Saturday, July 1, 2017

15 Manfaat Lompat Tali Bagi Tubuh


Semakin canggihnya teknologi membuat orang-orang semakin dimanjakan dengan alat-alat modern yang mereka miliki, tidak hanya orang dewasa yang dimanjakan dengan alat-alat modern, namun anak-anak juga memiliki peranan yang tidak sedikit sebagai pengguna alat-alat modern, contohnya saja handphone, ipad, PS 1 hingga PS 4 dan masih banyak yang lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Coba amati anak-anak yang ada di lingkungan Anda, yang berusia 5-12 tahun, aktifitas permainan apa yang mereka lakukan? Kebanyakan dari mereka hanya berada di depan layar,
entah itu layar handphone dengan memiliki ditur berbagai macam atau duduk manis di depan televisi. Sangat beda sekali dengan permainan anak-anak di tahun 90an. Sebelum gadget mwndominasi kehidupan, anak-anak dulu biasanya nelakukan petak umpet, lompat tali, betengan dll. Permainan tersebut lebih memiliki banyak manfaat kesehatan dan perkembangan tubuh si anak. Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dari lompat tali atau biasa disebut olahraga skipping.

manfaat lompat tali

Macam-Mancam Manfaat Lompat Tali

1. Membentuk Postur Tubuh
Dengan lompat tali otot kaki akan menjadi ramping dan lemak pada betis akan hilang. Bentuk kaki akan menjadi lebih indah dan ideal tentunya.

2. Mengencangkan Otot
Dengan melakukan lompatan secara berulang-ulang maka otot akan lebih kencang, terutama otot paha dan kaki, tidak hanya itu otot bahu dan lengan akan menguat tentu saja dengan latihan yang teratur. 

3. Menjaga Energi Tubuh
Gerakan  yang dilakukan secara aktif seperti pada saat lompat tali, dapat membuat tubuh terbiasa menggunakan energi. Sehingga saat usia sudah menginjak tua, maka energi yang ada dalam tubuh tidak banyak yang menghilang. 

4. Menambah Tinggi Badan
Manfaat lompat tali untuk menambah tinggi badan tentunya berlaku untuk anak-anak dan remaja ketika masa pertumbuhan. Apabila ada kerabat Anda yang kirang tinggi, mungkin masa kecilnya jarang melakukan lompat tali.

5. Menurunkan Berat Badan
Nah ini yang di tunggu-tunggu, yakni menurunkan berat badan. Lompat tali atau skipping dapat menjadi pilihan Anda untuk menurunkan berat badan. Hanya dengan melakukan lompat tali selama 60 menit dapat membakar kurang lebih 1000 kalori. Tidak hanya itu saja skipping juga dapat membakar lemak dalam tubuh, yang pada akhirnya akan di keluarkan melalui keringat. 

6. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Dengan sering melakukan skipping tubuh akan menjadi lebih seimbang dan lentur, dengan rutin melakukan skipping, keseimbangan tubuh dan stamina akan semakin meningkat.

7. Meningkatkan Fertilitas
Apabila Anda mengalami pola menstruasi yang tidak teratur, hal itu tentu saja akan menjadi masalah bagi perempuan. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal trrsebut. Karena dengan melakukan lompat tali Anda dapat mengatasi masalah tersebut.

8. Menghilangkan Toksin Di Dalam Tubuh
Skipping akan membuat pori-pori dalam tubuh mengeluarkan keringat, alhasil racun akan dibuang dari tubuh. Detoksifikasi berguna untuk mencegah penyakit yang dapat timbul sbagai dampak buruk dari polutan serta zat yang berbahaya pada makan-makanan yang dikonsumsi.

9. Menjaga Kemampuan dan Fungsi Otak
Gerakan skipping merupakan kombinasi dari gerakan  berfikir dan melompat. Saat melakukan skipping otak di latih agar bekerja secara cepat dan tepat, saat menghitung dan menentukan kapan kaki harus melompat. Skipping akan melatih koordinasi tubuh, keseimbangan tubuh dan reflek sehingga kinerja otak akan meningkat.

10. Mencegah Stres
Sinkronisasi gerakan kaki dan tangan dikendalikan oleh fikiran. Olahraga yang menyenangkan ini sangat membantu agar mencegah timbulnya stres.

11. Menyehatkan kulit
Dengan melakukan skipping secara tidak langsung akan melancarkan sirkulasi darah yang ada dalam tubuh. Sehingga nutrisi yang ada akan mudah di serap oleh kulit.

12. Mencegah Osteoporosis
Dengan melakukan lompat tali setiap hari, akan meningkatkan kepadatan tulang Anda, hal inilah yang akan mencegahvrisiko osteoporosis di hari tua kelak. Akan tetapi apabila seseorang yang sudah terkena osteoporosis dilarang untuk melakukan skipping atau lompat-lompat, karena hal itu hanya akan memperburuk keadaan. 

13. Kesehatan jantung.
Lompat tali merupakan salah satu jenis latihan cardio, yang memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung. Organ kardiovaskular termasuk jantung, bersama dengan arteri dan vena yang membantu darah dan oksigen beredar antara jantung serta organ-organ tubuh lainnya. Hal ini sangat baik untuk kesehatan organ tubuh, terlebih organ jantung.

14. Melatih Keqaspadaan
Lompat tali akan membuat Anda lebih waspada. Dimana lompat tali akan meningkatkan keterampilan perhatian diri Anda.

15. Ketika olahraga skipping bersama-sama dengan teman (satu tali dengan dua orang), maka membuat Anda semakin terlatih dalam memperkuat kerja sama tim dan keterampilan sosial di dalam diri.

Simak juga 

9 ManfaatTidur Miring Ke Kanan

InilahAlasan Larangan Tidak Boleh Membaca Sambil Tiduran

BahayaMakan Dan Minum Sambil Berdiri!

Cara AgarVagina Menyempit Seperti Perawan Kembali




 


EmoticonEmoticon