Wednesday, August 9, 2017

10 Manfaat Kopi Yang Belum Anda Ketahui

Tidak sedikit orang orang yang beranggapan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan. Tahukah Anda sebenarnya kopi mempunyai khasiat yang  baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kopi robusta ataupun arabika mengandung antioksidan dan juga nutrusi-nutrisi penting lain yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. 

10 Manfaat Kopi Yang Belum Anda Ketahui

Berikut ini merupakan manfat kopi untuk kesehatan tubuh 

1. Kopi mengandung nutrisi penting

nutrisi kopi tidak hanya semata-mata air yang berwarna hitam saja. Banyak nutrisi yang dapat diperoleh dari biji kopi yang terbawa hingga menjadi kopi yang biasa di minum.
Satu gelas kopi mengandung: Riboflavin (Vitamin B2): 11%, Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6%, Manganese dan Potassium: 3%, Magnesium dan Niacin (B3): 2%.
Walaupun kelihatannya tidak signifikan, kebanyakan orang mengkonsumsi lebih dari 1 gelas kopi setiap harinya. Apabila seseorang minum 3-4 gelas setiap  hari, maka jumlah nutrisi akan menjadi semakin lebih tinggi.

2. Meminum kopi hitam bermanfaat mencegah gigi berlubang

Para peneliti dari Brazil menemukan bahwa kopi hitam yang kuat bisa membunuh bakteri yang ada pada gigi yang mengakibatkan kerusakan gigi.

3. Kopi merupakan sumber antioksidan

Didalam kopi mengandung antioksidan dengan  jumlah yang besar. Bahkan sebuah penelitian mengemukakan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada buah dan sayuran. Kopi ialah salah satu minuman yang sehat.

4. Kopi bisa meningkatkan level energi dan membuat seseorang menjadi lebih cerdas

Kopi bisa mengurangi rasa lelah sehingga dapat menjadi lebih energik. Hal tersebut dikarenakan kopi mengandung stimulan yang bernama kafein, dan jika diminum akan mempengaruhi cara kerja otak dan akan menghasilkan efek “rangsangan”.

5. Kafein bisa meningkatkan performa fisik secara drastis

kafein juga dapat meningkatkan level adrenalin dalam darah.

6. Menambah jumlah serat yang dikonsumsi

Satu gelas kopi hampir setara dengan 1.8 gram serat. Jumlah konsumsi serat yang disarankan ialah 20-38 gram.

7. Kafein mengurangi resiko terkena Parkinson

Penyakit Parkinson ialah penurunan kemampuan saraf setelah Alzheimer. Parkinson ini dikarenakan oleh matinya saraf penghasil dopamin yang ada pada otak. Sama seperti Alzheimer, obat untuk menyembuhkan Parkinson juga masih belum dapat ditemukan. Oleh sebab itu, sangat penting guna mencegah penyakit parkinson ini.  Sebuah penelitian menunjukan bahwa risiko orang yang sering minum kopi untuk terkena Parkinson lebih rendah yaitu sekitar 32-60%. Dalam hal ini, penurunan resiko ini sepertinya disebabkan oleh kafein. Orang-orang yang meminum kopi bebas kafein tidak mempunyai penurunan risiko Parkinson.

8. Kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 ialah problem kesehatan yang sangat besar. Saat ini sudah ada sekitar 300 juta penderita diabetes di seluruh penjuru dunia. Penelitian menunjukan bahwa risiko para pecinta kopi terkena diabetes tipe 2 iaalah 23%-50%- nilai itu lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Bahkan ada salah satu penelitian yang menunjukan penurunan sebesar 67%.

9. Mencegah dan mengatasi depresi

Sebuah penelitian menunjukan bahwa ada keterkaitan antara kopi dengan turunnya risiko yang paling mudah mengalami depresi ialah kaum perempuan.  kandungan di dalam kopi mampu berfungsi untuk melawan depresi.

10. Kopi mampu menurunkan risiko kanker

Kandungan kopi telah dihubung-hubungkan dengan menurunnya risiko kanker, yakni berupa penurunan risiko kanker hati, kanker payudara, kanker endometrium, dan juga kanker prostat.
Sebuah studi yang dilakukan di Swedia, menunjukkan hasil penelitian dan menyimpulkan bahwa dengan meminum dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko kanker payudara

Simak juga;


EmoticonEmoticon