Diamkan hingga 5 menit, kemudian bersihkan hingga menyeluruh menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit baking soda.

7. Kunyah Biji Wijen

Biji wijen ternyata dapat  membantu untuk menghilangkan karang pada gigi, anda hanya perlu mengunyah biji wijen secara perlahan pada semua bagian gigi Anda, tetapi jangan sampai biji wijen ditelan. Kemudian, sikatlah gigi anda dengan kering selagi biji wijen tersebut masih ada dalam mulut.
Biji wijen ini berfungsi sebagai scrubs pembersih gigi,yang bisa membersihkan gigi supaya bersih dan terhindar dari karang gigi.

8. Mengunyah Buah dan Sayuran

Buah dan sayur mempunyai kandungan  baik untuk tubuh, dan kesehatan mulut. Anda dapat menghilangkan karang gigi anda dengan mengunyah berbagai macam buah dan sayur, misalnya apel, wortel, melon, serta seledri. Dengan mengunyah buah dan sayur tersebut satu jam setelah makan, bau mulut dan karang gigi pun akan berkurang, dan gigi akan menjadi lebih putih secara alami dan natural.

9. Gosok Gigi Dengan Menggunakan Baking Soda

Baking soda ialah satu jenis bahan makanan yang mempubyai banyak kegunaan. Salah satu kegunaannya ialah bisa menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi dengan cepat. Agar dapat menggosok gigi dengan menggunakan baking soda, lakukan cara berikut ini:
Ambilah satu sendok makan baking soda, letakkan pada wadah kecil. Lalu tambahkan sedikit garam pada wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu campuran baking soda dan garam hingga rata, basahi sikat gigi lalu celupkan pada bubuk campuran tadi. Sikat gigi anda seperti biasa yang Anda lakukan, setelah selesai berkumur-kumurlah,  Pastikan supaya tidak ada bubuk campuran yang tersisa di mulut dan gigi, agar mendapatkan hasil yang signifikan, lakukan hal tersebut setelah anda selesai menggosok gigi dengan pasta gigi selama 2 minggu secara berturut-turut.

10. Konsumsi Keju 

Mengonsumsi keju cheddar atau swiss sebelum makan, ternyata dapat membantu untuk menetralkan asam yang memicu adanya plak. Makin tua usia keju, maka akan baik lebih baik.

11. Cengkeh

Tidak hanya ampuh untuk meredakan sakit gigi, cengkeh juga dapat melawan mikroba akibat plak dan karang gigi yang bersarang pada mulut. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk cengkeh dengan sedikit minyak zaitun, lalu aplikasikan ke gigi anda. Diamkan hingga beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat.

12. Cuka Putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang bisa membantu mencegah demineralisasi email gigi sekaligus pembentukan plak. cuka putih juga membuat agen antibakteri. Kombinasi zat-zat tersebut memudahkan untuk membersihkan karang gigi. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendik teh cuka putih dengan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. kemudian bilas mulut dengan cairan tersebut sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

13. Minyak Kelapa

Kulum 1 sendok makan minyak kelapa murni kurang lebih kurang selama 15-20 menit. Setelah itu gosok gigi anda seperti biasanya,  ulangi cara ini setiap hari kwtika pagi hari sebelum Anda makan.

14. Makan buah ara

Mengunyah 3-4 buah ara dalam sekali waktu bisa merangsang produksi air liur dengan begitu dapat membantu untuk membersihkan gigi dari plak yang membandel.

15. Hidrogen peroksida

Campurkan 1 sendok makan antiseptic mouthwash dengan 3 sendok makan hidrogen peroksida (3%). Gunakan 10 ml dari larutan tersebut untuk berkumur selama 1 menit. Biarkan larutan tersebut memperlunak dan menghilangkan karang gigi. Anda boleh saja berkumur dengan larutan tersebut setelah selesai makan atau paling tidak sehari sekali.

Simak juga;


EmoticonEmoticon