Monday, July 3, 2017

14 Macam Menghilangkan Komedo Membandel

Komedo ialah benjolan kecil berwarna hitam yang ada pada permukaan kulit. Komedo ialah jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah terutama di hidung. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.

14 Macam Menghilangkan Komedo Membandel

Jenis-Jenis Komedo

  1. Komedo terbuka atau komedo hitam). 
  2. Komedo tertutup atayu komedo putih), ialah komedo yang dimana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.
  3. Mikro komedo adalah komedo yang sangat kecil bahkan terlalu kecilnya hingga tidak tampak oleh mata.
  4. Makro komedo adalah komedo putih berdiameter 2-3 mm.
  5. Komedo raksasa adalah sejenis kista dimana terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya.
  6. Komedo solar, sering kita jumpai di daerah pipi dan dagu pada lanjut usia. Penyebabnya dikarenakan paparan sinar matahari. 
Komedo dikarenakan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam, karena debu dan kotoran yang menempel sehingga mengakibatkan warna hitam tersebut.

Berikut beberapa faktor yang memicu tumbuhnya komedo,

  • Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Iritasi folikel rambut yang mengakibatkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  • Mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak, terutama saat remaja dan pada saat menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid,  pil KB.
  • Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap atau berada dalam cuaca yang lembap.
  • Memakai produk dengan berbahan kimia tertentu, seperti pomade (gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
  • Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misal produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi atau kandungan gula dan tinggi lemak
  • Folikel rambut yang rontok karena cedera, contohnya karena memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia, efek samping perawatan laser.

Cara Menghilangkan Komedo Membandel 

1. Mengatasi komedo dengan Garam

Garam dapat menghilangkan komedo  garam dapat berfungsi sebagai scrub yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran serta kadar minyak di bailk pori-pori. caranya adalah sebagai berikut :
Bersihkan wajah Anda dengan air hangat, lalu ambil garam 3 sendok, masukkan garam tersebut ke air hangat, jangan diaduk garam tersebut mengkristal, karena kristal garam tersebut akan digunakan untuk scrub. 
Setelah itu bersihkan wajah anda dengan menggunakan air garam scrub tadi , tunggu hingga mengering, kira-kira 15 menit. Setelah itu cuci kembali wajah Anda dengan air bersih.  

2. Cara Menghilangkn Komedo Dengan Kacang Kedelai

Tahukah Anda bahwa kacang kedelai banyak mengandung protein, kalsium serta nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah anda. 
kacang kedelai menjadi alternatif yang ampuh mengatasi komedo dengan cepat. Berikut cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai. 
Rendam kacang kedelai 50 mg keaddaam air selama kurang lebih 3 hingga 4 jam
Setelah itu cuci bersih kacang kedelai, setelah bersih blander kacang kedelai hingga halus
Cara penggunaanya cukup oleskan ke wajah secara merata teruama pada area wajah yang berkomedo
Diamkan beberapa menit hingga mengering  Lalu cuci wajah Anda dengan air dingin yang bersih.

3. Cara Menghilangkan Komedo dengan Kulit Jeruk  

Jeruk mengandung banyak vitamin C, tidak hanya dagingnya yang dapat dimanfaatkan, namun kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah Anda.  Berikut  ini merupakan cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk : Tempelkan kulit jeruk pada area wajah yang berkomedo Biarkan beberapa saat, dan angkat kulit jeruk dari wajah Anda.  atau Anda juga dapat menghaluskan terlebih dahulu kulit jeruk dengan blander setelah itu campurkan dengan gula pasir, Gosok-gosokan pada wajah atau hidung yang berkomedo sebagai scrub. Lakukan cara ini hingga komedo menghilang.

4. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Gandum

Pasta gandum dikenal dengan keampuhannya untuk memutihkan kulit, namun ternyata selain untuk memutihkan kulit,  pasta gandum juga ampuh menghiangkan komedo, bahkan komedo yang membandel, berikut ini caranya
Tepung gandum secukupnya, Tambahkan air hangat kemudian aduk hingga merata sampai menyerupai pasta. Bersihkan dahulu wajah Anda dengan air hangat, setelah wajah kering gunakan pasta gandum tersebut sebgai masker, Biarkan masker pasta gandum tersebut  mengering, kurang lebih 30 menit, langkah terakhir bilas dengan air dingin. 

5. Cara Menghilang Komedo dengan Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat makanan bahkan dapat digunakan sebagai pemutih gigi dan juga menghilangkan jerawat yang difungsikan sebagaimana scrub. Tidak hanya itu saja, baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Berikut cara menghilangkan komedo dengan menggunakan baking soda
larutkan baking soda dengan air hangat lalu aduk ihingga  menyerupai pasta. Gunakan pasta baking soda sebagai scrub dengan cara mengosok-gosokkan pada wajah yang berkomedo. Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air hangat.

6. Cara Mengatasi Komedo dengan Es Batu

Ternyata menghilangkan komedo sangat mudah, bahkan ada banyak disekitar kita yang dapat menghilangkan komedo, yaitu dengan es batu. Anda hanya perlu mengusap-usap es batu pada area yang berkomedo, tidak hanya itu saja, ternyata es batu juga dapat mengecilkan pori-pori di kulit. 
Namun agar lebih efektif Anda dapat mengkombinasikannya dengan air seduhan teh hijau dicampur dengan madu dan air perasan jeruk nipis. Masukkan kedalam frezzer hingga membeku. Gosok-gosokkan pada area wajah yang berkomedo hingga es tersebut habis.

