Wednesday, July 5, 2017

15 Bahaya Yang Mengancam Tubuh Karena Minuman Bersoda

Saat cuaca yang panas. Tubuh kita biasanya menginginkan minuman yang menyegarkanx tidak jarang juga orang-orang memilih minuman bersoda sebagai pelega dahaga dan sensasi menyegarkan saat di minum. Namun, tahukah Anda minuman bersoda yang menyegarkan tersebut, ternyata mengancam tubuh Anda apabila di konsumsi secara berlebihan? Tidak percaya? Berikut penjelasaanya.
15 Bahaya Yang Mengancam Tubuh Karena Minuman Bersoda

1 Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh
Salah satu kandungan dari minuman bersoda ialah asam fosfat. Dalam sebuah penelititan, asam fosfat dapat mengakibatkan penyakit kerapuhan pada tulang. Hal tersebut dikarenakan asam fosfat dapat melarutkan kalsium yang ada didalam tulang. Dampaknya, tulang akan menjadi rapuh dan keropos.
Salah satu Universitas pernah meneliti mengenai hal ini. Mereka mengamati atlet remaja yang mengkonsumsi minuman bersoda dan tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa atlet yang mengkonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang lima kali lebih banyak dibandingkan dengan atlet yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. 

2. Meningkatkan Risiko Obesitas
Minuman bersoda mengandung banyak kalori. Kalori yang masuk ke tubuh dapat meningkatkan risiko obesitas. Tidak hanya bagi orang dewasa, namun, anak-anak juga dapat mengalami obesitas.
Dan tahukah Anda bahwa  obesitas ialah salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Diantaranya diabetes,  kerusakan jantung koroner, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya.

3. Meningkatkan Kerusakan pada Gigi
Dalam suatu penelitian, 3200 orang responden mengalami kerusakan pada gigi mereka karena mengkonsumsi minuman yang bersoda. Hal tersebut karena kandungan zat gula yang ada di dalam minuman bersoda tersebut. Tidak hanya itu saja, asam fosfat juga ikut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

4. Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Minuman yang bersoda mengandung kafein. Zat ini  dikenal sebagai zat yang dapat membuat orang-orang ketergantungan. Walaupun kafein memiliki efek positif terhadap tubuh, namun, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Contohnya, membuat jantung berdebar, tekanan darah rendah, insomnia dan lain-lain.

5. Merusak Ginjal
Salah satu kelebihan dari minuman bersoda ialah warnanya yang menggoda. ditambah lagi dengan beberapa es batu. Namun, tahukan Anda bahwa pewarna minuman didalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal? Pewarna itu dapat merusak ginjal apabila dikonsumsi terus-menerus.

6. Tidak Mengandung Vitamin
Minuman bersoda tidak mengandung vitamin sama sekali. Minuman bersoda hanya mengandung gula,  kafein, dan tambahan perasa buah. Sehingga minuman ini tidak memberi efek positif bagi tubuh.

7. .Dapat Menurunkan Kualitas Sperma Pada Pria
Pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara terus-menerua  kemungkinan besar akan mengalami penurunan kualitas sperma. Hal tersebut akan mengakibatkan kemandulan bagi pria tersebut.

8. Mengakibatkan Kecanduan
Minuman bersoda merupakan minuman yang dapat membuat kita merasa kecanduan saat pertama kali mencobanya. Kita akan  berkeinginan minum-minuman bersoda agar menyegarkan dari cuaca yang terik.

9. Menipiskan Lapisan Lambung
Lambung yang mengandung asam yang sangat keras bisa terkikis lapisannya dan mengakibatkan pencernaan makanan juga ikut terganggu. Sehingga menimbulkan  sakit perut bahkan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Dan hal ini tidak baik bagi Anda yang menderita sakit maagh.

10. Memicu Penyakit Asam Urat
Kandungan fruktosa yang ada pada minuman bersoda dapat memicu penyakit asam urat. Penyakit asam urat sangat mengganggu karena rasa nyeri yang timbul dan hal tersebut mengganggu aktivitas.

11.  Mengakibatkan Penuaan Dini
Kandungan asam pada minuman bersoda akan membuat kulit menjadi keriput atau penuaan dini. Apabila Anda ingin mempunyai kulit yang mulus dan awet muda, disarankan untuk menjahui  minuman bersoda dalam bentuk dan rasa apapun. Karena para ahli mengatakan bahwa minum air putih jauh lebih menyehatkan dibandingkan minuman bersoda.

12. Gangguan Pada Jantung
Minuman bersoda mempunyai dampak yang buruk pada kesehatan organ jantung. Kandungan natrium pada minuman tersebut dapat merusak kekuatan jantung dan membuat gagal jantung atau penyakit jantung tiba-tiba.

13. Meningkatkan Produksi Urin
Efek negatif dari minuman bersoda untuk pencernaan mineral ialah meningkatkan produksi urin, hal tersebut akan membuat kita mengalami dehidrasi. Mineral yang seharusnya diserap oleh tubuh justru diolah menjadi urin, dan mau atau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu untuk menghilangkan haus, disarankan jangan minum-minuman bersoda karena akan memberi efek haus yang berlebih.

14. Membuat Tubuh Menjadi Mudah Sakit
Kandungan berbahaya didalam minuman ini dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Karena kandungan yang berbahaya dalam minuman bersoda justru menolong virus dan juga bakteri untuk berkembang secara baik didalam tubuh.

15. Menyebabkan Diabetes
Selain mampu merapuhkan tulang, minuman ini dapat mengakibatkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman bersoda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama penyakit diabetes.
Jadi setelah saya paparkan poin-poin dari efek negatif minuman bersoda, apa Anda masih yakin untuk terys mengkonsumsi minuman bersoda?

simak juga 



EmoticonEmoticon