Sunday, July 2, 2017

WASPADA! Kebanyakan Minum Bisa Berujung Kematian


Tahukah Anda, bahwa dalam tubuh kita mengandung cairan, bahkan rata-rata setiap orang memiliki 60% air dari berat badannya. Tubuh membutuhkan air untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang pada saat kita melakukan aktifitas. Sebagian hilang ketika kita beraktivitas, yang di keluarkan mwlalui  keringat, air seni, bahkan  air mata.

bahaya banyak minum air

Semua sistem didalam tubuh tergantung pada air. Air akan menetralisir racun dari organ-organ, membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh, serta menjaga kelembaban bagi jaringan.

Ketika Anda melakukan aktifitas yang berat seperti olahraga, maka metabolisme dalam tubuh akan meningkat, karena bekerja untuk mensupply oksigen serta  zat energi ke seluruh tubuh. Otot Anda akan berkontraksi dan pembuluh darah akan melebar. Alhasil aliran darah akan mengalir lebih cepat dari biasanya. Hasil metabolisme akan  keluar dalam bentuk keringat. Sehungga  tubuh bisa mengalami kekurangan cairan.

Lalu seberapa besar air yang kita butuhkan dalam tubuh kita? Besarnya air yang diperlukan oleh tubuh tergantung dari berat badan kita, yaitu 0,03 dari berat badan kita. Misalnya seseorang dengan berat badan 50 kg maka setiap harinya orang tersebut mengkonsumsi air sebanyak 1,6 liter air. Lalu bagaimana jika seseorang mengkonsumsi air secara berlebihan (satu atau dua galon), apa yang akan terjadi dengan orang tersebut?

Berikut dampak yang di timbulkan karena mengkonsumsi air secara berlebihan.

1. Tubuh Akan Mengalami Hiponatraemia.
Hiponatraemia ialah kondisi abnormal (tidak normal) di dalam tubuh, dimana darah kekurangan kadar natrium atau kadar garam. Ginjal tidak mampu menyaring  dengan cepat. Natrium ialah mineral elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh. apabila mengkonsumsi banyak  air, maka akan mengakibatkan natrium di dalam tubuh menjadi encer. Natrium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

2. Merusak Komposisi Darah.
Darah mempunyai plasma darah dengan kadar kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur. Apabila terlalu banyak minum maka dikhaawatirkan akan mengganggu kadar kekentalan darah itu sendiri. Sehingga  akan mengganggu sistem peredaran darah di dalam tubuh. 

3. Meningkatkan Jumlah Volume Darah.
Ketika volume darah meningkat, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja organ jantung serta sistem pembuluh darah (sistem tertutup). Jumlah air yang meningkat akan seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu. Kondisi tersebut akan membuat organ ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kinerja Ginjal dari yang Seharusnya.
Tubuh kita memiliki ginjal yang berfungsi menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai organ penyaring terletak pada glomerulus. Apabila terlalu banyak cairan yang di saring, maka beban yang diterima oleh ginjal akan semakin besar. Apabila hal ini sering terjadi maka glomerulus dapat rusak yang alhirnya mengakibatkan berbagai penyakit ginjal.

seorang wanita bernama Jennifer Strange berusia 28 tahun berasal dari California   meninggal setelah ia mengikuti kontes minumair yang di sponsori olehsebuah radio lokal yang berada di California. Jennifer menghabiskan dua galon air / setara dengan 7,6 liter air saat di kontes tersebut. hasil oopsi menunjukan bahwa Jennifer meminum air terlalu banyak dan juga cepat sehingga nutrisi lain yang ada dalam tubuh menjadi larut.

Tips Meminum Air Putih

Disarankan setiap orang mengkonsumsi delapan gelas setiap hari, namun yang perlu Anda ingat, bukan meminum delapan gelas sekaligus dalam waktu bersamaan. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya volume darah, dan hal tersebut akan membebani beban ginjal dan jantung. Ginjal akan di paksa menyaring lebih keras dari biasanya, dan jantung akan di paksa memompa lebih cepat.

Minumlah air secukupnya dan sewajarnya, dan seimbangkan dengan aktivitas kebutuhan Anda. Saat Anda sedang berolahraga atau sedang melakukan kerja yang mengandalkan fisik/ kerja berat, sebaiknya Anda tetap minum walaupun Anda belum merasa haus. namun saat setelah melakukan olahraga sebaiknya Anda tidak langsung minum berlebihan karena hormon antideuretik wasopressin akan meningkat , sehingga tubuh akan cenderung menahan air didalam tubuh supaya tidak keluar. saat Anda minum dalam jumlah yang banyak, maka tidak akan banyak urinasi, apabila meminum air berlebihan akibatnya akan fatal. 

sumber : halosehat.com

Belasan Manfaat Air Putih

simak juga 

9 ManfaatTidur Miring Ke Kanan

InilahAlasan Larangan Tidak Boleh Membaca Sambil Tiduran

BahayaMakan Dan Minum Sambil Berdiri!

Cara AgarVagina Menyempit Seperti Perawan Kembali







EmoticonEmoticon