7. Cara Mengaasi Komedo dengan Gelatin dan Susu

Berikut ini cara menghilangkan komedo dengan gelatin dan susu
Ambillah 1 sendok gelatin tanpa rasa dengan 1,5 sendok susu bubuk apa saja, setelah itu masukkan kedalam microwave selama 10 detik. Lalu oleskan pada area wajah yang berkomedo dengan menggunakan kuas wajah.
Diamkan kurang lebih 10-20 menit, kemudian angkat perlahan-lahan dan lihatlah komedo akan terangkat bersama gelatin dan susu tersebut.

8. Cara Mudah Mengatasi Komedo Kayu Manis

Ambil bubuk kayu manis secukpnya. Kemudian campur dengan air perasan lemon serta bubuk kunyit
Oleskan pada area yang berkomedo dengan gerakan memutar sambil di pijat-pijat, Diamkan kurang lebih 20 menit, langkah terakhir bilas wajah dengan air hangat.

9. Cara Menghilangkan Komedo dengan Pala

Pala yang biasa digunakan untuk bumbu rawon, mungkin mungkin bagi sebagian orang asing dan aneh jika digunakan sebagai melenyapkan  komedo, di Indonesia mungkin masih belum banyak tahu, namun di negara barat pala sudah sangat terkenal untuk menangani komedo. 
Haluskan pala terlebih dahulu atau Anda dapat membelinya yang sudah halus, Campur bubuk pala dengan susu asli, aduk hingga menyerupai pasta, Sebeum Anda menggunakan cuci wajah anda dengan air hangat
Setelah itu gunakan pasta pala sebagai masker atau cukup pada area komedo sambil dipijat, diamkan hingga 30 menit dan bilas wajah dengan air dingin.

10. Cara Menghilangkan Komode dengan Putih Telur

Masker putih telur berfungsi untuk mengangkat lemak atau kadar minyak dan sel kulit mati. yang mana kadar minyak dan sel kulit mati adalah biang dari komedo. Sekaligus masker putih telur memberi nutrisi pada wajah, dan bahkan masker putih telur juga sekaligus bermanfaat untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah anda. 
Ambil satu telur lalu ambil putihnya, cuci bersih wajah anda dengan air hangat , jadikan putih telur sebagai masker wajah dengan membalurkan putih telur ke wajah secara merata , tunggu hingga  kering, kira-kira 5-10 menit, setelah itu bilas wajah nda dengan air dingin yang bersih. lakukan cara ini 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

11. Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih dengan Uap Air Panas

Uap air panas dapat menghilangkan komedo yang membande,l baik komedo putih ataupun komedo hitam. Karena uap air panas berfungsi untuk membuka pori-pori. sehingga komedo ataupun kotoran yang ada di balik pori-pori akan dengan mudah untuk dikeluarkan.
Uap air panas juga bermanfaat untuk mengntrol kadar minyak yang berlebih pada wajah dan juga melenyapkan bakteri akibat komedo dan jerawat. Berikut cara menghilangkan komedo dengan uap air panas :
Rebus air bersih hingga mendidih,  Tuang ke dalam baskom, lalu dekatkan wajah anda ke atas baskom yang berisi air panas hingga wajah Anda merasakan uap air panasnya, Lakukan penguapan ini kurang lebih selama 5 menit, sambil komedo pada hidung/wajah di tekan-tekan hingga keluar, Selanjutnya bersihkan wajah menggunakan handuk wajah yang bersih.  Lakukan cara ini setiap hari, komedo di hidung atau wajah Anda akan tersingkir tak tersisa.

12.. Cara Mengatasi Komedo dengan Lemon

Kandungan anti oksidan serta vit C yang ada pada lemon sangat efektif mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, dan berfungsi mencegah berbagai masalah kulit lainnya. Caranya ialah sebagai berikut :
Iris atau belah lemon menjadi dua bagian 
Cuci dahulu wajah anda dengan air hangat  selanjutnya oleskan lemon pada wajah yang berkomedo sambil di pijat-pijat menggunakan lemon tersebut, Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu, maka komedo Anda akan kabur begitu saja 

13. Cara Menghilangkan Komedo dengan Gel Lidah Buaya

Ambil lidah buaya yang masih segar kemudian patahkan lidah buaya menjadi beberapa bagian,
bersihkan wajah Anda dengan air,selanjutnya oleskan lidah buaya pada wajah 
tunggu 5-10 menit hingga gel lidah buaya yang ada di wajah mengering dengan sendirinya,
setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih, lakukan 2-3 kali dalam satu minggu

14. Cara Menghilangkan Komedo dengan Buah Pepaya

Ambil buah pepaya yang sedikit matang, lalu kupas dan tumbuk hingga halus,  supaya hasilnya maksimal campurkan susu dan juga madu, aduk hingga merata, selanjutnya oleskanlah pada area yang berkomedo, diamkan hingga beberapa menit atau hingga mengering Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air, lakukan terapi ini setiap hari maka komedo akan hilang dengan cepat. 

simak juga 

9 ManfaatTidur Miring Ke Kanan


EmoticonEmoticon