Wednesday, August 2, 2017

Belasan Cara Memgatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah dapat membuat  merasa tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa mengganggu penampilan sehingga seseorang yang mengalaminya akan merasa kurang percaya diri. Hilangnya kelembaban kulit bibir bisa mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Hal tersebut bisa terjadi karena paparan sinar matahari, udara yang kering atau bahkan karena sering menjilati bibir.

Belasan Cara Memgatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Saat bibir pecah-pecah, bisa anda lihat pada celah-celah terlihat merah dan terasa menyakitkan, bahkan bila parah bisa berdarah. Oleh sebab itu, berikut ini merupakan cara yanh sederhana agar mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang dapat anda lakukan di rumah.

1. Penuhilah Kebutuhan Nutrisi Anda
Kekurangan zat besi, vitamin B, ataupun asam lemak esensial bisa mengakibatkan  bibir kering dan pecah-pecah terlebih lagi pada sudut bibir. Tapi perlu anda ingat, sebelum meminum suplemen multivitamin atau mineral konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter.

2. Jangan Bernafas Lewat Mulut
Bernafas lewat mulut dapat mempercepat pengeringan pada bibir, apabila sampai parah dapat mwnjadi pecah-pecah. Oleh karena itu sebisa mungkin bernafaslah melalui hidung supaya mencegah bibir tidak kering.

3. Hindari Menggigit Bibir
Dengan Anda mengigit bibir maka akan mengakibatkan trauma yang bisa merusak lapisan pelindung bibir, sehingga bibir akan mudah kering dan pecah-pecah.

4. Jangan Sampai Tubuh Kekurangan Cairan
Bibir kering ialah salah satu pertanda dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, oleh sebab itu usahakan memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum apalagi untuk orang yang sering berkeringat atau saat cuaca panas. minum yang cukup juga bisa mengatasi dan mencegah adanya bibir kering dan pecah-pecah.

5. Gunakan Lip Balm
Salah satu cara agar melindungi bibir dari udara kering dan juga panas ialah dengan menggunakan lip balm. Selain mencegah, lip balm juga dapat mengatasi bibir kering dan juga pecah-pecah.

6. Gunakan Madu untuk Bibir Kering
Sebagai alternatif alami lip balm, Anda dapat menggunakan madu agar mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hal itu karena madu merupakan pelembab alami yang juga mempunyai sifat anti bakteri. Oleskanlah madu murni ke bibir anda beberapa kali dalam sehari.

7. Hindarilah Alergen
Alergen atau zat yang mengakibatkan adanya  reaksi alergi harus dihindari apalagi untuk orang yang rentan, misalnya pewarna atau bahkan pewangi pada produk kosmetik.

8. Hindari Menjilat Bibir 
Saat bibir kering, kebanyakan biasanya  orang-orang akan membasahi dengan air liur mereka sendiri, dengan cara menjilat bibir atau juga memasukkannya dalam mulut, mungkin hal itu sudah naluri. Namun perlu anda ketahui bahwa air liur akan menguap dengan cepat, hal tersebut malah akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada sebelumnya dan akan memperparah bibir pecah-pecah.

9. Atasi bibir kering secara alami
Selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang ada diatas, anda sebaiknya melakukan salah satu cara mengatasi bibir secara alami yang ada dibawah ini. Bahan-bahan alami ini sudah teruji secara klinis dapat mengatasi bibir pecah pecah, jadi anda tidak perlu takut untuk mencobanya.

- Lemon atau jeruk nipis
Lemon atau jeruk nipis, keduanya sama-sama mempunyai sifat masam. Ternyata dibalik sifat yang masam tersebut, mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Walaupun bibir Anda akan terasa sedikit perih saat diolesi salah satu buah ini. Namun rasa perih tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bibir yang mulai sembuh.

- Wortel
Wotel kaya akan vitamin A, wortel sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kita. Namun ternyata kandungan yang ada di dalamnya bermanfaat melembabkan bibir secara alami. Cara mengatasi bibir yang pecah-pecah dengan wortel  sangatlah mudah, anda hanya perlu menghaluskan wortel lalu oleskan secara merata pada  bibir. Agar bisa meresap, diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

- Mentimun
Mentimun ialah sayuran yang kaya dengan kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air tersebut bersifat seperti lend-ir, sehingga dapat membantu merawat bibir yang pecah-pecah secara alami. Haluskan terlebih dahulu mentimun secukupnya, lalu oleskan pada bagian bibir secara merata. Jangan lupa untuk memijat secara lembut kurang lebih selama lima menit supaya meresap ke dalam kulit, lalu diamkan hingga 15 menit dan bilas air dingin.

Simak  juga;


EmoticonEmoticon