Thursday, September 21, 2017

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Kelor

Kelor merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daun kelor berbentuk bulat lonjong, ukurannya kecil tersusun rapi pada tangkai, biasanya di masak sebagai sayur untuk pengobatan ataupun menjaga kesehatan tubuh. Tumbuhan kelor mempunyai tinggi batang sekitar 7-11 meter, mempunyai bunga yang berwarna putih kekuning-kuningan dan mengeluarkan bau yang semerbak, dan mempunyai buah yang berbentuk segitiga memanjang biasanya di sebut kelentang.

Kandungan vitamin C yang ada pada daun kelor semakin banyak dari sayur maupun buah lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan potasium pada daun kelor sangat tinggi, sehingga sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin agar menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat tanaman kelor juga bisa melindungi lingkungan sekitar, misalnya tanah longsor. dengan adanya tanaman ini maka air hujan bisa ditahan oleh akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal tersebut sudah digunakan dikawasan Konso dan juga Arba Minch, dan juga digunakan untuk konservasi tanah, terasering. dan saat musim kemarau, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sayangnya tidak banyak orang yang tahu mengenai manfaat daun kelor, banyak orang yang beranggapan bahwa daun kelor identik dengan hal yang mistis. Berikut ini manfaat dari daun kelor :

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan dan Kesehatan 

1. Menyehatkan kulit

Daun kelor mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, kedua zat tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. hanya dengan menjadikan daun kelor sebagai sayuran dan dikonsumsi secara teratur bisa menghaluskan kulit dan  mencegah adanya jerawat. Tidak hanya itu, anda dapat menumbuk daun kelor tersebut hingga menjadi halus dan menjadikannya sebagai sebagai masker wajah yang bisa membuat kulit wajah menjadi semakin halus dan cantik.

2. Mengobati Herpes

Penyakit herpes sering terjadi secara tiba-tiba, rasanya yang perih dan juga gatal sampai menimbulkan bekas merah diawal dan menghitam setelah beberapa hari, bahkan tidak jarang seseorang yang mengalami penyakit herpes yang parah bahkan hingga bernanah. Daun kelor ialah salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi penyakit herpes hanya dengan ambil beberapa lembar daun kelor, kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu tempelkan pada kulit yang mengalami herpes.

3. Menyehatkan mata

Vitamin A yang terdapat pada daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Daun kelor dapat mengobati penyakit mata, hanya dengan merebus air dan memasukan daun kelor ke air rebusan tersebut, kemudian air rebusan tersebut (sudah dingin) dibasuhkan ke mata yang sakit setiap hari. Lakukanlah hingga mata membaik

4. Mengatasi diabetes

Daun kelor juga dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan cara mengkonsumsi daun kelor secara rutin bisa mengurangi kadar gula didalam darah, dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa daun kelor mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.

5. Mengobati Sariawan

Daun kelor ialah salah satu jenis daun yang sangat kaya kandungan vitamin C. Dan vitamin C merupakan vitamin yang sangat ampuh untuk menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Oleh karena itu, daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur.

6. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh daun kelor sangat tinggi, selain itu, juga mempunyai kandungan potasium berlimpah, sehingga dipercayai sebagai obat herbal yang bisa mencegah kanker. Manfaat yang tekandung pada daun kelor ialah bisa memperlambat bahkan dapat menghentikan dan menyingkirkan kanker pada tubuh.

7. Menurunkan berat badan 

Sebuah studi menemukan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Sehingga dapat merangsang metabolisme tubuh untuk lebih membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor  diserap kedalam usus.

Simak juga;


EmoticonEmoticon