Sunday, October 8, 2017

Radang Tenggorokan, Gejala, Menangani Gejala, Dan Cara Mengobati

Apa itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan merupakan nyeri, iritasi, atau rasa gatal yang tejadi ditenggorokan yang mengakibatkan ketidaknyamanan ketika menelan, radang tenggorokan juga dikenal dengan nama faringitis. Akan tetapi, beberapa orang misalnya orang yang suka merokok.  anak-anak, mereka yang menderita alergi dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih berisiko untuk terkena penyakit radang tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan akut ialah demam, rasa lesu, suara serak hingga hilangnya suara, nyeri saat menelan ataupun bicara. Tanda yang bisa ditemukan pada pemeriksaan ialah hiperemis atau kemerahan di mukosa laring terutama di bagian atas dan bawah pita suara.
Gejala dari radang tenggorokan kronis non spesifik ialah suara serak yang menetap, rasa tersangkut pada tenggorokan. Sedangkan tanda yang bisa ditemukan ialah hiperemis pada seluruh mukosa laring hiperemis dan tampak penebalan mukosa, terkadang pada pemeriksaan patologik dari sel mukosa yang diambil menunjukkan ada metaplasia skuamosa.

Cara Mengurangi Gejala

Walaupun bisa sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mengurangi gejala:
  • Berkumur hingga ke tenggorokan dengan menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine, 2-5 kali dalam sehari. Larutan antiseptik yang mengandung povidone-iodine bisa membunuh bakteri penyebab beberapa gangguan pada mulut dan tenggorokan
  • Minumlah air putih secukupnya, terutama bila Anda demam. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh 
  • Tidak merokok serta hindari lingkungan  penuh asap.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan cara tidak mengonsumsi minuman ataupun makanan terlalu  panas.
  • Berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat agar meredakan radang atau bengkak pada tenggorokan.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Pengobatan pada radang tenggorojab yang penting apabila terjadi infeksi ialah mengobati penyebab infeksi tersebut dengan menggunakan antibiotik ataupun antiviral dan antijamur jika diperlukan. Selain mengobati penyebab radang tenggorokan, harus diberikan obat simptomatik contohnya anti nyeri dan anti demam (parasetamol, antalgin, ibuprofen, dan sejenisnya, jika ada batuk yang dapat diberikan anti tusif (codein, bromhexin, dmp), gejala batuk dengan dahak yang banyak bisa diberikan dekongestan (ambroksol). Apabila radang tenggorkan diakibatkan oleh alergi dapat diberikan antihistamin misalnya histapan, ctm, cetirizine.
Selain menggunakan pengobatan obat-obatan, penanganan pendukung seperti banyak meminum air hangat, mengistirahatkan pita suara, menghirup uap hangat, ataupun  memakai pakaian yang hangat bisa membantu proses penyembuhan radang tenggorokan.

Simak juga;


EmoticonEmoticon