Wednesday, October 4, 2017

Anda Tidak Akan Menyangka, Memencet Jerawat Dapat Mengakibatkan Kematian!

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah salah satu gangguan dan masalah pada kulit, apalagi kulit wajah, jerawat sangat dihindari oleh sebagian orang, terutama bagi para wanita remaja dan orang yang mementingkan penampilan dan kesehatan wajah. Jerawat mulai muncul pada wajah sejak usia remaja, kemunculan jerawat dipicu oleh banyak hal, salah satu pemicu  jerawat ialah adanya hormone.  hormone pada tubuh yang terjadi saat masa pubertas. Jerawat ialah kemunculan bintik-bintik dibagian wajah, yang bisa terasa bila diraba dengan menggunakan tangan. Umumnya jerawat mempunyai dua kategori yakni ketegori sedang serta kategori parah. Jerawat dengan kategori yang sedang umumnya muncul dibagian tertentu dan dapat cepat sembuh. Lain halnya dengan jerawat parah, biasanya muncul pada beberapa wilayah wajah, bergerombol dan sulit untuk disembuhkan.

jerawat di pencet


Penyebab Adanya Jerawat

Jerawat dapat muncul karena berbagai macam faktor. Berikut ini ialah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab adanya jerawat :
  • Stress
  • Hormone (Ciri ciri jerawat hormon)
  • Depresi
  • Kesehatan kulit yang tidak terjaga
  • Radiasi sinar matahari
  • Alergi terhadap obat – obatan tertentu
  • Polusi udara
  • Kekurangan nutrisi pada kulit wajah
  • Kurang memperhatikan kebersihan pada kulit wajah
  • Kontak langsung dengan debu serta polutan yang ada di udara 
Sayangnya jerawat sering ditangani dengan cara yang salah, salah satu cara yang salah dan tidak disarankan saat mengalami jerawat adalah memncet jerawat hingga pecah.

Bahaya memencet jerawat Jerawat seharusnya diobati dengan cara menggunakan obat-obatan tertentu ataupun membiarkannya agar sembuh dengan sendirinya. Memencet jerawat sangat tidak disarankan karena karena akan mengakibatkan efek buruk  bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa alasab tentang larangan  memncet jerawat itu berbahaya :

1. Pendarahan

Bahaya yang bisa muncul karena memencet jerawat ialah terjadi pendarahan di bagian jerawat yang di pencet. Hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya pendarahan, serta jika berada pada level yang parah, terutama untuk orang yang mengalami kelainan pada sistem pembekuan darah naka akan berakibat fatal, karena kemungkinan pendarahan akan terjadi secara terus-menerus dan terjadi berulang-ulang. Apabila terjadi penadarahan yang cukup parah, orang tersebut akan mengalami kondisi kekurangan darah, atau biasa dikenal dengan anemia, 

2. Munculan jerawat yang semakin parah

Saat seseorang memencet jerawat pada wajah, maka kuman dan bakteri yang berasal dari jerawat yang dipencet  akan menyebar ke area sekitar wajah. hal tersebut akan memperburuk keadaan jerawat pada wajah. hal tersebut akan mengakibatkan munculannya jerawat lain pada bagian wajah, yang diakibatkan oleh keluarnya bakteri serta kuman, yang menyebar ke  bagian lain dari wajah 

3. Menimbulkan bekas luka

Bagi seseorang  yang menganggap dengan memencet jerawat akan membuat wajah menjadi bersih dari yang namanya jerawat, maka hal tersebutsalah besar. Mungkin dalam waktu yang singkat dengan memencet jerawat akan memberikan efek seperti jerawat sudah hilang. Akan tetapi,  kegiatan memencet jerawat justru menimbulkan bekas luka yang terlihat dengan sangat jelas. Hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh kepada orang yang memprioritaskan penampilan wajah, 

4. Iritasi 

Bahaya memencet jerawat selanjutnya ialah dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. terutama kulit wajah. Iritasi dapat mengakibatkan efek negative.  Berikut ini merupakab beberapa efek negative yang diakibatkan karena iritasi karena memencet jerawat :
  • Luka di kulit
  • Kulit terasa gatal
  • Kulit  menjadi memerah
  • Rasa perih dibagian yang berjerawat 
Iritasi tersebut diakibatkan oleh kuman dan bakteri yang ada didalam jerawat hingga pada akhirnya keluar karena dipencet secara paksa, dan keluarnya kuman atau bakteri akan menimbulkan iritasi pada kulit. 

5. Infeksi

Untuk anda yang mengalami jerawat serta  masalah dengan sistem pembekuan daarah, ataupun kekurangan asupan zat besi dan juga vitamin, memencet jerawat akan sangat rentan terjadi infeksi dibagan wajah yang mengalami jerawat.
Setelah dipencet, kemungkinan jerawat akan menghilang dan mengempes, namun, setelah jerawat yang dirasa sudah menghilang dan mengempes, justru akan timbul masalah baru, yaitu kemungkinan munculnya infeksi di bagian wajah yang jerawat yang telah dipencet. Infeksi tersebut bisa mengakibatkan kuman berkembang biak dengan lebih cepat,  bahkan dapat masuk ke dalam tubuh melalu pori-pori kulit dan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh'

6. Kematian

Untuk yang satu ini mungkin terdengar sedikit berlebihan bila memencet jerawat bisa mengakibatkan kematian. Akan tetapi, hal tersebut benar dan bisa terjadi. Ada daerah pada bagian wajah yang disebut dengan segitiga kematian, yang berada di area sekitar hidung, dikarenakan berisi syaraf-syaraf yang penting. Jika tidak sengaja memencet jerawat pada area tersebut  hingga terjadi pendarahan ataupun infeksi, maka efek buruknya ialah kematian.

Simak juga;


EmoticonEmoticon