Tuesday, July 25, 2017

Inilah Alasan Tidak Dapat Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur

Mimpi merupakan pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, perasaan, pikiran, ataupun indra lain dalam tidur. Umumnya, seseorang yang mengalami mimpi di tandai dengan gerakan mata yang cepat dan intensitas nafas meningkat.  ketika anda terbangun dari tidur, seringkali tersadar bahwa telah bermimpi, namun tidak dapat mengingat apa yang telah di mimpikan.
Namun, dilain waktu terkadang bisa mengingat mimpi yang telah dimimpikan, lalu apa alasannya? Atau bahkan mengapa terkadang seseorang dapat mengingat mimpinya? Apa ada yang salah dengan tubuh, apabila anda susah untuk mengingat mimpi, sedangkan orang lain mudah untuk mengingatnya? Kemudian adakah cara untuk selalu mengingat mimpi?

Inilah Alasan Tidak Dapat Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur

Mengapa Terkadang Sulit Untuk Mengingat Mimpi?

Beberapa ilmuan tidak sepenuhnya sependapat kenapa seseorang sulit untuk mengingat mimpnyai sendiri, walaupun mimpi tersebut baru beberapa menit terjadi setelah terbangun. 
Sedangkan para psikolog dan psikiater percaya, bahwa seseorang bermimpi guna mengekspresikan dan memecahkan suatu masalah yang tidak dapat terpecahkan saat terjaga, sedangkan yang lain percaya bahwa otak neuron seseorang secara acak selama tidur ketika memasuki fase REM dan bermimpi ialah suatu bagian dari perawatan kesehatan otak, serta mimpi hanya bagaimana pikiran yang mencoba untuk memahami suatu masalah di dunia nyata secara tidak terduga. Ada juga yang  percaya, bahwa mimpi dapat membantu menyortir semua kenangan yang telah di buat pada hari sebelumnya, dan menyortir hal-hal penting, mulai dari yang sepele, 

Ada penelitian yang telah di lakukan oleh Harvard Medical School, menemukan bahwa bagian-bagian dari otak dirangsang selama bermimpi dan membantu otak memproses informasi baru, serta merangsang memori dan "belajar."

Lalu kenapa terkadang kita merasa sulit untuk mengingat mimpi yang baru saja terjadi? Para ilmuwan sepakat mengenai salah satu aspek bermimpi: tujuan utama bermimpi ialah untuk menciptakan suatu kenangan baru. Banyak ilmuwan percaya, bahwa beberapa jenis neuron didalam otak yang membantu menciptakan kenangan baru, lalu hilang saat terbangun. Jadi, orang tersebut hanya dapat mengingat mimpi yang terjadi tepat sebelum bangun.

Apakah Orang Lain Dapat Mengingat Mimpi Mereka Lebih Baik Dibanding Yang Lain?
Sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2013  diterbitkan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Psychology, menemukan bahwa ada jenis tertentu dari orang yang secara teratur bisa mengingat mimpi mereka sendiri. Lalu apakah ada hal yang istimewa, kenapa mereka bisa lebih mengingat daripada orang lain? Hal tersebut karena mereka mempunyai lebih banyak aktivitas dibagian otak yang merespon rangsangan disekitar mereka.

Mereka akan bereaksi lebih kuat terhadap orang lain ketika ada yang memanggil nama mereka ketika terjaga dibandingkan dengan orang yang biasanya lupa terhadap mimpi mereka. Orang-orang seperti ini biasanya terbangun setiap malam rata-rata 30 menit, karena orang tersebut terganggu oleh suara atau rangsangan yang ada di sekitarnya.

Lalu Mengapa Terkadang Kita Hanya Mengingat Beberapa Hal Dalam Mimpi?

mungkin beberapa waktu yang lalu Anda dapat mengingat beberapa hal dari mimpi, namun mengapa tidak dapat mengingat mimpi yang berlangsung beberapa menit lalu? Apa menyebabkannya itu semua? Hal tersebut karena seseorang cenderung untuk mengingat sesuatu yang mudah untuk diingat, hanya ingat 5% dari mimpi, sehingga mimpi sesuatu yang benar-benar baru atau bahkan aneh terjadi,  sedangkan kebanyakan di dalam mimpi kita hanya melakukan kegiatan seperti halnya ketika  di dunia nyata.

Apa Yang Membuat Seseorang Tidak Dapat Bermimpi Lagi? 

Trauma otak dan luka yang ada di kepala menyebabkan masalah pada memori dapat membuat seseorang merasa seperti tidak bisa bermimpi. Tetapi, dalam kenyataannya, seseorang mungkin masih bermimpi,  ia hanya merasa seperti tidak bermimpi, karena ia tidak bisa mengingat mimpinya. umumnya seiring berjalannya waktu ketika penyembuhan otak dan pemulihan memori, ia dapat bermimpi kembali walaupun sulit untuk mengingatnya. Selain itu juga, obat obatan dan perubahan pola tidur yang ekstrem juga bisa membuat otak berfikir kita tidak bermimpi.

Lalu Adakah Sesuatu Yang Salah Apabila Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi?

Tidak! Walaupun beberapa orang ingin mencoba untuk mengingat atau menuliskan mimpi mereka saat mereka terbangun karena mereka merasa hal seperti itu memberi mereka wawasan diri sendiri dan kehidupan batin mereka, atau merasa mendapat wahyu atau ilham ketika anda sedang bermimpi. 
mimpi hanyalah ekspresi otak kira atas apa yang sebenernya dipikirkan ketila sedang terbangun. Sehingga banyak orang yang mendapat tekanan batin atau masalah didunia nyata cenderung bermimpi ketika mereka tidur. Hal tersebut  karena mereka terlalu memikirkan, sehingga otank tetap bekerja memikirkan hal itu walaupun sedang tidur.

Simak juga;


EmoticonEmoticon