Thursday, October 5, 2017

Penyakit Gondongan Pada Anak, Penyebab, Gejala, Mengobati Hingga Komplikasi

Apa itu Gondongan?

Penyakit gondongan yang terjadi pada anak ialah penyakit yang menular. Penyakit tersebut ditularkan oleh adanya virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar yang berada diantara rahang dan telinga. Infeksi yang diakibatkan oleh virus tersebut mengakibatkan pipi pada bagian bawah dan leher bagian atas menjadi membengkak.
Penyakit gondongan atau bahasa medis dikenal sebagai Parotitis ataupun Mumps ada diseluruh dunia dan biasanya cenderung menyerang anak-anak. Walaupun demikian, banyak kasus dimana orang dewasa terserang virus ini. Namun pada orang dewasa cenderung menyerang system syaraf pusat, prostat serta  organ tubuh lain.
Penderita penyakit gondongan biasanya ialah mereka yang kekurangan akan zat Iodium didalam tubuh. Orang yang mengonsumsi obat-obatan yang berfungsi menekan hormone tiroid juga mempunyai risiko tinggi  menderita penyakit gondongan. Penyebaran virus gondongan tersebut terjadi melalui kontak cairan penderita dengan orang sehat.

gondongan pada anak

Gejala Gondongan Pada Anak

Percikan ludah serta air seni pada penderita mengandung virus gondongan. Jika percikan tersebut mengenai tubuh orang yang sehat, maka orang sehat tersebut berkemungkinan besar terinfeksi virus tersebut. Khususnya bila orang sehat tersebut mengalami penurunan daya tahan pada tubuhnya.
Penyakit gondongan jarang ditemui pada anak yang berusia di bawah 2 tahun. hal tersrbut dikarenakan  mereka biasanya masih mempunyai antibodi yang baik, terutama pada anak yang berusia di bawah 2 tahun yang mendapatkan ASI. Gejala  gondongan pada anak biasanya tidak terdeteksi secara jelas.
Kebanyakan anak tidak menunjukkan gejala sama sekali. Umumnya gejala awal ialah deman tinggi disertai sakit kepala, nyeri pada rahang belakang, nyeri otot dan tidak nafsu makan. Rahang belakang seringkali terasa kaku sehingga sang anak sulit membuka mulutnya. Gejala awal tersebut diikuti dengan gejala lanjutan berupa pembengkakan pada bawah telinga.

Pengobatan gondongan

Sampai dengan saat ini belum ada obat yang bisa mwnangani gondongan. Kesembuhan didapat setelah sistem kekebalan tubuh sendiri berhasil melawan infeksi tersebut. Sedangkan sistem kekebalan tubuh melakukan pemulihan, anda perlu melakukan langkah-langkah perawatan agar dapat meringankan gejala.
Kompreslah pada bagian yang bengkak dan terasa sakit dengan menggunakan air hangat. Usahakan untuk istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih. Jangan mengonsumsi minuman yang bisa mengiritasi kelenjar parotid, misalnya jus buah, makanlah makanan yang lunak agar terhindar dari rasa sakit akibat mengunyah.
Minum obat pereda rasa sakit (contonya parasetamol ataupun ibuprofen) yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Penyakit gondongan biasanya sembuh dalam kurun waktu 1-2 minggu. Jika setelah jangka waktu tersebut gejala gondongan tidak memperlihatkan tanda-tanda yang membaik atau bahkan memburuk, segera temui dokter kembali.

Pencegahan penyakit gondongan

Penyakit gondongan dapat  dicegah sedini mungkin dengan cara memberikan imunisasi MMR pada anak. Pemberian vaksin dilakukan ketika anak berusia 12-18 bulan dan harus diulang sekali lagi saat ia berusia 6 tahun.
Apabila sudah terlanjur tidak mendapatkan vaksin ketika masih kecil, maka anda dapat melakukan langkah pencegahan dengan cara menjaga kebersihan tangan, tidak berbagi peralatan mandi ataupun makan dengan orang lain, serta memakai masker.
Jika Anda ataupun anak Anda terlanjut terserang penyakit gondongan, maka sebaiknya jangan beraktivitas di luar rumah terlebih dahulu untuk sementara waktu hingga sudah sembuh. Penyakit gondongan mudah menular ke orang lain, terutama beberapa hari sebelum kelenjar parotid membengkak hingga beberapa hari setelahnya.
Apabila penderita hendak bersin ataupun batuk,  gunakan tisu agar menutup mulut dan hidung, kemudian  buang tisu tersebut, setelah itu cuci tangan hingga bersih. Dengan mencuci tangan, maka virus tersebut tidak akan menempel ke media-media lain yang berpotensi tersentuh oleh orang yang sehat.

Simak juga;


EmoticonEmoticon