Sunday, July 9, 2017

Jangan Anggap Remeh, Inilah Akibat Kelebihan Dan Kekurangan Serat

Serat merupakan  salah satu nutrisi yang harus dipenuhi dalam tubuh,  serat dibutuhkan tubuh karena sangat diperlukan untuk proses pencernaan dan juga metabolisme. Serat dapat mengikat kandungan lemak yang berasal dari makanan yang  dikonsumsi sehari-hari, yang kemudian diikat dan dicerna secara sempurna oleh organ pencernaan. 
Jangan Anggap Remeh, Inilah Akibat Kelebihan Dan Kekurangan Serat

Pakar gizi menyarankan supaya tubuh kita mendapatkan asupan serat yang cukup yakni sekitar 25-35 gram perharinya. Dengan asupan serat yang terpenuhi, proses pencernaan pada tubuh akan bekerja dengan baik dan lancar serta tidak terhambat oleh apapun.


Akibat kurang serat, diantaranya : 

1. Kolesterol tinggi
Kurangnya serat dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Karena salah satu fungsi serat ialah menyerap zat berbahaya yang mengakibatkan kolesterol jahat. 
Bahkan salah satu jurnal yang ada di Amerika mengungkapkan bahwa asupan tinggi serat, larut di kaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan LDL bahkan hingga 60-70%.

2. Menimbulkan Penyakit Jantung
Salah satu manfaat serat ialah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit jantung, sehingga asupan serat yang terpenuhi akan mengurangi risiko mengalami penyakit jantung.

3. Kenaikan Berat Badan
Serat dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. hal itu yang mengakibatkan mebgkonsumsi roti gandum membuat Anda merasa cepat kenyang. Oleh karena itu,  saat Anda merasa  berat badan Anda naik, maka bisa dikatakan Anda kekurangan serat.

4. Kadar Gula Darah Tidak Stabil
Sebuah penelitian menunjukan bahwa salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes ialah kekurangan asupan serat. Bahkan kekurangan serat dalam satu hari saja sudah dapat menimbulkan ketidakstabilan gula darah didalam tubuh, hal ini  tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum.

5. Selalu merasa lapar
Selain dapat membuat kenyang lebih lama, serat juga dapat membuat Anda sering merasa lapar, sehingga mengakibatkan  berat badan Anda menjadi naik.

6. Sulit BAB (Buang Air Besar)
Jika Anda Kekurangan serat, maka sistem pencernaan akan bergerak lebih lambat. Dan pada akhirnya  sembelit kronis akan terjadi pada tubuh , khususnya kekurangan serat larut yang dapat mendorong pergerakan usus.

Itulah beberapa dampak karena kurang serat, namun apabila Anda kelebihan serat juga akan menimbulkan beberapa masalah, berikut adalah akibat dari kelebihan serat dalam tubuh

  • Sembelit. tidak hanya diakibatkan oleh kurangnya asupan serat, namun sembeblit juga diakibatkan kareba kelebihan asupan serat. Kenapa begitu? Serat ialah nutisi yang dapat menyerap cairan di dalam tubuh. Karena asupan serat yang tinggi akan menyerap semua cairan dalam organ pencernaan, sehingga akan mengakibatkan sulit buang air besar.
  • Dehidrasi. asupan serat yang terlalu tinggi dapat menyerap cairan tubuh sehingga tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Perut Kembung. Terlalu banyak mengkonsumsi serat  akan mengakibatkab proses pencernaan berjalan dengan tidak semestinya, dan lambung akan merespon hal tersebut dengan mengeluarkan gas, gas tersebut yang mengakibatkan perut terasa kembung.
  • Sebenarnya Makanan yang mengandung kaya akan serat banyak sekali terdapat di sekitar kita, seperti : sayur, buah, gandum, dan juga biji-bijian.
Simak juga ;


EmoticonEmoticon